https://ojs.unida.ac.id/JTM/issue/feed TADBIR MUWAHHID 2021-04-30T07:21:25+00:00 Dr. R. Siti Pupu Fauziah siti.pupu.fauziah@unida.ac.id Open Journal Systems <p>Tadbir Muwahhid Journal is a scientific journal covering aspects of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management published twice in a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year.</p><p>Tadbir Muwahhid began to be published in 2017 as a refinement of Journal of Ta'Dibi: Jurnal Pendidikan FKIP UNIDA with P-ISSN 2442-4994 initiated by Faculty of Teacher Training and Education Djuanda University of Bogor. In 2017, the journal published with P-ISSN: 2579-4876 and E-ISSN: 2579 - 3470 in accordance with the policy of LIPI. Since 2017, Tadbir Muwahhid Journal has been using Open Journal System requiring all writers to register in advance before they are allowed to upload the manuscript they write online. Afterwards, the editors, peer reviewers, and writers can monitor the manuscript processing. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication.</p><p>Designed as a medium of information and scientific knowledge, Tadbir Muwahhid publishes research articles, in the area of Islamic studies, education and institutional management, curriculum management and learning resources, facilities and finance management, Islamic education psychology, education management information systems and technology, Islamic education leadership, counseling management, Islamic education planning, Islamic education evaluation as well as with their development through interdisciplinary and multidisciplinary approach.</p><p><strong>Tadbir Muwahhid <span>was designated as scientific journals accredited dated on December 13, 2019 by the Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 36/E/KPT/2019 (SINTA 4) and is valid for 5 years PERIOD: 2019-2024</span></strong></p> https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/3648 Layanan Bimbingan Pra-Nikah di Sekolah: Studi Komparasi Kebutuhan dan Harapan Remaja 2021-04-30T07:21:25+00:00 Zaenal Mustaqim abusajid.zm73@gmail.com Abas Mansur Tamam abas.mansur@uika.ac.id Imas Kania Rahman imas.kania@uika.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kebutuhan dan harapan remaja laki-laki dan perempuan akan layanan bimbingan pra-nikah sebelum menuju jenjang pernikahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparasi. Pengumpulan data dilakukan pada 99 mahasiswa Universitas Djuanda. Hasil analisis data menemukan bahwa layanan bimbingan pra-nikah sangat dibutuhkan dan para remaja berharap bimbingan pra-nikah ini dapat dimasukkan kedalam kurikulum dan menjadi layanan khusus pada program BK di sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan termuan bahwa tidak terdapat perbedaan kebutuhan dan harapan remaja laki-laki dan perempuan akan layanan bimbingan pra-nikah sebelum menuju jenjang pernikahan. Hal ini berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai sig. 0,878, dan nilai ini lebih besar dari 0,05 sehingga H<sub>0</sub> diterima, dan H<sub>1</sub> ditolak. Hal ini dapat dijadikan dasar dalam pengembangan program layanan BK di sekolah. 2021-04-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/4057 Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Quran Untuk Remaja di Ma'had Kareem Bil-Quran 2021-04-30T07:21:25+00:00 Supi Amaliah supi.rtta@gmail.com Endin Mujahidin endin.mujahidin@uika-bogor.ac.id Imas Kania Rahman imas.kania@uika-bogor.ac.id Kewajiban setiap muslim adalah mampu membaca Al-Qur’an sesuai tata cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. sejalan dengan perintah Allah lewat firmanNya di surat <em>Al-Muzzamil</em> ayat 4. Fenomena masyarakat awam sejak lama dimana sebagian besar kurang memperhatikan tahsin saat membaca Al-Qur’an. Banyak yang bisa membacanya dengan lancar namun sedikit yang bisa membacannya dengan benar. Pada lembaga-lembaga Al-Qur’an yang menjadi ujung tombak lahirnya kader-kader pengajar dan penghafal Al-Qur’an memiliki tanggung jawab melahirkan para kader yang mumpuni secara kualitas dalam tahsin Al-Qur’an. Hal ini karena dibutuhkannya peran mereka dimasyarakat untuk mengajarkan Al-Qur’an