EFEKTIVITAS KEGIATAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BOGOR DAN CITRA HUMAS DIMATA PUBLIK EKSTERNAL

Main Article Content

F. Adriani
Ike Atikah Ratnamulyani
Agustini Agustini

Abstract

Efektivitas merupakan pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan. Efektivitas kegiatan Humas dapat dilihat dari kegiatan dan program-prograam Humas yang telah di jalankan. Program Humas yang berhasil melibatkan tiga faktor: kebijaksanaan, pelaksanaan kebijaksanaan tersebut, dan intrepretasi secara peka mengenai peristiwa-peristiwa yang berdasarkan pada komunikasi dua arah. Kegiatan-kegiatan Humas merupakan upaya-upaya Humas untuk mendapatkan citra yang baik dimata masyarakat eksternal. Citra merupakan sasaran utama Humas, setiap kegiatan yang dilakukan oleh Humas untuk mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan Humas yang efektif di pemerintahan sangat diperlukan karena Humas pemerintahan merupakan ujung tombak dalam kelangsungan jalannya pemerintahan dalam menghadapi aspirasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan Humas pemerintah Kota Bogor, mengetahui bagaimana citra Humas pemerintah Kota Bogor dimata publik eksternal, dan mengetahui hubungan antara efektivitas kegiatan Humas dengan citra Humas. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Korelasional. Metode korelasional sebenarnya kelanjutan dari metode deskriptif. Dengan metode deskriptif, kita menghimpun data, menyusunnya secara sistematis, faktual dan cermat (Isaac dan Michael,1981). Penelitian ini dilaksanakan dari 11 April 2012 hingga 11 Juni 2012 dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus WMS (weigh mean score) menurut Bakrei Siregar untuk mengetahui jawaban dari responden. Untuk mentukan kriteria penilaian menggunakan skala Likert. Sedangkan untuk mencari hubungan menggunakan rumus Sperman Rank. Hasil penelitian menunjukan : pertama, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Humas selama ini sudah efektif, khususnya kegiatan dokumentasi. Kedua, Humas berhasil membentuk citra yang positif kepada publik eksternal, ketiga, efektivitas Humas yang baik berhasil menumbuhkan citra yang baik dimata publik eksternal.
Kata kunci : efektivitas, citra, korelasional

Article Details

How to Cite
Adriani, F., Ratnamulyani, I. A., & Agustini, A. (2017). EFEKTIVITAS KEGIATAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BOGOR DAN CITRA HUMAS DIMATA PUBLIK EKSTERNAL. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.201
Section
Articles

References

Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana ]emerson.1996. Manajeman Efektivitas, Bandung : Rosdakarya.
Jefkins, Frank. 1996. Public Relations. Penerjemah: Haris Munandar. Jakarta. Erlangga.
Hasan, Erliana. 2005. Komunikasi Pemerintahan. Bandung : Rafika Aditama Moore, Frazier. 2004. Humas Membangun Citra Dengan Reputasi, Bandung : Rosdakarya.
Seidel, J.C. 2001. Dasar-dasar Public Relation. Bandung : Rosdakarya Siregar, Bakri.1993. Metode Riset Sosial.Jakarta. CV Kurnia Tim Fokusmedia, 2007. Organisasi Perangkat Daerah. Bandung : Fokusmedia.
Widjaja, H.A.W. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>