MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL TALKING STICK

Authors

  • Tuti Rahmayanti Universitas Djuanda
  • Irma Inesia Sri Utami Universitas Djuanda
  • Gugun Gunadi Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14210

Keywords:

Keaktifan Siswa, Talking Stick, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talkingstick yang didasarkan pada temuan penelitian terdahulu, yang diperoleh dari seberapa besar peningkatan keaktifan belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran talking stick. Penelitian ini didasari karena kurangnya keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar (SD) yang disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara mengumpulkan jurnal yang relevan lalu dijelaskan peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model talking stick. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data yang ditemukan  menunjukan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan setelah diterapkannya model talking stick. Hal ini terlihat dari beberapa pendapat yang mendukung bahwa model talking stick berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa.

References

Abdi Mirzaqon and Budi Purwoko.

(2018). "Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive

Writing Library", Jurnal BK UNESA.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalbkunesa/articl/viewFile/2 2037/20201

Alfandi, F., Adri, H. T., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sdn Sukagalih 03. Didaktik Global: Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1), 61-76.

Asy’ari, F. H., & Haqibillah, M. Z. (2022). Pemanfaatan Teknologi (Lcd Dan Aplikasi Power Point) Dengan Model Pembelajaran Talking stick Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.8964

Elu, M. E. J., Tupen, S. N., & Ningsih. (2021). Penerapan Model Talking stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2).

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Mas’udah, D., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2022). Implementasi Metode Talking stick untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas 4 MI Nurul Ulum Arjosari Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 59–68. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Muttaqien, A., Wicaksono, M. A., Alfian, M. I., Kholik, A., & Ramdhani, M. R. (2024). Penggunaan Metode Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab di SMPIT Raudhatul Jannah Bogor. Arabia, 15(2), 183-196.

Oktaviastuti Awalia Fajrin, “Pengaruh Model Talking stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD,”Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. IA (April, 2018), 88

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991

Rahmayanti, T., & Aliyyah, R. R. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Metode Talking stick Pada Mata Pelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(2), 2477–2493. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12020

Rifkiyani, P., Corneliesta, E. C., Widodo, S. T., & Ibtidaiyah, I. (2023). Keefektifan Model Talking stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban. Jurnal Basicedu, 7(6), 3771–3780. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6389

Sari, Milya dan Asmendri. Peneletian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Natural Science, ISSN: 2715-470X, 202

Sasmithaningrum, T. D. (2024). The Influence of the Talking stick Cooperative Learning Model in Science Subjects on the Activeness of Elementary School Students. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 605–618. https://doi.org/10.51276/edu.v5i2.656

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Rahmayanti, T., Inesia Sri Utami, I., & Gunadi, G. (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL TALKING STICK. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(4), 299–305. https://doi.org/10.30997/al-kaff.v2i4.14210