Analisis Tingkat Keramahan Lingkungan Sekolah pada Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4144Keywords:
Iklim Sekolah, Sekolah Ramah AnakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat keramahan lingkungan sekolah dengan instrument iklim sekolah ramah anak (ISRA) berdasarkan persepsi dan pengalaman siswa-siswa pada SMA di Kabupaten Bogor. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 157 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online menggunakan google formulir kepada siswa yang dipilih secara acak. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif untuk melihat karakteristik keramahan lingkungan sekolah dan tingkat keramahan lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keramahan lingkungan sekolah SMA di Kabupaten Bogor berada pada kategori tinggi. Keramahan lingkungan sekolah digambarkan dengan empat dimensi utama yaitu lingkungan yang aman bagi anak, dukungan guru, hubungan sosial individu dan suasana kekeluargaan di sekolah. Meski demikian, masih ada siswa yang merasa tidak nyaman karena bullying dan perlakuan diskriminasi dan ejekan selama di Sekolah.References
Bisri, Hasan. 2017. Penilaian Otentik: Praktis dan Mudah. Bogor: Unida Press.
Daryanto, & Tarno, H. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration, Theory, Research, and Practice. New York: McGraw Hill.
Maradewa, R. Catatan KPAI di Hardiknas: Kasus Anak Bully Guru Meningkat Drastis. Ditayangkan 4 Mei 2019 pada diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Nazar, Moh (2003). Metode Penelitian, Jakarta: PT Bhakti Indonesia.
Rahayu, L. S. KPAI: Angka Kekerasan pada Anak Januari-April 2019 Masih Tinggi. Ditayangkan 2 Mei 2019 pada news.detik.com/news/berita diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Setyawan, D. Sekolah Ramah Anak. Ditayangkan 21 Juli 2017 pada diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suherman, I. (2018). Pengelolaan Program Ulangan Harian Bersama (UHB) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 2(2), 132-143.
Tubbs, J. E., & Garner, M. (2008). The Impact of School Climate on School. Journal of College Teaching & Learning, 17-26.
Widipedia Indoensia, Kekerasan. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019 melalui laman https://id.wikipedia.org/wiki/Kekerasan
Bappenas, et al., (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI.
Daryanto, & Tarno, H. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational Administration, Theory, Research, and Practice. New York: McGraw Hill.
Maradewa, R. Catatan KPAI di Hardiknas: Kasus Anak Bully Guru Meningkat Drastis. Ditayangkan 4 Mei 2019 pada diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Nazar, Moh (2003). Metode Penelitian, Jakarta: PT Bhakti Indonesia.
Rahayu, L. S. KPAI: Angka Kekerasan pada Anak Januari-April 2019 Masih Tinggi. Ditayangkan 2 Mei 2019 pada news.detik.com/news/berita diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Setyawan, D. Sekolah Ramah Anak. Ditayangkan 21 Juli 2017 pada diakses tanggal 16 Agustus 2019.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suherman, I. (2018). Pengelolaan Program Ulangan Harian Bersama (UHB) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 2(2), 132-143.
Tubbs, J. E., & Garner, M. (2008). The Impact of School Climate on School. Journal of College Teaching & Learning, 17-26.
Widipedia Indoensia, Kekerasan. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019 melalui laman https://id.wikipedia.org/wiki/Kekerasan
Bappenas, et al., (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI.
Downloads
Published
2021-04-29
How to Cite
Gunadi, G., & Suherman, I. (2021). Analisis Tingkat Keramahan Lingkungan Sekolah pada Sekolah Menengah Atas. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4144
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work