Penggaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14132Keywords:
Lingkungan Keluarga, Pola Asuh, Perkembangan emosional anakAbstract
Lingkungan keluarga merupakan faktor penting dalam perkembangan social-emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial=emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yang mengumpulkan data dari jurnal akademik, buku teks, dan sumber terpercaya lainnya. Temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara kualitias lingkungan rumah dengan perkembangan sosial=emosional anak. Faktor faktor seperti gaya pengasuhan, hubungan orang tua-anak, dan dukungan emosional keluarga sangat mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi, mengelola emosi, dan mengembangkan kepribadian yang sehat. Kesimpulan penelitian ini adalah pentingnya peran keluarga dalam mendukung perkembangan sosial dan emosional anak sejak dini. Saran saya kepada para orang tua adalah ciptakan lingkungan rumah yang memperhatikan tumbuh kembang anak.
References
Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Fitriyani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Jurnal Lentera, XVIII(1), 94–110. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/artikel EQ.pdf.
Henni Marsari, Neviyarni, dan I. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1816–1822. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1182
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Mulyani, A. A., Setiadi, E. M., & Nurbayani, S. (2023). Backward Design : Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(3), 798. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7766
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Wijirahayu, A., Pranaji, D. K., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Rezki Wicaksono, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.