INOVASI PRODUK YOGURT RASA BUAH CAMPOLAY DAN PEYULUHAN MANAJEMEN PEMASARAN DI UMKM SABILULUNGAN

Authors

  • Sri Rejeki Retna Pertiwi Universitas Djuanda Bogor
  • Titi Rohmayanti Universitas Djuanda Bogor
  • Delfitriani Universitas Djuanda Bogor
  • Aminullah Aminullah Food Technology and Nutrition, Djuanda University
  • Mardiah Universitas Djuanda Bogor
  • Ahmaludin Universitas Djuanda Bogor
  • Yasri Apriani Universitas Djuanda Bogor
  • Mega Silpia Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4971

Keywords:

hilirisasi penelitian, pemasaran, penyuluhan, rasa campolay, yogurt inovasi

Abstract

Yogurt dengan varian rasa buah cenderung lebih disukai oleh konsumen dibandingkan dengan yogurt original atau plain. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan varian rasa buah pada yogurt UMKM Sabilulungan dengan menambahkan rasa buah campolay serta meningkatkan pengetahuan dari kegiatan pemasaran untuk produk yogurt. Metode dalam kegiatan pengabdian ini meliputi pengujian trial penambahan serbuk campolay ke dalam produk yogurt, pelatihan pembuatan yogurt rasa buah campolay bersama UMKM Sabilulungan, dan penyuluhan kegiatan pemasaran dari suatu produk inovasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa produk yogurt dengan penambahan 10% serbuk campolay memiliki rasa yogurt dengan rasa campolay yang terasa, tidak terdeteksi aftertaste, dan aroma buah campolay yang mild tanpa bau langu. Setelah mendapatkan persentase serbuk campolay berdasarkan trial sebelumnya, kemudian dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan yogurt dengan penambahan serbuk campolay terpilih. Sebelum dilakukan pelatihan, hasil post-test yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mengenai karakteristik dan manfaat buah campolay dan peningkatan pengetahuan terkait kegiatan pemasaran. Beberapa pertanyaan dalam kuisioner khususnya terkait manajemen pemasaran belum secara baik dapat dipahami oleh pelaku UMKM.. Pelatihan yang dilakukan dapat menarik antusias pelaku UMKM, di mana mereka dapat mengembangkan varian rasa buah campolay pada yogurt yang sudah ada. Saat ini yogurt UMKM Sabilulungan memiliki 4 varian rasa buah, yaitu durian, melon, stroberi, dan campolay. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana kegiatan serta dapat mengembangkan produk yogurt yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk.

References

Aminullah, Purba, R., Rohmayanti, T., dan Pertiwi, S.R.R. 2020. Sifat mutu fisik mi basah berbahan baku tepung campolay masak penuh. Jurnal Agroindustri Halal, 6(2): 172 – 180.

Costa, T. S. A., Wondracek, D. C., Lopes, R. M., Vieira, R. F., & Ferreira, F. R. 2010. Carotenoids composition of canistel (Pouteria campechiana (Kunth) Bachni). Revista Brasileira de Fruticultura, 32(3): 903-906.

Elwisam dan Lestari, R. 2019. Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran umkm. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2): 277-286.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lanerolle, M., Priyadarshani, A. M., Sumithraarachchi, D. B.,and Jansz, E. R. 2008. The carotenoids of Pouteria campechiana (Sinhala: ratalawulu). Journal of the National Science Foundation of Sri Lanka, 36(1): 95-98.

Lim, T. K. 2012. Edible Medicinal and Non-Medicinal Plants. New York: Springer.

Malinao, B. C., Arquiza, E., Cardinal, K. V., Borgonia, K. D., & Minoza, J. M. 2017. Development of canistel into ketchup (Thesis). College of Hotel and Restaurant Management, University of Cebu, Baniland, Philippine.

Mehraj, H., Sikder, R. K., Mayda, U., Taufique, T., and Uddin, J. 2015. Plant physiology and fruit secondary metabolites of canistel (Pouteria campechiana). World Applied Sciences Journal, 33: 1908-1914.

Osterwalder, A. and Pigneur, Y. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc.

Pertiwi S.R., Nurhalimah S., and Aminullah, A. 2020b. Optimization on process of ripe canistel (Pouteria campechiana) fruit flour based on several quality characteristics. Brazilian Journal of Food Technology, Campínas, 23: 1-8.

Pertiwi, S. R. R., Aminullah, A., Hutami, R., & Nirmala, D. (2018). Application of non-gluten canistel (Pouteria campechiana) flour-maizena mocaf-tapioca composite on the processing of steamed brownies. Jurnal Agroindustri Halal, 4(2), 153-161.

Pertiwi, S.R.R., Sunarya, R., Rohmayanti, T., and Aminullah. 2020a. Optimization on formulation of foamed overripe canistel powder using response surface methodology. Revista Brasileira de Fruticultura, 42(3): 1-12.

Reguia, C. 2014. Product innovation and the competitive advantage. European Scientific Journal, 1: 137-144.

Rohmanto, F.L. 2021. Profil Sensori Minuman Serbuk dari Campuran Serbuk Campolay (Pouteria campechiana) Lewat Matang dan Kopi Instan Granula dengan Metode Rate-All-That-Apply (RATA). Skripsi. Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal. Universitas Djuanda Bogor, Bogor.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Retna Pertiwi, S. R. ., Rohmayanti, T. ., Delfitriani, Aminullah, A., Mardiah, Ahmaludin, Apriani, Y. ., & Silpia, M. . (2022). INOVASI PRODUK YOGURT RASA BUAH CAMPOLAY DAN PEYULUHAN MANAJEMEN PEMASARAN DI UMKM SABILULUNGAN. ardhul asan: edia engabdian epada asyarakat, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4971

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 168 times

Most read articles by the same author(s)