INOVASI PRODUK YOGURT RASA BUAH CAMPOLAY DAN PEYULUHAN MANAJEMEN PEMASARAN DI UMKM SABILULUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4971Keywords:
hilirisasi penelitian, pemasaran, penyuluhan, rasa campolay, yogurt inovasiAbstract
Yogurt dengan varian rasa buah cenderung lebih disukai oleh konsumen dibandingkan dengan yogurt original atau plain. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan varian rasa buah pada yogurt UMKM Sabilulungan dengan menambahkan rasa buah campolay serta meningkatkan pengetahuan dari kegiatan pemasaran untuk produk yogurt. Metode dalam kegiatan pengabdian ini meliputi pengujian trial penambahan serbuk campolay ke dalam produk yogurt, pelatihan pembuatan yogurt rasa buah campolay bersama UMKM Sabilulungan, dan penyuluhan kegiatan pemasaran dari suatu produk inovasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa produk yogurt dengan penambahan 10% serbuk campolay memiliki rasa yogurt dengan rasa campolay yang terasa, tidak terdeteksi aftertaste, dan aroma buah campolay yang mild tanpa bau langu. Setelah mendapatkan persentase serbuk campolay berdasarkan trial sebelumnya, kemudian dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan yogurt dengan penambahan serbuk campolay terpilih. Sebelum dilakukan pelatihan, hasil post-test yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mengenai karakteristik dan manfaat buah campolay dan peningkatan pengetahuan terkait kegiatan pemasaran. Beberapa pertanyaan dalam kuisioner khususnya terkait manajemen pemasaran belum secara baik dapat dipahami oleh pelaku UMKM.. Pelatihan yang dilakukan dapat menarik antusias pelaku UMKM, di mana mereka dapat mengembangkan varian rasa buah campolay pada yogurt yang sudah ada. Saat ini yogurt UMKM Sabilulungan memiliki 4 varian rasa buah, yaitu durian, melon, stroberi, dan campolay. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana kegiatan serta dapat mengembangkan produk yogurt yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk.
References
Aminullah, Purba, R., Rohmayanti, T., dan Pertiwi, S.R.R. 2020. Sifat mutu fisik mi basah berbahan baku tepung campolay masak penuh. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2): 172 – 180.
Costa, T. S. A., Wondracek, D. C., Lopes, R. M., Vieira, R. F., & Ferreira, F. R. 2010. Carotenoids composition of canistel (Pouteria campechiana (Kunth) Bachni). Revista Brasileira de Fruticultura, 32(3): 903-906.
Elwisam dan Lestari, R. 2019. Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran umkm. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2): 277-286.
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lanerolle, M., Priyadarshani, A. M., Sumithraarachchi, D. B.,and Jansz, E. R. 2008. The carotenoids of Pouteria campechiana (Sinhala: ratalawulu). Journal of the National Science Foundation of Sri Lanka, 36(1): 95-98.
Lim, T. K. 2012. Edible Medicinal and Non-Medicinal Plants. New York: Springer.
Malinao, B. C., Arquiza, E., Cardinal, K. V., Borgonia, K. D., & Minoza, J. M. 2017. Development of canistel into ketchup (Thesis). College of Hotel and Restaurant Management, University of Cebu, Baniland, Philippine.
Mehraj, H., Sikder, R. K., Mayda, U., Taufique, T., and Uddin, J. 2015. Plant physiology and fruit secondary metabolites of canistel (Pouteria campechiana). World Applied Sciences Journal, 33: 1908-1914.
Osterwalder, A. and Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc.
Pertiwi S.R., Nurhalimah S., and Aminullah, A. 2020b. Optimization on process of ripe canistel (Pouteria campechiana) fruit flour based on several quality characteristics. Brazilian Journal of Food Technology, Campínas, 23: 1-8.
Pertiwi, S. R. R., Aminullah, A., Hutami, R., & Nirmala, D. (2018). Application of non-gluten canistel (Pouteria campechiana) flour-maizena mocaf-tapioca composite on the processing of steamed brownies. Jurnal Agroindustri Halal, 4(2), 153-161.
Pertiwi, S.R.R., Sunarya, R., Rohmayanti, T., and Aminullah. 2020a. Optimization on formulation of foamed overripe canistel powder using response surface methodology. Revista Brasileira de Fruticultura, 42(3): 1-12.
Reguia, C. 2014. Product innovation and the competitive advantage. European Scientific Journal, 1: 137-144.
Rohmanto, F.L. 2021. Profil Sensori Minuman Serbuk dari Campuran Serbuk Campolay (Pouteria campechiana) Lewat Matang dan Kopi Instan Granula dengan Metode Rate-All-That-Apply (RATA). Skripsi. Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal. Universitas Djuanda Bogor, Bogor.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Rejeki Retna Pertiwi, Titi Rohmayanti, Delfitriani, Aminullah Aminullah, Mardiah, Ahmaludin, Yasri Apriani, Mega Silpia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.