MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER TAHFIDZ ENTREPRENEUR SYARIAH
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembentukan karakter tahfidz entrepreneur syariah di Pondok Pesantren Arrahman Quranic College Megamendung Bogor. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembentukan karakter tahfidz entrepreneur syariah di Pondok Pesantren Arrahman Quranic College Megamendung Bogor pendidikan kemandirian atau life skill dengan menggunakan metode pembelajaran yang diajarkan oleh pengajar yaitu model pentas. Model pentas merupakan model pembentukan karakter kewirausahaan yang dilakukan dengan peningkatan program kemandirian, dalam penerapannya menggunakan strategi pembentukan karakter kepercayaan diri sehingga semua santri diharapkan dapat mengembangkan ekonomi pesantren secara efektif dan efisien serta untuk bekal masa yang akan datang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
An-nur, A, S, & Mappaturi, A, B. 2012. Penerapan Prinsip Sustainable Development Pada Perniagaan Pondok Pesantren Entrepreneur. Jurnal Arsitektur Islam, 2(2), 82-87.
Daeng, Yusuf. 2019. Entrepreneur Yang Handal Mampu Memprediksi Risiko Management. Jurnal Prosending Nasional, 2, 2.65.1-2.65.5.
Ilmi, Makrifatul. 2019. Pengembangan Budaya Kewirausahaan Berbasis Syariah Dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Santri Pada Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Hikam (Mmh) Jombang. Jurnal Ekonomi Syariah 2(3), 78-95.
Hidayati, S. 2017. Pelatihan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Putri Taruna Al-Qur’an Yogyakarta Sebagai Wadah Pengembangan Potensi Santri. Jurnal Pendidikan Sosiologi.
Khairun, Nisa, 2018. “Keteladanan Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIS Hidayatullah Batang Kudus” [Skripsi]. Sumatera Utara (ID) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Raharjo, N, E. 2016. Model Pendidikan Karakter Kwirausahaan Melalui Unit Produksi dan Jasa Di SMKN 2 Pengasih. Jurnal JPTK, UNDIKSHA, Volume 13, No. 1. Halaman 98-110.
Syafe’i, I. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61-82.
Tilaar, H. A.R. 2012. Pengembangan Kreatifitas dan Entrepreneurship Dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Usniah, S & Alhifni, A. 2017. Karakteristik Entrepreneur Syariah Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bogor. Jurnal Syarikah, Volume 3, 371-390.
Wikangtyas, Suci Utam, et al. 2018. Pengetasan Kemiskinan: Model Membangun Motivasi Menjadi Pengusaha Ramah Lingkungan (Greens Entrepreneur). Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.
Wijayanti, M. 2020. “Analisis Tingkat Pengetahuan Wirausahawan Terhadap Keberhasilan Suatu Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam” [Skripsi]. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zulfitria. & Arif, Z, 2018. Membangun Kewirausahaan (Entrepreneurship) Qur’ani di Perguruan Tinggi. Jurnal Rausyan Fikr, 14(1), 143-154