PENGENALAN BAHASA DAERAH MARORI MENGGUNAKAN TEKNIK RETRIVAL JARINGAN SEMANTIK

Tobias Nggaruaka, Agus Kichi Hermansyah, Ranta Butarbutar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengenalkan kosakata bahasa daerah (Marori) sebagai bahasa ibu kepada siswa SD Negeri Wasur 1 Merauke. Selain itu tujuan penelitian lain yang dapat dicapai dalam penelitian ini adalah menumbuhkembangkan rasa kecintaan siswa terhadap bahasa ibu (Marori) yang dari hari ke hari semakin pudar. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah teknik retrival jaringan semantik yakni dengan mengaitkan konsep kosakata dalam kehidupan siswa. Pembelajaran dikaitkan dengan skemata siswa dengan media MaindMaple Lite. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penekanan dalam penelitian ini adalah pada aspek pemahaman secara mendalam untuk melihat permasalahan dalam suatu masalah. Dengan adanya penelitian kualitatif dapat menghasilkan makna dan informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa daerah (Marori). Pertemuan pertama sebanyak 8 siswa mampu metrif 6 kata dengan 100%, 6 siswa meretrif 4 kata (22,22%), 4 siswa meretrif 4 kata (22,22%). Pertemuan  kedua sebanyak 10 siswa meretrif 6 kata (100%), 6 siswa meretrif 5 kata (22,22%), dan 2 siswa meretrif 4 kata  (22,22%). Pertemuan ketiga sebanyak 12 siswa meretrif 8 kata (100%), 2 siswa meretrif 7 kata (11,11%) dan 4 siswa meretrif 7 kata (22, 22%). Pertemuan keempat dari jumlah 18 siswa mampu meretrif 11 kata dengan desain peta semantik dengan presentasi 100%.

Keywords

pembelajaran; kosakata; teknik retrival; jaringan semantik

Full Text:

PDF

References

Andi, S. A. N. R. A. (2017). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi keenam. PenerjemahanWahyu, Eva, Airin dan Puji. Jurnal Ilmiah Terapan, 5(2).

Corder, S. P. (1981). Error Analysis and Interlanguage. London: Oxford University Press.

Dardjowidjojo. (2010). Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Dawud. (2008). Pengajaran Pemerolah Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Gereda, A. (2017). Tema-Tema Sosiolinguistik. Yogyakarta: Lingkar Antar Nusa.

Ghazali, S. A. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hermansyah, A. K. (2018). Increasing Indonesian Language Learning Results Through Reviewing Technique of Observation Result Through The Rotating Trio Exchange Method on Grade VI Students of Elementary School.

Hisa, L. (2017). Dokumentasi Etnobotani-Linguistik Tumbuhan Sagu: Laporan Awal dari Etnis Marori di Taman Nasional Wasur Merauke. Jurnal Linguistik Indonesia, 32(2), 187–200.

Karpicke, J. D. (2012). Retrieval-Based Learning: Active Retrieval Promotes Meanningful Leaning. Current Directions in Psychological Science, 21(3), 157–163.

Mansoben, J. (1994). Sistem Politik Tradisional Irian Jaya, Indonesia. Indonesia: Studi Perndingan, LIPI RUN Jakarta.

Miles B Huberman, M. (1986). Qualitative Data Analysis:A Sourcebook of New Methods. Baverly Hill: Seage Publications.

Nggaruaka, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Dengan Menggunaka Teknik Retrival Jaringan Semantik Siswa Kelas Vii Smp Negeri I Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Universitas Negeri malang.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi keenam. Penerjemahan Wahyu. Bandung: PT. Erlangga.

Robert C Bogdan, S. K. B. (1990). Qualitative Research for Education:An Introduction Theory And Methods. London: Allyn and Bacon, Inc.

Soedjito. (1992). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Sumarsono, P. (2002). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Tarigan, H. G. (1994). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Trudell, D. B. B. (2008). Mother Tongue Matters; Local Language as a Key to Effective Learning. Paris: Published by the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.