Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kepribadian Anak

Authors

  • Siti Maulida Rahmalia Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14596

Keywords:

Keluarga, Orangtua, Kepribadian Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana lingkungan keluarga mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Sebagai lingkungan pendidikan awal yang mendasar, keluarga memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter anak melalui interaksi sehari-hari dan contoh perilaku positif yang mereka tunjukkan. Perkembangan kepribadian anak, dari masa kanak-kanak hingga remaja, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, pendidikan, lingkungan, dan pola asuh orang tua. Artikel ini menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti jurnal dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki pengaruh dominan dalam pembentukan kepribadian anak. Orang tua, sebagai tokoh utama dalam keluarga, memainkan peran penting dalam mendidik anak-anak mereka dan memberikan teladan perilaku positif. Beberapa tantangan dalam proses pendidikan karakter anak meliputi masalah komunikasi dalam keluarga, dampak teknologi informasi dan komunikasi, serta keterbatasan waktu interaksi antara orang tua dan anak.

References

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196. https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052

Lidarnita, L. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak Di Taman Kanak-Kanak As-Salam Kecamatan. Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.47

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.

Putri, S. I., & Gita Audina Borneo. (2020). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1), 5640–5646. https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.813

Rifa’i, M. R., & Hafidhoh, N. (2022). Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i1.920

Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Siregar, M. D., Yunitasari, D., & Partha, I. D. P. (2021). Model Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol., 5(02), 139–146.

Sitanggang, F. S., Silaban, P. J., Lumbangaol, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kepribadian Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2358–2362. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/589

Widia Aprilia, Lika Apreasta, D. E. P. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education. Innovative, 1(2), 552–560.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Rahmalia, S. M., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Kepribadian Anak . Karimah Tauhid, 3(9), 10007–10018. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14596

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>