ANALISIS PENGARUH MERGER BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH DILUAR PENGGUNA BSI ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE MERGER OF INDONESIAN SHARIA BANKS (BSI) ON THE SWITCHING BEHAVIOR OF CUSTOMERS OUTSIDE OF BSI USERS

Main Article Content

Hanna Pertiwi
Adi Rahmannur Ibnu
Agung Al Asyary

Abstract

Merger telah menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Berita mengenai penggabungan atau merger adalah hal penting dalam industri keuangan. Bergabungnya 3 (tiga) Bank Syariah semakin membuat masyarakat memperhitungkan keberadaan Bank Syariah di Indonesia. Hal tersebut dapat membuat terjadinya switching behavior khususnya bagi nasabah diluar pengguna Bank Syariah Indonesia (kemudian disebut BSI). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh merger Bank Syariah Indonesia terhadap Switching Behavior nasabah diluar pengguna BSI yang ada disekitar Kabupaten Bogor. Penelitian kuantitatif adalah metode yang diterapkan dalam penelitian ini. Responden sebagai populasi penelitian yaitu nasabah diluar pengguna BSI (sebelumnya BRI, BNIS dan BSM) baik itu pengguna bank konvensional maupun bank syariah. Pengambilan sampel yaitu dengan teknik Non Probability Sampling. Data dikumpulkan dengan penggunaan kuesioner di google form. Analisis data penelitian ini untuk menguji pengaruh antara variabel X dengan variabel Y serta mengetahui korelasi antar keduanya dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Sederhana dan Uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh merger berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah diluar pengguna BSI memiliki peluang yang baik untuk berpindah dimasa sekarang ataupun diwaktu mendatang. Dalam penelitian ini disarankan bahwa penting bagi manajemen untuk memperhatikan perilaku berpindah nasabah Karena hal ini akan berpengaruh terhadap target jumlah peningkatan nasabah yang ingin dicapai oleh bank.

Article Details

How to Cite
Pertiwi, H., Ibnu, A. R., & Asyary, A. A. (2021). ANALISIS PENGARUH MERGER BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH DILUAR PENGGUNA BSI: ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE MERGER OF INDONESIAN SHARIA BANKS (BSI) ON THE SWITCHING BEHAVIOR OF CUSTOMERS OUTSIDE OF BSI USERS. NISBAH: Jurnal Perbanka Syariah, 7(2), 92–97. https://doi.org/10.30997/jn.v7i2.4492
Section
Articles

References

Alawiyah, D. S., & Andri Brawijaya. (2016). Persepsi Masyarakat Mengenai Kemitraan Bank Syariah Terhadap Reputasi Bank Syariah. Jurnal Nisbah, Vol.2.

Alhusain, A. S. (2021). Bank Syariah Indonesia: Tantangan Dan Strategi Dalam Mendorong Perekonomian Nasional. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, Vol. XIII (3).

Atikah, I., Maimunah, M., & Zainuddin, F. (2021). Penguatan Merger Bank Syariah BUMN Dan Dampaknya Dalam Stabilitas Perekonomian Negara. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol.8(2).

E, J. M., & Sadli, H. (1990). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.