ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BOGOR TERHADAP WAKAF TUNAI

Rahmi Putri Handayani, Tuti Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Bogor terhadap wakaf tunai. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel pengetahuan, minat, dan media informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis diskriminan. Berdasarkan hasil analisis yang dikelompokkan berdasarkan pekerjaan dan persepsi mengenai wakaf tunai, maka dari kelompok pekerjaan dapat disimpulkan bahwa faktor yang membedakan persepsi masyarakat adalah faktor minat, dengan fungsi diskriminan Zi= 1.0 Minat. Sedangkan berdasarkan pengelompokkan persepsi mengenai wakaf tunai faktor yang membedakan persepsi masyarakat adalah faktor pengetahuan dan media informasi. Dengan persamaan fungsi diskriminannya Zi = 1.009 pengetahuan+0,228 minat+ 0,36 media informasi
Kata Kunci: persepsi, wakaf, variabel pengetahuan, minat, dan media informasi

Full Text:

PDF

References

Arif, Syafrudin. Wakaf Tunai sebagai Alternatif Mekanisme Redistribusi Keuangan Islam, Jurnal Ekonomi Islam La_Riba, volume IV no 1, Juli 2010.

BWI, unduh, Peraturan BWI No. 1 Tahun 2009, pasal 1.3

BWI. Unduh, Laporan Pengelolaan wakaf tunai Badan Wakaf Indonesia periode 31 Desember 2007 s/d 31 Desember 2011.

Departemen Agama, Undang-Undang No.41 tahun 2004 tentang Wakaf. Direktorat Jenderal Masyarakat Islam tahun 2007

DNA berita, Soal Pengelolaan Wakaf Yang Tertinggal 20 Tahun Dari Negara Lain. Online. http://www.dnaberita.com/berita-68005-soal-pengelolaan-wakaf-indonesia-tertinggal-20-tahun-dari-negara-lain.html

Efrizon A, 2008, Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang wakaf uang di kecamatan Rawalumbu Bekasi, Tesis pada fakultas Universitas Indonesia pasca sarjana, UI, Jakarta.

Engel, James F, dkk, 1994, perilaku konsumen, Binarupa Aksara, Jakarta

Fanani, Muhyar. Wakaf Uang Untuk Kesejahteraan Ummat, materi Studium General Fak. Syariah, IAIN Surakarta, Kamis, 29 September 2011.

Fauzia, Amelia, Dr., Fenomena Masjid di atas Tanah Bukan Wakaf: Sebuah Kajian Empiris (2). Artikel BWI. tgl Selasa, 17 Juli 2012

Mannan., MA., Pro. Dr. Sertifikat Wakaf Tunai, sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam., CIBER dan PKTTI UI, Terjemahan.

Moh. Nazir, Ph.D, Metode Penelitian, Ghalia, Jakarta, 1983

Nazar, Ahmad, 2011, Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi wakif tentang wakaf uang: studi kasus pada nazhir Badan Wakaf Indonesia, Tesis pada fakultas Universitas Indonesia pasca sarjana, UI, Jakarta.

Qahaf, Mundzir, Dr., 2005, Manajemen Wakaf Produktif. Khalifa, Jakarta Timur.

Ramdhani, Hasan Slamet, 2011, Skripsi. Studi Sosial Ekonomi dan persepsi Masyarakat Terhadap CSR perusahaan Hutan Tanaman Industri. Fakultas Kehutanan, IPB

Ruslan, Heri. Inilah Awal Mula Sejarah Wakaf. Republika Online. Senin 5 Maret 2012.

Sudarsono, Heri., 2007, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Ekonisia. Yogyakarta.

Suliyanto, 2005, Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor

Tim penulis, 2006, Pedoman Pengelolaan Dan Pengmbangan Wakaf.

Departemen Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama RI. Jakarta.

Tim penulis,2006, Paradigma Baru Wakaf Di Indonesia, Departemen Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama RI. Jakarta

Tim penulis, 2010, Konsep Minat. Dalam website Wordpress.com. http://creasoft. wordpress.com / 2010/03/18/ konsep-minat/ Tohirin, Achmad. Kontribusi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia. Simposium Nasional I, Sistem Ekonomi Islam. P3EI-FEUII. Yogyakarta, 13-14 Maret 2002.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.