Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kepribadian Anak
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14596Keywords:
Keluarga, Orangtua, Kepribadian AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana lingkungan keluarga mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Sebagai lingkungan pendidikan awal yang mendasar, keluarga memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter anak melalui interaksi sehari-hari dan contoh perilaku positif yang mereka tunjukkan. Perkembangan kepribadian anak, dari masa kanak-kanak hingga remaja, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, pendidikan, lingkungan, dan pola asuh orang tua. Artikel ini menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti jurnal dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki pengaruh dominan dalam pembentukan kepribadian anak. Orang tua, sebagai tokoh utama dalam keluarga, memainkan peran penting dalam mendidik anak-anak mereka dan memberikan teladan perilaku positif. Beberapa tantangan dalam proses pendidikan karakter anak meliputi masalah komunikasi dalam keluarga, dampak teknologi informasi dan komunikasi, serta keterbatasan waktu interaksi antara orang tua dan anak.
References
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654
Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052
Lidarnita, L. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak As-Salam Kecamatan. Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.47
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.
Putri, S. I., & Gita Audina Borneo. (2020). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1), 5640–5646. https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.813
Rifa’i, M. R., & Hafidhoh, N. (2022). Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i1.920
Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119
Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16
Siregar, M. D., Yunitasari, D., & Partha, I. D. P. (2021). Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol., 5(02), 139–146.
Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589
Widia Aprilia, Lika Apreasta, D. E. P. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education. Innovative, 1(2), 552–560.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Maulida Rahmalia, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.