Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan RI/PNG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui, memetakan dan menyebarluaskan akan keadaan sesungguhnya dunia pendidikan di daerah Perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea (PNG). Adapun secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional Guru Sekolah Dasar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif persentase. Jumlah subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni guru Sekolah Dasar yang letaknya berada di perbatasan RI/PNG. Hasil penelitian menemukan bahwa pada indikator penguasaan materi, struktur dan konsep keilmuan untuk mendukung materi masuk dalam kategori tinggi. Penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar pun masuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya pengembangan materi pembelajaran di Sekolah Dasar secara efektif masuk dalam kategori tinggi. Tindakan profesional dengan melakukan tindakan reflektif dalam praktik pengajaran di Sekolah Dasar masuk dalam kategori tinggi, sedangkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi khususnya pada pembelajaran tematik masuk kategori sedang. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kompetensi profesional guru masuk dalam kategori tinggi, namun ada pula satu kompetensi profesional guru yang masih masuk dalam kategori sedang.
Article Details
How to Cite
Hermansyah, A. K., & Sumarsono, A. (2021). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan RI/PNG. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3350
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

References
Aziizu, B. Y. A. (2015). TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2 i2.13540
Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2), 88–95.
Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198– 212.
Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy, F. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um009v 29i12020p051
Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116–123. https://doi.org/10.35724/musjpe. v1i2.1469
Kusnandar. (2014). Penilaian Autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013:suatu pendekatan praktis disertai dengan contoh ed rev. Rajawali Press.
Maesaroh, F. (2017). ANALYSIS OF TEACHER’S COMPETENCE IN DESIGNING A PORTFOLIO ASSESSMENT TECHNIQUES IN PRIMARY SCHOOL. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(1). https://doi.org/10.30997/dt.v3i1. 314
Marienda, W., Zainuddin, M., & Nuriyah, E. H. (2009). Kompetensi dan Profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. PROSIDING KS: RISET & PKM (p. 155).
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT.Remaja Rosdakarya.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi keenam. Penerjemahan Wahyu. PT. Erlangga.
Peraturan-Pemerintah. (2008). No. 74 tentang Guru. Permendiknas. (2007).
Permendiknas RI. No. 16 tentang Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Safitri, M., Nurochmah, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 105–119. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2. 3065
Salma, D. N., Abdurakhman, O., & Hayu, W. R. R. (2017). TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TOWARDS TEACHER PERFORMANCE. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2. 316
Sodiah, N. (2017). Etika Kerja kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Managemen Pendidikan, 1(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran Semester 2. PPs UNY.
Undang-undang. (2014). No 14 tentang Guru dan Dosen.
Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2), 88–95.
Hermansyah, A. K. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PENGHANTAR BERPOLA PIKIR GLOBAL Instructional Media As Conductor To Global Mindset. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016, 198– 212.
Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Rahayu, D. P., & Fredy, F. (2020). Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis). Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 51–63. https://doi.org/10.17977/um009v 29i12020p051
Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116–123. https://doi.org/10.35724/musjpe. v1i2.1469
Kusnandar. (2014). Penilaian Autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013:suatu pendekatan praktis disertai dengan contoh ed rev. Rajawali Press.
Maesaroh, F. (2017). ANALYSIS OF TEACHER’S COMPETENCE IN DESIGNING A PORTFOLIO ASSESSMENT TECHNIQUES IN PRIMARY SCHOOL. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(1). https://doi.org/10.30997/dt.v3i1. 314
Marienda, W., Zainuddin, M., & Nuriyah, E. H. (2009). Kompetensi dan Profesionalisme guru pendidikan anak usia dini. PROSIDING KS: RISET & PKM (p. 155).
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT.Remaja Rosdakarya.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi keenam. Penerjemahan Wahyu. PT. Erlangga.
Peraturan-Pemerintah. (2008). No. 74 tentang Guru. Permendiknas. (2007).
Permendiknas RI. No. 16 tentang Standarisasi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Safitri, M., Nurochmah, A., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kemampuan Guru Menyusun RPP di SD Negeri Ciangsana. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 105–119. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2. 3065
Salma, D. N., Abdurakhman, O., & Hayu, W. R. R. (2017). TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TOWARDS TEACHER PERFORMANCE. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2. 316
Sodiah, N. (2017). Etika Kerja kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Tadbir: Jurnal Studi Managemen Pendidikan, 1(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran Semester 2. PPs UNY.
Undang-undang. (2014). No 14 tentang Guru dan Dosen.