Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.14820Keywords:
Pola Asuh, Perkembangan Emosional, Anak, otoriter, otoritarifAbstract
Artikel ini membahas pengaruh pola asuh terhadap perkembangan emosional anak. Latar belakang menunjukkan bahwa cara orang tua mendidik anak sangat memengaruhi sifat dan perasaan mereka. Berbagai jenis pola asuh, seperti otoriter, permisif, otoritatif, dan tidak terlibat, masing-masing memiliki dampak yang berbeda pada perkembangan emosional anak. Pola asuh otoritatif yang menggabungkan kasih sayang dan aturan dianggap paling ideal karena dapat membantu anak belajar keterampilan sosial yang baik, rasa percaya diri, dan kemandirian. Sebaliknya, pola asuh otoriter yang kaku dan kurang kasih sayang cenderung menghancurkan anak. Perkembangan emosional yang mereka alami selama masa kanak-kanak sangat memengaruhi sikap, nilai, dan tindakan mereka yang akan datang. Dalam artikel ini, kami akan melihat bagaimana berbagai pendekatan pengasuhan mempengaruhi pertumbuhan emosi anak, serta bagaimana orang tua dapat membantu pertumbuhan emosi yang sehat.
References
ARTAMEVIAH, R. (2022). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Atika, A. N. (2019). Enam Metode Pola Asuh Orang Tua Untuk Peningkatan Social Skills. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 18. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4772
Azmi, N. (2015). Potensi Emosi Remaja dan Perkembangannya. 2(1), 36–46. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/50/49
Buchari Agustini. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN
PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra, 12, 1693–5705.
Damayanti, A. N. (2023). Fenomena pola asuh orang tua dan pengaruhya terhadap kesehatan mental anak. Sebaya, 29–39. https://e- journal.unmas.ac.id/index.php/sebaya/article/download/6957/5297
Farida Rohayani, Wahyuni Murniati, Tirta Sari, & Annida Ramdhani Fitri. (2023).
Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7316
Fauziah1, A., Keisha2, A. Y., Natalia, M., Wanga3, K., Dhira Khairunnisa4, N., Izzah5,
N. N., Huwaiza, Q., Taqwa6, A., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Memberikan Stimulasi Emosi pada Anak. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 16(2), 89–98. https://doi.org/10.20414/qawwam.v16i2.6566
Fikriyyah, H. F., Nurwati, R. N., & Santoso, M. B. (2022). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(1), 11. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.39660
Maradona. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 17, 621.
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Nyoko, Y. O., Kody, M. M., & Agustine, U. (2014). Emosional Anak Pra Sekolah. 195– 204.
Rahayu, K. S., Yusri, F., Kamal, M., Islam, U., Sjech, N., & Djambek, M. D. (2024).
Pengaruh pola asuh Uninvolved terhadap kondisi emosi anak di Jorong Seberang Mimpi Kenagarian Gunung Medan Kabupaten Dharmasraya. 5(4), 406–417. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i4.16788
Riyanto, P., Todingan, D. C., Fitrianti, H., Hallatu, T. G. ., & Lima, C. N. de. (2022).
Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Journal of Physical and Outdoor Education, 4(2), 153–163.
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Sholihah, S., Ali, Mu., & Yuniari, D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Mujahidin Pontianak. C, 10 (9)(1), 1–2.
Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311
Windayani, N. L. I., & Putra, K. T. H. (2021). Pola asuh otoritatif untuk membentuk karakter anak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173–182. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmi Nur Hikmah, Hanniyah Farhah, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.