ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP WAKAF TUNAI

Main Article Content

Rahmi Putri Handayani
Tuti Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Bogor terhadap wakaf tunai. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel pengetahuan, minat, dan media informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis diskriminan. Berdasarkan hasil analisis yang dikelompokkan berdasarkan pekerjaan dan persepsi mengenai wakaf tunai, maka dari kelompok pekerjaan dapat disimpulkan bahwa faktor yang membedakan persepsi masyarakat adalah faktor minat, dengan fungsi diskriminan Zi= 1.0 Minat. Sedangkan berdasarkan pengelompokkan persepsi mengenai wakaf tunai faktor yang membedakan persepsi masyarakat adalah faktor pengetahuan dan media informasi. Dengan persamaan fungsi diskriminannya Zi = 1.009 pengetahuan+0,228 minat+ 0,36 media informasi
Kata Kunci: persepsi, wakaf, variabel pengetahuan, minat, dan media informasi

Article Details

How to Cite
Handayani, R. P., & Kurnia, T. (2015). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP WAKAF TUNAI. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 1(2). https://doi.org/10.30997/jsei.v1i2.256
Section
Articles

References

Arif, Syafrudin. Wakaf Tunai sebagai Alternatif Mekanisme Redistribusi Keuangan Islam, Jurnal Ekonomi Islam La_Riba, volume IV no 1, Juli 2010.
BWI, unduh, Peraturan BWI No. 1 Tahun 2009, pasal 1.3
BWI. Unduh, Laporan Pengelolaan wakaf tunai Badan Wakaf Indonesia periode 31 Desember 2007 s/d 31 Desember 2011.
Departemen Agama, Undang-Undang No.41 tahun 2004 tentang Wakaf. Direktorat Jenderal Masyarakat Islam tahun 2007
DNA berita, Soal Pengelolaan Wakaf Yang Tertinggal 20 Tahun Dari Negara Lain. Online. http://www.dnaberita.com/berita-68005-soal-pengelolaan-wakaf-indonesia-tertinggal-20-tahun-dari-negara-lain.html
Efrizon A, 2008, Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang wakaf uang di kecamatan Rawalumbu Bekasi, Tesis pada fakultas Universitas Indonesia pasca sarjana, UI, Jakarta.
Engel, James F, dkk, 1994, perilaku konsumen, Binarupa Aksara, Jakarta
Fanani, Muhyar. Wakaf Uang Untuk Kesejahteraan Ummat, materi Studium General Fak. Syariah, IAIN Surakarta, Kamis, 29 September 2011.
Fauzia, Amelia, Dr., Fenomena Masjid di atas Tanah Bukan Wakaf: Sebuah Kajian Empiris (2). Artikel BWI. tgl Selasa, 17 Juli 2012
Mannan., MA., Pro. Dr. Sertifikat Wakaf Tunai, sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam., CIBER dan PKTTI UI, Terjemahan.
Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, Ghalia, Jakarta, 1983
Nazar, Ahmad, 2011, Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi wakif tentang wakaf uang: studi kasus pada nazhir Badan Wakaf Indonesia, Tesis pada fakultas Universitas Indonesia pasca sarjana, UI, Jakarta.
Qahaf, Mundzir, Dr., 2005, Manajemen Wakaf Produktif. Khalifa, Jakarta Timur.
Ramdhani, Hasan Slamet, 2011, Skripsi. Studi Sosial Ekonomi dan persepsi Masyarakat Terhadap CSR perusahaan Hutan Tanaman Industri. Fakultas Kehutanan, IPB
Ruslan, Heri. Inilah Awal Mula Sejarah Wakaf. Republika Online. Senin 5 Maret 2012.
Sudarsono, Heri., 2007, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Ekonisia. Yogyakarta.
Suliyanto, 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor
Tim penulis, 2006, Pedoman Pengelolaan Dan Pengmbangan Wakaf.
Departemen Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama RI. Jakarta.
Tim penulis,2006, Paradigma Baru Wakaf Di Indonesia, Departemen Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama RI. Jakarta
Tim penulis, 2010, Konsep Minat. Dalam website Wordpress.com. http://creasoft. wordpress.com / 2010/03/18/ konsep-minat/ Tohirin, Achmad. Kontribusi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia. Simposium Nasional I, Sistem Ekonomi Islam. P3EI-FEUII. Yogyakarta, 13-14 Maret 2002.