PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI SYARIAH, KUALITAS PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF SHARIA VALUES, SERVICE QUALITY AND PRODUCT EXCELLENCE ON CUSTOMER SATISFACTION OF SHARIA BANK

Main Article Content

Siti Nurlaila
Adi Rahmannur Ibnu
Miftahul Khoir

Abstract

Persaingan antar bank di Indonesia semakin ketat, ditunjukan dengan munculnya banyak bank pemerintah/negeri ataupun swasta dengan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Hal ini menyebabkan para pesaing bisnis berusaha terus meningkatkan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini untuk meliat pengaruh nilai-nilai syariah, kualitas pelayanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa nilai-nilai syariah, kualitas pelayanan dan keunggulan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia, dan terdapat pengaruh secara simultan nilai-nilai syariah, kualitas pelayanan, dan keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Article Details

How to Cite
Nurlaila, S., Ibnu, A. R., & Khoir, M. (2022). PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI SYARIAH, KUALITAS PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH: THE INFLUENCE OF THE IMPLEMENTATION OF SHARIA VALUES, SERVICE QUALITY AND PRODUCT EXCELLENCE ON CUSTOMER SATISFACTION OF SHARIA BANK. ISBAH: urnal erbankan yariah, 8(2), 156–167. https://doi.org/10.30997/jn.v8i2.5108
Section
Articles

References

Buku

Abror, Abd. Rachman. 2009. Pantun Melayu Titik Temu Islam dan Budaya Lokal Nusantara. Cet.1. LkiS Yogyakarta.Yogyakarta.

Anshori, Abdul Ghofur. 2018. Perbankan Syariah Di Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Dahruji, 2017. Statistik. Duta Media Publishing. Lekoh Barat.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Deepublish. Sleman.

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa : (Strategi, Mengukur Kepusssasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. Sleman.

Haryanto, Rudy. 2020. Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). Duta Media Publishing. Lekoh Barat.

Hulu, Victor Trismanajaya dan Taruli Rohana Sinaga. 2019. Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal: Sebuah Pengantar Untuk Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Karim, Kurniati. 2020. Aspek Kepuasan Nasabah Berdasarkan Kualitas Jasa Perbankan. CV. Jakad Media Publishing. Surabaya.

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Edisi Revisi. Kencana. Jakarta.

Kristian dan Yopi Gunawan. 2018. Tindak Pidana Perbankan Dalam Proses Peradilan Di Indonesia. Edisi Pertama. Kencana. Jakarta.

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Cetakan Pertama. Deepublish. Yogyakarta.

Purnomo, Rocmat Aldy. 2017. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. CV. WADE GROUP bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press. Ponorogo.

Seran, sirilius. 2020. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Grup Penerbit CV Budi Utama. Yogyakarta.

Setyawan, Febri Endra Budi. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Cetakan Pertama. Zifatama Jawara. Sidoarjo.

Sulasih. Sardjana Orba Manullang, Bonaraja Purba, Mardia Pratiwi Bernadetta Purba, Nina Mistriani, Janner Simarmata, Idah Kusuma Dewi, Hasdiana S, Irdawati, Muhammad Fitri Rahmadana. 2021. Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Wahyuni, Sri. 2019. Perbankan Syariah: Pendekatan Penilaian Kinerja. Penerbit Qiara Media. Pasuruan.

Wulandari, Ririn dan Fikri Aulawi Rusmahafi. 2020. Membidik Bank Nasabah Syariah. Cetakan Pertama.CV. Nas Media Pustaka. Yogyakarta.

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Jurnal

Marimin A, AH Romdhoni, dan TN Fitria. 2015. Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 01, No.02.

Nurika, Y., & Aziz, I. A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, Dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada Pt. Bsi Kuala Tungkal, Jambi): Analysis Of The Effect Of Promotion, Product Excellence, And Application Of Sharia Values On People’s Savings Interest (Study At Pt. Bsi Kuala Tungkal, Jambi). NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 7(2), 98–105. https://doi.org/10.30997/jn.v7i2.4433

Safrizal dan Muhajir. 2016. Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. Vol. 5, No. 2.

Santosa, Sigit dan Purnama Putri Luthfiyyah. 2020. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Gamefield Hongkong Limited. Jurnal Bisnis dan Pemasaran. Vol. 10, No.1.

Widialoka W, AR Hidayat, Azib. 2016. Analisis Pengaruh Kepatuhan Syariah (Shariah Compliance) terhadap Dana Pihak Ketiga pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode Tahun 2010-2015. Vol.2, No.2.

Wulpiah. 2017. Urgensi Penerapan Kepatuhan Syariah Pada Perbankan Syariah (Telaah Konseptual-Analitis). Asy-Syari`iyyah: Jurnal Ilmu Syariah dan Perbankan Islam. Vol. 2, No.1.

Skripsi

Exmawati, Septiana Dwi. 2014. Pengaruh Pelayanan dan Keunggulan Produk terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Muamalat Tulungagung. Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Muslikhatun. 2015. Pengaruh Keunggulan Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Anggota Dalam Menggunakan Produk Simpanan Sukarela Lancar Di BMT Puspa Bulu Semarang. Skripsi. Program Studi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Tesis

Munawaroh. 2016. Penerapan Nilai-Nilai Islam pada Bank Syariah dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Medan). Tesis. Program Studi Ekonomi Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara, Medan.

Internet

www.ojk.go.id