SOSIALISASI GOOD FARMING PRACTICE KAMBING PERAH DI PETERNAKAN BERKAH FAMILY KELURAHAN CIBULUH BOGOR UTARA

Authors

  • Ristika Handarini Universitas Djuanda Bogor
  • Mohammad Winugroho Program Studi Perternakan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No 1 Bogor, Indonesia
  • Dede Kardaya Program Studi Perternakan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No 1 Bogor, Indonesia
  • Deden Sudrajat Program Studi Perternakan Universitas Djuanda Bogor, Jl. Tol Ciawi No 1 Bogor, Indonesia
  • Abdullah Baharun
  • Jatmiko Jatmiko

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3966

Keywords:

Sosialisasi, good farming practice kambing perah, Peternakan kambing perah Berkah Family

Abstract

Peraturan Menteri No.  64/Permentan/OT.140/5/2014 tentang Pedoman Budidaya Kambing Perah yang Baik  (Good Farming Practice) perlu disosialisasikan agar peternak memahami pedoman dan syarat minimal  budidaya kambing perah serta bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan usaha peternakan kambing perah di Indonesia. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan berbagai aspek tatalaksana budidaya kambing perah meliputi: bibt kambing perah, perkandangan, pemberian pakan, manajemen reproduksi dan biosekuriti kambing perah.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di  Peternakan Berkah Family di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor Jawa Barat dengan jarak sekitar 20 km dari Universitas Djuanda selama 5 minggu. Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri atas  dosen dari Universitas Djuanda dan lima orang mahasiswa Program Studi Peternakan. Metode pengabdian adalah direct method  dengan bentuk kegiatan penyuluhan dan praktek.  Penyuluhan terkait semua aspek tata laksana kambing perah. Praktek yang dilakukan: penyusunan ransum dan sanitasi kandang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peternak belum pernah mengetahui ada peraturan terkait GFP kambing perah. Peningkatan pemahaman atau pengetahuan setelah dievaluasi berdasarkan kegiatan pre dan post test, hasil dari sosialisasi Peraturan Menteri No.  64/Permentan/OT.140/5/2014 tentang Pedoman Budidaya Kambing Perah yang Baik sebesar 15.65%.   Kesimpulan dari kegiatan PkM adalah adanya peningkatan pengetahuan sebesar 15,65%  terhadap penyuluhan materi yang disampaikan.  Praktek penyusunan ransum dan penerapan sanitasi kandang secara rutin akan diterapkan sebagai upaya menekan biaya pakan dan menjamin kesehatan  bagi peternak dan produk yang dihasilkan terutama pada kondisi pandemic Covid-19.  Disarankan: dilakukan pendampingan secara berkesinambungan untuk memantau penerapan hasil transfer pengetahuan dan praktek yang telah dilakukan oleh peternak mitra Berkah Family.

References

Badriyah A, Siswanto, Erwanto, Qisthon A. 2018. Pengaruh Manipulasi Suhu Kandang terhadap Kadar Glukosa dan Urea dalam Darah Pada Kambing Boer Dan Peranakan Ettawa (PE). Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan. 3 (2) : 39-44.

Kementerian Pertanian. 2013. Keputusan Menteri Pertanian Nomor 695/Kpts/PD.410/2/2013 Tentang Penetapan Rumpun Kambing Peranakan Etawah.

Kementerian Pertanian. 2014a. Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 64/Permentan/OT.140/5/2014 tentang Pedoman Budidaya Kambing Perah yang Baik.

Kementerian Pertanian. 2014. Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 102/Permentan/OT.140/7/2014 tentang Pedoman Pembibitan Kambing dan Domba yang Baik

Hasnudi, Ginting N, Patriani P, Hasanah U. 2018. Pengelolaan Ternak Kambing dan Domba. Program Studi Peternakan Universitas Utara.

Purwanti E, Selviana, Iskandar A. 2016. Hubungan Sanitasi Kandang, Jarak Kandang, Kepadatan Lalat, Jarak Sumber Air Bersih dan Personal Hygiene dengan Kejadian Diare. Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan. 3 (2): 55 – 59.

Qisthon A, Hartono M. 2019. Respons Fisiologis dan Ketahanan Panas Kambing Boerawa dan Peranakan Ettawa Pada Modifikasi Iklim Mikro Kandang Melalui Pengkabutan. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu. 7(1): 206 – 211.

Zuroida R, Azizah R. 2018. Sanitasi Kandang Dan Keluhan Kesehatan Pada Peternak Sapi Perah di Desa Murukan Kabupaten Jombang Jurnal Kesehatan Lingkungan. 10 (4): 434-440.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Handarini, R., Winugroho, M., Kardaya, D., Sudrajat, D., Baharun, A., & Jatmiko, J. (2021). SOSIALISASI GOOD FARMING PRACTICE KAMBING PERAH DI PETERNAKAN BERKAH FAMILY KELURAHAN CIBULUH BOGOR UTARA. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 12–18. https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3966

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 577 times

Most read articles by the same author(s)