Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Desa Sukakarya

Authors

  • Reksa Dzul Ikraami Maalikul Mulki Universitas Djuanda
  • Ginung Pratidina Universitas Djuanda
  • Nanda Tria Rahmadani Universitas Djuanda
  • Dita Lestari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14548

Keywords:

Pengaruh, Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai

Abstract

ABSTRAK

Komunikasi merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi. Komunikasi yang efektif tidak hanya penting untuk memastikan koordinasi dan pertukaran informasi yang lancar, tetapi juga memainkan peran vital dalam membangun hubungan yang harmonis di antara anggota organisasi Dalam konteks organisasi pemerintahan desa, komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan, serta antar sesama pegawai, dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja dan pemberian layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data

Pendekatan ini dipilih karena dapat memberikan pemahaman mendalam mengenai fenomena yang diteliti, yaitu pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai Desa Sukakarya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Sukakarya, dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi memainkan peran yang krusial dalam meningkatkan kinerja pegawai. Komunikasi yang efektif, yang mencakup keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan, terbukti berpengaruh positif terhadap produktivitas dan kualitas kerja. Pegawai yang merasa didukung melalui komunikasi yang baik cenderung lebih tepat waktu, memiliki tingkat kehadiran yang baik, dan mampu bekerja sama dengan baik dalam tim.

Implementasi komunikasi yang efektif juga berdampak pada terciptanya lingkungan kerja yang harmonis. Dengan merasa didengar dan dihargai, pegawai cenderung lebih termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik mereka dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja individu, tetapi juga berkontribusi pada efisiensi pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.

References

Sugiono, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, B. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Sugiono, B. (2020). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Darsono, S. (2016). Manajemen Komunikasi Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. Daulay, M. (2017). Komunikasi Organisasi: Teori, Pendekatan, dan Strategi. Jakarta:

PT RajaGrafindo Persada.

Dhaniarti, I., & Mulyana, D. (2014). Komunikasi Organisasi: Konsep Dasar, Strategi, dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Farida, I., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T. H. (2015). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Ismail, I., & Surakhmad, W. (2019). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kartono, K. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers. Mardikanto, T., & Sudiro, A. (2016). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan

Produktivitas Karyawan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyana, D. (2017). Komunikasi Organisasi: Strategi dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemanto, W. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Pendekatan, Strategi, dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Mulki, R. D. I. M. ., Ginung Pratidina, Nanda Tria Rahmadani, & Dita Lestari. (2024). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Desa Sukakarya . Karimah Tauhid, 3(8), 8922–8938. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14548
Abstract viewed = 9 times