KRITERIA FISABILILLAH DI LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT INDONESIA

Main Article Content

Fiena Nafirul Ummah
Tuti Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria fisabilillah di lembaga pengelola zakat Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyaluran dana zakat yang dilakukan oleh lembaga pengelola zakat di Indonesia yang lebih banyak dialokasikan untuk beberapa golongan. Oleh sebab itu diperlukan analisis tentang kriteria fisabilillah dan kesesuaian kriteria fisabilillah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analytic hierarki prosses (AHP). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian mendapati bahwa tiga lembaga pengelola zakat, dana zakat yang didistribusikan kepada golongan fisabilillah adalah untuk para dai yang menyebarkan Islam, untuk beasiswa bagi para pelajar, dan untuk kemaslahatan umum umat muslim. Kriteria kesesuaian mustahik golongan fisabilillah sudah sesuai dengan kriteria menurut syariat Islam.

Article Details

How to Cite
Ummah, F. N., & Kurnia, T. (2020). KRITERIA FISABILILLAH DI LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT INDONESIA. urnal yarikah urnal konomi slam, 6(1), 83–103. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i1.2466
Section
Articles
Author Biography

Fiena Nafirul Ummah, Universitas Djuanda Bogor

Ekonomi Islam

References

Ahmad, Muhammad. 1996. Hasyiah al- Dasuqi. Jilid III. Beirut: Dar al-Fikr.
Al- Malibari, Zain Al Din. Fath al-Muin. Juz II. Indonesiaa: Toha Putra Semarang
Al-Sarakhshi, Syam al-Din. 1993. Al-Mabsuth. Juz III. Beirut: Dar al-Fikr.
Al-Utsaimin, Syaikh Muhammad Shalih. 2012. Enseklopedi Zakat. Pustaka As-Sunnah.
An-Nabahi, Taqyuddin. 1996. Membangun Sistem Ekonomi Alternatif; Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti.
Atsir, Ibnu. 2011. An-Nihayah Fi Gharib Al-Hadits, Beirut: Darul Kutub.
Dahlan, Abdul Azis. 2001. Enseklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoever.
Mukhlisin. 2009. “Pendistribusian Dana Zakat Untuk Pemberdayaan ekonomi masyarakat pada Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) kab. Karawang”. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nasution, Lahmuddin. 1987. Fiqh I. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Qardawi, Yusuf. 2011. Hukum Zakat. Jakarta: Litera AntarNusa.
Qudamah, Ibnu. 1997. Al-Mughni. Juz I Mekkah Mukarramah. Dar al-Baz.
Rofingah, Siti. 2006. “Analisis Pendapat Yusuf Qardhawi tentang konsep Fisabillah dalam zakat”. Skripsi. Program studi muamalah. Fakultas Syariah. IAIN Walisongo. Semarang.
Sa’roni, Machmud. 2004. “Redifinisi Fisabillah sebagai mustahik zakat, relevansinya dengan masa sekarang”. Skripsi. Program studi Al-Ahwal Al-Syakhsiyah. Fakultas Syariah. IAIN Walisongo. Semarang.
Sholikhah, Mar’atus. 2009. “Hukum Zakat Yang Di Tasharufkan Pada Masjid (Hasil Bahtsul Masail NU Wilayah Jawa Timur Pada Tanggal 26 – 27 Agustus 1981)”. Skripsi. Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhsiyah. Fakultas Syariah. IAIN Walisongo. Semarang.