Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14572Keywords:
Kata kunci: Peran orang tua, motivasi, belajarAbstract
Orang tua adalah guru pertama dan utama anak-anak. Tanpa mereka, anak-anak tidak akan mendapatkan pendidikan yang layak. Karena orang tua bertanggung jawab atas kehidupan anak mereka, diperlukan bimbingan dan pengawasan yang konsisten.Peran orang tua sangat penting dalam memotivasi belajar siswa. Orang tua juga merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi tercapainya hasil belajar siswa, dan peran orang tua sangat penting dalam memotivasi siswa untuk belajar. Dengan pemahaman dan kesadaran orang tua akan peran mereka dan pemahaman siswa akan motivasi belajar mereka , guru dan siswa dapat membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah tanpa mempengaruhi prestasi belajar atau perilaku yang tidak sesuai . Hasilnya, siswa akan sangat antusias dan termotivasi untuk belajar guna mencapai tujuan dan aspirasi pendidikan mereka.
References
Ar-raniry, U. I. N. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. 1(83), 1–11.
Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 25–33.
Hangesty Anurraga, H. (2018). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi Kasus Pada Program Home Visit Di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 7(3), 1–8.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(2), 23–32. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i2.97
Hoerudin, C. W. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 32–41.
Kelas, S., Sekolah, V. D. I., & Inpres, D. (2018). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 01, 129–139.
Mahasiswa, M. B. (n.d.). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA Harbeng Masni 1. 34–45.
Meningkatkan, D., & Belajar, H. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. November, 289–302.
Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11–21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366
Nurdin. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1), 98–105.
Rofiatun Nisa’, & Eli Fatmawati. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ibtida’, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Sari, D. (2017). Peran Orangtuan dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 1–43.
Sarosa, S. (n.d.). Penelitian kualitatif dasar-dasar / Samiaji Sarosa, S.E, M.info.Sys, Ph.D ; editor penerbitan, Bambang Sarwiji.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diska Damayanti, Aulia Rahmniatul Milah, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.