dengan tahsin yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum tahsin untuk remaja di Ma’had Kareem Bil-Qur’an. Salah satu Ma’had yang fokus pada pengaderan dakwah Al-Qur’an pada bidang tahsin dan tahfizh Al-Qur’an. Keunggulan yang dimilki Ma’had ini dalam kurikulum tahsin yang diterapkannya yaitu konsep penguasaan praktik tahsin pada <em>fashahatullisan</em> yang mencakup<em> makhraj</em>, <em>shifat huruf, dan itmmaul harakat </em>dan<em> </em>penguasaan pemahaman teori tahsin lewat penguasaan dua kitab tajwid<em> matan Jazari dan matan Tuhfatul Athfal</em> serta pengambilan<em> ijazah sanad </em>dua kitab tersebut<em>.</em> Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau <em>field research</em> jenis <em>deskriptif kualitatif</em> dengan sumber data diambil lewat wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data. Tahap selanjutnya adalah analisis data, reduksi data, penyajian data, terakhir pengambilan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluaasi kurikulum tahsin di lembaga ini berjalan dengan baik. 2021-04-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/2552 Efektifitas Model Kurikulum Rekonstruksi Sosial Berkarakter Agama Dalam Mencegah Penyimpangan Perilaku Seksual Remaja 2021-04-30T07:21:25+00:00 Amir Mahrudin amir.mahrudin@unida.ac.id Asmil Ilyas asmil.ilyas@unida.ac.id Megan Asri Humaira megan.asri@unida.ac.id Kondisi Indonesia dalam keadaan darurat penyimpangan perilaku seksual remaja saat ini. Hal ini akan meningkat terus pada masa mendatang, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, kita harus memiliki perhatian terhadap masalah ini. Sebab, akan berdampak buruk pada kualitas masa depan bangsa. Solusi untuk mencegahnya melalui pendidikan. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui, menganalisis dan mengembangkan kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Metode penelitiannya adalah penelitian terapan lapangan dengan lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, angket, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa kurikulum rekonstruksi sosial berkarakter agama adalah efektif dalam mencegah penyimpangan perilaku seksual remaja. Pada aspek kognitif (nilai Fo = 1,318 dan sig. = 0,225 &lt; 0,05), remaja mampu berpikir positif, sehat dan lurus. Aspek apektif (nilai Fo = 1,578 dan sig. = 0,197 &lt; 0,05), mampu menilai antara perilaku seksual yang benar dan salah. Aspek psikomotorik (nilai Fo = 0,980 dan sig.= 0,404 &gt; 0,05), mampu mewujudkan perilaku seksual remaja yang benar dan mencegah dari yang menyimpang. Maka fungsi sosial agama Islam memberikan solusi untuk mengoreksi, memperbaiki, dan mengarahkan perilaku manusia, sehingga terjadi harmonisasi kehidupan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. 2021-04-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/4046 Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan 2021-04-30T07:21:25+00:00 Rusi Rusmiati Aliyyah rusi_rusmiati84@yahoo.co.id Iman Subasman imansubasman@gmail.com Endang S B Herawati endangsribudiherawati@gmail.com Venny Oktaviany venny_oktaviany@stkipkusumanegara.ac.id Penelitian bertujuan untuk mengetahui optimalisasi mutu pendidikan melalui program manajemen berbasis sekolah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Mahmudiyyah. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil model Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa MBS dapat menjadi peluang sekolah untuk mengoptimalkan mutu pendidikan dari aspek delapan standar nasional pendidikan yang terdiri dari standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar sarana prasarana. MBS juga dapat menjadikan sekolah unggul dalam memiliki program kerja dengan berlandaskan kurikulum 2013. Budaya sekolah dan partisipasi masyarakat dapat menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan pengelolaan satuan pendidikan berbasis MBS sesuai anjuran pemerintah. 