PELATIHAN PEMBUATAN RANSUM FLUSHING DOMBA

Main Article Content

Deden Sudrajat
https://orcid.org/0000-0001-7683-427X
Ristika Handarini
Dede Kardaya
Burhanudin Malik
anggraeni
Dewi Wahyuni
Abdulah Baharun

Abstract

ABSTRAK

Peternak domba di Desa Sukaresmi tergabung dalam Gabungan Kelompok Peternak Sukaresmi dengan sistem pemeliharaan secara tradisional, sehingga berdampak pada produktivitasnya antara lain: pertambahan bobot badannya rendah sehingga pemeliharaan untuk tujuan penggemukan memerlukan waktu yang lebih lama yaitu 8 bulan,  kelahiran 1 anak per tahun, bobot lahir anak rendah, mortalitas tinggi dan  skor kondisi tubuh ternak  rendah. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan cara pemberian flushing yaitu pakan dengan kandungan protein dan energi tinggi yang diberikan pada kondisi  tertentu sehingga meningkatkan performa produksi dan reproduksi ternak domba pada fase pertumbuhan, menjelang perkawinan, bunting, beranak dan menyusui.  Tujuan  kegiatan pengabdian ini untuk  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak  dalam pembuatan pakan fluhing ternak domba sebagai upaya peningkatan produktivitas ternak domba dan hilirisasi dari hasil penelitian untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU) 5 dan 7. Peserta pelatihan adalah: 24 orang peternak domba yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Peternak Sukaresmi (Gapoktan Sukaresmi). Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Desa Sukaresmi  Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor. Metode pengabddian adalah: penyuluhan dan praktek pembuatan pakan flushing ternak domba. Sebelum dan sesudah pemberian materi diberikan pre test dan post test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan peternak domba setelah diberikan penyuluhan dan praktek pembuatan pakan flushing.  Peternak mengikuti seluruh  kegiatan yang terbagi atas 5 sesi: survey untuk pemetaan kondisi existing peternakan domba, sosialisasi kegiatan pengabdian, pre test dan penyuluhan  pembuatan pakan flushing, praktek pembuatan pakan flushing dan post test, terakhir pemberian pakan flushing pada ternak domba (aplikasi).  Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan peternak sebagai proses transfer knowledge dan teknologi sebesar 16.65%.  Kegiatan diharapkan akan berlanjut melalui pendampingan bagi peternak untuk  menggali potensi sumber pakan yang ada di Desa Sukaresmi sehingga keterampilan peternak lebih baik lagi dalam memanfaatkan sumber-sumber bahan pakan yang ada disekitar peternakan


 

Article Details

How to Cite
Sudrajat, D., Handarini, R. ., Kardaya, D., Malik, B., anggraeni, Wahyuni, D., & Baharun, A. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN RANSUM FLUSHING DOMBA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 69–74. https://doi.org/10.30997/qh.v8i2.4984
Section
Articles
Author Biographies

Ristika Handarini

 

 

Dede Kardaya

 

 

Burhanudin Malik

 

 

anggraeni

 

 

Dewi Wahyuni

 

 

Abdulah Baharun

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Badriyah A, Siswanto, Erwanto, Qisthon A. 2018. Pengaruh Manipulasi Suhu Kandang terhadap Kadar Glukosa dan Urea dalam Darah Pada Kambing Boer Dan Peranakan Ettawa (PE). Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan. 3 (2) : 39-44.

Kementerian Pertanian. 2014. Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 102/Permentan/OT.140/7/2014 tentang Pedoman Pembibitan Kambing dan Domba yang Baik

Hasnudi, Ginting N, Patriani P, Hasanah U. 2018. Pengelolaan Ternak Kambing dan Domba. Program Studi Peternakan Universitas Utara.

Purwanti E, Selviana, Iskandar A. 2016. Hubungan Sanitasi Kandang, Jarak Kandang, Kepadatan Lalat, Jarak Sumber Air Bersih dan Personal Hygiene dengan Kejadian Diare. Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan. 3 (2): 55 – 59.

Qisthon A, Hartono M. 2019. Respons Fisiologis dan Ketahanan Panas Kambing Boerawa dan Peranakan Ettawa Pada Modifikasi Iklim Mikro Kandang Melalui Pengkabutan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 7(1): 206 – 211.

Tambak NT, Dihansih E, Kardaya D. 2021. Pengaruh Pemberian Tepung Indigofera dalam Konsentrat terhadap Performa Produski Domba Ekor Gemuk. Jurnal Peternakan Nusantara. 7(2): 73 - 78.