Manajemen Sekolah Dalam Pengembangan Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Rohimah Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta
  • Siti Nuri Nurhaidah Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta
  • Syarifah Soraya Universitas Islam As-Syafi’iyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12802

Keywords:

Menejemen sekolah, Sinergitas Guru, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Manajemen Sekolah dalam Pengembangan Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam merujuk pada usaha pengelolaan yang efektif dan efisien dalam aspek administratif, organisasional, dan kepemimpinan di SMA Budi Mulia Utama, Jakarta Timur. Tujuan utamanya adalah memperkuat kerjasama dan sinergi di antara para guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menitikberatkan perhatian pada peran manajemen sekolah dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi guru. Melalui studi kasus di Kecamatan Duren Sawit, penelitian ini mengidentifikasi sinergitas guru sebagai krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di SMA tersebut. Penelitian ini mengkaji peran manajemen sekolah dalam mengembangkan sinergitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Budi Mulia Utama, Jakarta Timur. Fokus utama penelitian mencakup pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi sinergitas guru, evaluasi implementasi kebijakan dan program manajemen sekolah yang mendukung sinergitas tersebut, serta identifikasi tantangan dan hambatan dalam meningkatkan kolaborasi di kalangan guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari solusi yang telah diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen digunakan untuk mengeksplorasi praktik manajemen yang mendukung tujuan sinergitas guru. Hasil penelitian menegaskan bahwa manajemen sekolah di SMA Budi Mulia Utama, Jakarta Timur, memainkan peran krusial dalam pengembangan sinergitas guru Pendidikan Agama Islam. Temuan menyoroti pentingnya faktor-faktor seperti komunikasi efektif, pengembangan profesionalisme, dan pemberdayaan guru sebagai pendorong utama terbentuknya sinergi di antara para pendidik. Meskipun dihadapi beberapa tantangan, penelitian ini juga mengidentifikasi solusi yang tepat dan berkelanjutan untuk mengatasi hambatan tersebut. Sebagai hasilnya, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman tentang efektivitas manajemen sekolah dalam mengelola sinergitas guru Pendidikan Agama Islam, dengan dampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di SMA Budi Mulia Utama dan memberikan panduan bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan kolaborasi di konteks pendidikan agama Islam

References

Akmal Hawi, Kompotensi Guru Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014), h. 19

Anjani, P., Rasmitadila, Maryani, N., & Muhammad Rendi Ramdhani. (2022). Pengaruh Peran Wali Kelas (Sebagai Pengganti Guru Bimbingan Konseling) Terhadap Disiplin Belajar Siswa. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(2), 155–166. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6470

Arifin Mohammad Barnawi Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru, (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2014), h.80

Dwiyono, Yudo, 2021. “ Perkembangan Peserta Didik “ ( Yogyakarta: CV Budi Utama ) hl.53 h. 75

Hasil obervasi peneliti pada 27 Maret 2023

Hasil wawancara peneliti kepada guru PAI pada 27 Maret 2023

Hasum,Anwar. 2018 . Pengembangan sekolah bermutu dan berkarakter ( Yogyakarta : CV. Bildung Nusantara ) h. 63

Larson, Heater. 2018. “ Anakku Beranjak Remaja “ ( Jakarta : BPK Gunung Mulia ) h.41.

Muhammad , Muntahibun, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2011), h. 61

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. 1, h. 6

Mulyasa, Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru, (Bandung:Pt Remaja Rosdakarya, 2013), h. 88

Nanang Fattah, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah, (Bandung: C.V. Pustaka Bani Quraisy, 2004), Cet. Ke-1, h. 11

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NO. 30, BN.2021/NO.1000, JDIH.KEMDIKBUD.GO.ID : 35 HLM

Ramdhan, Muhammad. 2021 “ Metode Penelitian “ ( Jakarta : Cipta Media Nustantara ) h.7

Rohimah, MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENANGANI SISWA UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI 30 KOTA BEKASI, Tahdzib Al-Akhlaq journal pendidikan Islam vol 6 No 2 , 2023 hal. 13

Rohimah, PENGARUH MENEJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK SISWA DI SMPNEGERI 39 KOTA BEKASI , SPEKTRA JOURNAL ILMU-ILMU SOSIALvol. 4 no. 1 2023, hal. 3

Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), Cet. Ke-3, h. 34

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013), h..47-54

Supriono Subakir dan Achmad Sapari, Manajemen Berbasis Sekolah, (Surabaya: SIC, 2001), h. 5

Syaripuddin, A. H., Abdurakhman, O., Suherman, I., & Syukri Indra. (2022). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Mts Ar-Ridho Sentul. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(2), 125–140. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6467

Tugimin. 2018. “Mengubah Krakter Peserta didik “ ( Palangkaraya : Pustaka Media Guru ) h.32

Wehelmina Lodia, Dkk, Manajemen Aset Daerah Provinsi Nusa Tengah Timur (Studi Kasus Kendaraan Dinas Operasional Milik Pemerintah Provinsi NTT), Jurnal Flobamora, 2 (01) (2018), h. 66

Yenti, Fitra. 2020. “ Membina Kecerdasan Spritual Siswa “ ( Surabaya : CV.Pustaka Media Guru )

Yossila.2018. “ Yuk Mengenal PIKR” . ( CV. Pustaka Media Guru ) h.37-38.

Yumnah, Siti, dkk. 2022. Sekolah Ramah Anak ( Kajian Teori dan Praktik ). ( Malang : CV Literasi Nusantara Abadi ) h. 64

Zakiah, Daradjat, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), Cet.5, h. 172

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Rohimah, Nurhaidah, S. N., & Soraya, S. (2024). Manajemen Sekolah Dalam Pengembangan Sinergitas Guru Pendidikan Agama Islam. TADBIR MUWAHHID, 8(1), 31–52. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12802
Abstract viewed = 3 times