HUBUNGAN ANTARA STEREOTIPE DENGAN PRASANGKA MASYARAKAT PRIBUMI PADA IMIGRAN DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DI CISARUA BOGOR

Main Article Content

EN Aeni
Sukarelawati Sukarelawati
Agustini Agustini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara stereotipe dengan prasangka masyarakat pribumi pada imigran dalam interaksi antar budaya di cisarua Bogor. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan bantuan angket. Terdapat 78 responden dalam penelitian ini, yaitu masyarakat pribumi di Desa Batulayang, Cisarua Bogor. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Data dari hasil angket selanjutnya di masukkan ke dalam tabulasi analisis secara manual dan selanjutnya dihitung dengan menggunakan range spearman pada SPSS 18. Setelah dikorelasikan, hasil dari analisa data diperoleh r xy sebesar 0,220 yang menunjukkan hubungan yang lemah. Saran yang dapat diberikan kepada masyarakat pribumi dan imigran adalah diharapkan Untuk terbentuknya stereotipe dengan prasangka masyarakat pribumi yang positif pada imigran, maka masyarakat pribumi melakukan pembelajaran pada perbedaan budaya dan sistem nilai dari keduanya secara terus-menerus, sehingga dapat terminimalisir kesenjangan pada hubungan keduanya.
Kata kunci: Stereotipe, prasangka, interaksi antar budaya, imigran

Article Details

How to Cite
Aeni, E., Sukarelawati, S., & Agustini, A. (2017). HUBUNGAN ANTARA STEREOTIPE DENGAN PRASANGKA MASYARAKAT PRIBUMI PADA IMIGRAN DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA DI CISARUA BOGOR. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.205
Section
Articles

References

Andersen, L Margareth & Tayor, F. Howard. 2006. Sosiology: Understanding a Diverse Society, Fourth Edition.
Belmont: Thomson Wadsworth Banoe, Pono. 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni. Yogyakarta: Kanisus.
Henslin, M. James. 2015. Essentials of Sosiology 11th Edition. New Jersey: Person Education, Inc,.
Hornby, A.S & Cowie, A.P. 2007. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English Hardcover. Oxford: Oxford University Press.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta Liliweri, Alo. 2007. Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: LkiS.
Martin, A. Elizabeth & Law, Jonathan. 2009. A Dictionary of Law (Oxford Paperback Reference).
Aylesbury: Market House Books. Maryati, Kun & Suryawati, Juju. 2006. Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Esis.
Mulyana, Deddy. 2005. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samovar, A. Larry, Porter, E. Richard, McDaniel, Edwin R. 2010. Komunikasi Lintas Budaya, Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.
Santoso, M. Imam. 2005. Perspektif Imigrasi dalam Pembangunan Ekonomi dan Ketahanan Nasional. Jakarta: UI Press.
Sihabudin, Ahmad. 2007. Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif MultiDimensi. Serang: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP-Untirta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Susetyo, D.P Budi. 2010. Stereotipe dan Relasi Antar Kelompok. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ruhimat, Mamat, Kosim & Supriatna, Nana. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, ekonomi). Bandung: Grafindo Media Pratama.
Media Online:
http://www.unhcr.or.id/id/ http://jrs.or.id/
http://muhammadalvisyahrin.blogspot.com/2 014/07/indonesia-darurat-imigranilegal.html . Indonesia Darurat Imigran Ilegal. Diakses pada minggu 20 juli 2014 pukul 21:36.
http://kucingracing.blogspot.com/2013/03/no rmal-0-false-false-false-in-x-none-x.html Makalah Imigran Gelap di Indonesia. Diakses pada sabtu 16 maret 2013 pukul 01.36.
(http://heibogor.com/detail/6962-KecamatanCisarua-Minta-Imigran-Dilokalisasi Kecamatan Cisarua Minta Imigran Dilokalisasi. diakses pada Kamis 11 Desember 2014 pukul 17:15.
http://almachaniago.blogspot.com/2013/03/i nteraksi-sosial-memunculkanberbagai.html Interaksi Sosial Memunculkan Berbagai Corak Stereotipe dan Prasangka yang Berakibat Adanya Diskriminasi. Diakses pada 2 Maret 2013 pukul 12:34
http://www.kabarpublik.com/2012/05/warga -puncak-tolak-imigran/ Warga Puncak Tolak Imigran. Diakses pada 15 Mei 2011

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>