MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER TAHFIDZ ENTREPRENEUR SYARIAH

Main Article Content

Mahpudin Hamdan
Tuti Kurnia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembentukan karakter tahfidz entrepreneur syariah di Pondok Pesantren Arrahman Quranic College Megamendung Bogor. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembentukan karakter tahfidz entrepreneur syariah di Pondok Pesantren Arrahman Quranic College Megamendung Bogor pendidikan kemandirian atau life skill dengan menggunakan metode pembelajaran yang diajarkan oleh pengajar yaitu model pentas. Model pentas merupakan model pembentukan karakter kewirausahaan yang dilakukan dengan peningkatan program kemandirian, dalam penerapannya menggunakan strategi pembentukan karakter kepercayaan diri sehingga semua santri diharapkan dapat mengembangkan ekonomi pesantren secara efektif dan efisien serta untuk bekal masa yang akan datang.

Article Details

How to Cite
Hamdan, M., & Kurnia, T. (2023). MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER TAHFIDZ ENTREPRENEUR SYARIAH. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 85–95. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7479
Section
Articles

References

An-nur, A, S, & Mappaturi, A, B. 2012. Penerapan Prinsip Sustainable Development Pada Perniagaan Pondok Pesantren Entrepreneur. Jurnal Arsitektur Islam, 2(2), 82-87.

Daeng, Yusuf. 2019. Entrepreneur Yang Handal Mampu Memprediksi Risiko Management. Jurnal Prosending Nasional, 2, 2.65.1-2.65.5.

Ilmi, Makrifatul. 2019. Pengembangan Budaya Kewirausahaan Berbasis Syariah Dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Santri Pada Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Hikam (Mmh) Jombang. Jurnal Ekonomi Syariah 2(3), 78-95.

Hidayati, S. 2017. Pelatihan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Putri Taruna Al-Qur’an Yogyakarta Sebagai Wadah Pengembangan Potensi Santri. Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Khairun, Nisa, 2018. “Keteladanan Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Siswa di MIS Hidayatullah Batang Kudus” [Skripsi]. Sumatera Utara (ID) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Raharjo, N, E. 2016. Model Pendidikan Karakter Kwirausahaan Melalui Unit Produksi dan Jasa Di SMKN 2 Pengasih. Jurnal JPTK, UNDIKSHA, Volume 13, No. 1. Halaman 98-110.

Syafe’i, I. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 61-82.

Tilaar, H. A.R. 2012. Pengembangan Kreatifitas dan Entrepreneurship Dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Usniah, S & Alhifni, A. 2017. Karakteristik Entrepreneur Syariah Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bogor. Jurnal Syarikah, Volume 3, 371-390.

Wikangtyas, Suci Utam, et al. 2018. Pengetasan Kemiskinan: Model Membangun Motivasi Menjadi Pengusaha Ramah Lingkungan (Greens Entrepreneur). Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha.

Wijayanti, M. 2020. “Analisis Tingkat Pengetahuan Wirausahawan Terhadap Keberhasilan Suatu Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam” [Skripsi]. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zulfitria. & Arif, Z, 2018. Membangun Kewirausahaan (Entrepreneurship) Qur’ani di Perguruan Tinggi. Jurnal Rausyan Fikr, 14(1), 143-154