2021-04-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/3812 Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Koperasi Pondok Pesantren 2021-04-30T07:21:25+00:00 Ulfah Nurul Badriyatul Fitri ulfahnurulbadriyatul@gmail.com M Fatkhurrahman Nur Jamil Latief nurjamilatief@gmail.com Iqbal Bukhori iqbalbukhori.2180060010@gmail.com Ara Hidayat arahidayat@uinsgd.ac.id <p class="MsoNormal" style="text-align: justify;">Penelitian ini mendeskripsikan tentang manajemen pembiayaan pendidikan berbasis koperasi pondok pesantren (KOPONTEN) di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kopontren merupakan usaha mandiri yang memiliki prinsip dari pesantren, oleh pesantren, dan untuk pesantren. Adanya kopontren ini sebagai wujud kemandirian pesantren dalam mengembangkan potensi manajemen pembiayaan pendidikan. Adanya kopontren ini membantu meningkatkan mutu pendidikan di pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor tidak jauh berbeda dengan manajemen pembiayaan pendidikan pada umumnya. 2) perolehan biaya pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor diperoleh dengan empat sumber dana. Pertama, diperoleh langsung dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang diambil setiap bulannya. Kedua, diperoleh dari swadaya masyarakat sekitar pondok melalui infaq dan wakaf. Ketiga, melalui pemerintah yaitu dana BOS yang diberikan setiap tahun. Keempat, dari hasil usaha pesantren yaitu melalui Koperasi Pondok Pesantren. <span lang="EN-US">3) hasil usaha Koperasi Pondok Pesantren seluruhnya dikelola oleh Pondok dan dialokasikan untuk kemajuan pendidikan di Pondok.</span></p> 2021-04-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/4144 Analisis Tingkat Keramahan Lingkungan Sekolah pada Sekolah Menengah Atas 2021-04-30T07:21:25+00:00 Gugun Gunadi gunaditea234@gmail.com Irman Suherman irmansuherman@unida.ac.id Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat keramahan lingkungan sekolah dengan instrument iklim sekolah ramah anak (ISRA) berdasarkan persepsi dan pengalaman siswa-siswa pada SMA di Kabupaten Bogor. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 157 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online menggunakan google formulir kepada siswa yang dipilih secara acak. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif untuk melihat karakteristik keramahan lingkungan sekolah dan tingkat keramahan lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keramahan lingkungan sekolah SMA di Kabupaten Bogor berada pada kategori tinggi. Keramahan lingkungan sekolah digambarkan dengan empat dimensi utama yaitu lingkungan yang aman bagi anak, dukungan guru, hubungan sosial individu dan suasana kekeluargaan di sekolah. Meski demikian, masih ada siswa yang merasa tidak nyaman karena bullying dan perlakuan diskriminasi dan ejekan selama di Sekolah. 2021-04-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID https://ojs.unida.ac.id/JTM/article/view/3512 Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah 2021-04-30T07:21:25+00:00 R.Siti Pupu Fauziah siti.pupu.fauziah@unida.ac.id Novi Maryani novi.maryani@unida.ac.id Ratna Wahyu Wulandari ratnawahyuwulandari@iainkediri.ac.id Penguatan pendidikan karakter merupakan program yang signifikan yang harus dterapkan di sekolah. Sekolah sebagai rumah kedua bukan hanya sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan <em>(transfer knowledge)</em> tetapi juga penanaman nilai karakter <em>(transfer of values</em>), sehingga mampu melahirkan peserta didik yang memiliki akhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan<em>. </em>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi penguatan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD Amaliah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). SD Amaliah telah menerapkan budaya sekolah secara optimal, memiliki prestasi akademik dan non-akademik, serta memiliki program khas penerapan pendidikan karakter, 2) Budaya sekolah di SD Amaliah memiliki peran strategis dalam mengembangkan karakter pada diri peserta didik. Keterbatasan penelitian ini masih belum menyeluruh mendeskripsikan tahapan budaya sekolah di SD Amaliah. Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu adanya nilai-nilai karakter berbasis Tauhid untuk diimplementasikan dalam budaya sekolah yang menjadi ciri khas SD Amaliah. 2021-04-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 TADBIR MUWAHHID