Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan RI/PNG

Main Article Content

Agus Kichi Hermansyah
Adi Sumarsono

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui, memetakan dan menyebarluaskan akan keadaan sesungguhnya dunia pendidikan di daerah Perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea (PNG). Adapun secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional Guru Sekolah Dasar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif persentase. Jumlah subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni guru Sekolah Dasar yang letaknya berada di perbatasan RI/PNG. Hasil penelitian menemukan bahwa pada indikator penguasaan materi, struktur dan konsep keilmuan untuk mendukung materi masuk dalam kategori tinggi. Penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar pun masuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya pengembangan materi pembelajaran di Sekolah Dasar secara efektif masuk dalam kategori tinggi. Tindakan profesional dengan melakukan tindakan reflektif dalam praktik pengajaran di Sekolah Dasar masuk dalam kategori tinggi, sedangkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi khususnya pada pembelajaran tematik masuk kategori sedang. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kompetensi profesional guru masuk dalam kategori tinggi, namun ada pula satu kompetensi profesional guru yang masih masuk dalam kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Hermansyah, A. K., & Sumarsono, A. (2021). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan RI/PNG. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3350
Section
Articles

References

Aziizu, B. Y. A. (2015). TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2 i2.13540

Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2), 88–95.

Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198– 212.

Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy, F. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um009v 29i12020p051

Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116–123. https://doi.org/10.35724/musjpe. v1i2.1469

Kusnandar. (2014). Penilaian Autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013:suatu pendekatan praktis disertai dengan contoh ed rev. Rajawali Press.

Maesaroh, F. (2017). ANALYSIS OF TEACHER’S COMPETENCE IN DESIGNING A PORTFOLIO ASSESSMENT TECHNIQUES IN PRIMARY SCHOOL. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(1). https://doi.org/10.30997/dt.v3i1. 314

Marienda, W., Zainuddin, M., & Nuriyah, E. H. (2009). Kompetensi dan Profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. PROSIDING KS: RISET & PKM (p. 155).

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT.Remaja Rosdakarya.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi keenam. Penerjemahan Wahyu. PT. Erlangga.

Peraturan-Pemerintah. (2008). No. 74 tentang Guru. Permendiknas. (2007).

Permendiknas RI. No. 16 tentang Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Safitri, M., Nurochmah, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 105–119. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2. 3065

Salma, D. N., Abdurakhman, O., & Hayu, W. R. R. (2017). TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TOWARDS TEACHER PERFORMANCE. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2. 316

Sodiah, N. (2017). Etika Kerja kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Managemen Pendidikan, 1(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran Semester 2. PPs UNY.

Undang-undang. (2014). No 14 tentang Guru dan Dosen.