PENGARUH PENYEMPROTAN LARUTAN JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) PADA PROSES PENETASAN TELUR ITIK PERIODE HATCHER

Authors

  • Listi Firdianti
  • Deden Sudrajat Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jp.v12i1.3305

Keywords:

bobot tetas, jeruk nipis, susut telur, telur itik

Abstract

Saat ini tingkat produksi telur itik lokal masih sangat rendah dan bervariasi jika dibandingkan dengan produksi telur ayam yang memiliki daya tetas mencapai 80%. Manajemen penetasan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ternak itik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian bahan larutan jeruk nipis pada telur itik tetas terhadap mortalitas, daya tetas, susut telur, bobot tetas dan daya jual itik. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 September 2018. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium kandang Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor-Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan 48 butir telur tetas hasil perkawinan inseminasi buatan itik mojosari yang didapatkan dari Balai Penelitian (Balitnak) Ciawi. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari empat perlakuan dan empat ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 butir telur perlakuan tersebut terdiri atas P0: penyemprotan tanpa menggunakan larutan jeruk nipis, P1: penyemprotan menggunakan larutan jeruk nipis 15%, P2: penyemprotan menggunakan larutan jeruk nipis 20%, P3: penyemprotan menggunakan larutan jeruk nipis 25%. Frekuensi penyemprotan dua kali/hari pada pukul 10.00 dan 14.00 pada setiap perlakuan. Penyemprotan menggunakan larutan jeruk nipis dengan dosis 15%, 20% dan 25% berpengaruh nyata terhadap susut telur dan bobot tetas.

References

Berlian, Zainal, Awalul, F., dan Agustina, Eka. 2016. Penggunaan Perasan Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) dalam Menghambat Bakteri Escherichia Coli pada Bahan Pangan. Jurnal Bioilmi Vol. 2(1):52-58.
Darajah, Fitria. 2013. Pengaruh Frekuensi Pendinginan yang Berbeda terhadap Daya Tetas Telur Itik Persilangan Cihateup Alabio. Skripsi. Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Dewi, K. M. A. G. Dan Wirapartha, M. 2017. Bahan Ajar Manajemen Penetasan. Fakultas Peternakan. Universitas Udayana.
Direktorat jendral peternakan dan kesehatan hewan. 2017. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2017. Edisi Tahun 2017. Jakarta
Fadhilah, R., A. Polana, S. Alam, dan E. Parwanto. 2007. Sukses Beternak Ayam Broiler. Agro Media Pustaka. Jakarta.
Gunawan H. 2001. Pengaruh Bobot Telur terhadap Daya Tetas serta Hubungan antara Bobot Telur dan Bobot Tetas Itik Mojosari. [Skripsi]. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor
Hanafiah, K.A., 2003. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Jasa L. 2006. Pemanfaatan Mikrokontroler Atmega 163 pada Prototipe Mesin Penetasan Telur Ayam. [Skripsi]. FTE-Udayana. Bali.
Kurtini, T. Dan R. Riyanti. 2014. Teknologi Penetasan Edisi II. AURA. Bandar Lampung.
Latif, M. T. A. 2012. Kelarutan Magnesium Email pada Perendaman Gigi dalam Minuman yang Mengandung Asam Bikarbonat dan Asam Sitrat (In Vitro). Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. Makassar.
Ningtyas, M. S., Ismoyowati, I.H. Sulistyawan. 2013. Pengaruh Temperatur terhadap Daya Tetas dan Hasil Tetas Telur Itik (Anas Plathyrinchos). Jurnal Imiah Peternakan Vol. 1(1): 347-352.
Pradini, L.A., Septinova, D Nova, K. 2016. Pengaruh Larutan Jeruk Nipis dan Gula pada Dosis yang Berbeda sebagai Larutan Penyemprot terhadap Mortalitas, Lama Tetas, dan Saleable DOD Itik Tegal. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu Vol. 4(2): 149-155
Rusnandih. 2001. Susut Tetas dan Jenis Kelamin Itik Berdasarkan Klasifikasi Bobot dan Nisbah Kelamin. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Setioko,A. R., L.H. Prasetyo, S. Sopiyana, T. Susanti, R. Hernawati, S.Widodo. 2004. Koleksi dan Evaluasi Karakterisasi Biologok Itik Lokal dan Entok secara Exsitu. Laporan Hasil – Hasil Penelitian Balitnak. Bogor.
Subiharta, D.M. Yuono, P. Sudrajat. 2013. Karakteristik Itik Tegal ( Anas Plantyhynchos Javanicus ) sebagai Itik Petelur Unggul Jawa Tengah dan Upaya Peningkatan Produksinya. Seminar Nasional : Menggagas Kebangkitan Komoditas Unggulan Lokal Pertanian dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo. Madura.
Suprijatna E, U Atmomarsono, R Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Edisi 2. Penebar Swadaya. Jakarta.
Suryana, Sholih, NH, Kurniawan, Suprijono, Retno. 2011. Pengaruh Perbandingan Jantan-Betina terhadap Fertilitas dan Daya Tetas Telur Itik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bengkulu.
Umar. 2000. Kualitas Fisik Telur Ayam Kampung Segar di Pasar Tradisional, Swalayan, Dan Peternakan Di Kota Madya Bogor. Skripsi. Ilmu Produksi Ternak. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Firdianti, L., & Sudrajat, D. (2021). PENGARUH PENYEMPROTAN LARUTAN JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) PADA PROSES PENETASAN TELUR ITIK PERIODE HATCHER. Jurnal Pertanian, 12(1), 16–23. https://doi.org/10.30997/jp.v12i1.3305

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 358 times