Pangan Halal dan Perilaku Higienis Dalam Kuliner: Pendekatan Filosofis

Main Article Content

Widjajanti Widjajanti
Siti Irma Rahmawati

Abstract

Hygiene dan Sanitasi dalam menyajikan makanan menjadi hal yang penting dalam menghasilkan pangan yang bermutu dan layak dikonsumsi. Perkembangan kuliner/pangan yang begitu cepat dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi mendorong masyarakat untuk membuka usaha dibidang pangan. Perkembangan kuliner seharusnya diikuti dengan perkembangan pengetahuan terkait hygiene dan sanitasi. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya prilaku hygiene sanitasi pelaku usaha pangan di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Metodelogi yang digunakan adalah Fenomenalogis dengan metode Penelitian observasional mengenai masalah aktual yang terjadi yang berkaitan dengan peran ilmu dan teknologi pangan dengan mengumpulkan permasalahan yang ada. Pengamatan dilakukan terhadap 25 pelaku usaha pangan di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif yang disajikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukan adanya ketidaksesuaian sebesar 92% pelaku usaha tidak mencuci tangan sebelum menyajikan makanan, 80% pelaku usaha tidak menggunakan masker/mengobrol saat menyajikan makanan, serta 68% pelaku usaha memiliki kuku panjang/kotor dalam menyajikan makanan. Ketiga ketidaksesuain tersebut tergolong dalam hygine sanitasi personal. Perlu mendapat perhatian berbagai elemen terutama yang terkait dengan pengeluaran izin usaha pangan lebih dititik beratkan mengenai Hygiene dan sanitasi personal yang diberikan terlebih dahulu sebelum izin usaha tersebut dikeluarkan. Penyebarluasan informasi terkait hygiene dan sanitasi ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah, lembaga pendidikan dan juga masyarakat.

Article Details

How to Cite
Widjajanti, W., & Rahmawati, S. I. . (2021). Pangan Halal dan Perilaku Higienis Dalam Kuliner: Pendekatan Filosofis. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 21–25. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9706
Section
Articles

References

Anwar, K., Navianti, D., & Rusilah, S. (2020). Perilaku Hygiene Sanitasi Penjamah Makanan Di Rumah Makan Padang Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmat Kota Palembang. Jurnal Dunia Kesmas, 9(4), 512–520. https://doi.org/10.33024/jdk.v9i4.3302

A.Wawan & Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusi.Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika

BPS. (2020). Statistik Penyedia Makan dan Minum (Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi (ed.); 06300.2209). Badan Pusat Statistik Indonesia. https://doi.org/8204008

Devi Wasanti, N. K. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Higiene Sanitasi Berdasarkan Karakteristik Penjamah Makanan di Hotel The Jayakarta Bali. Poltekes Denpasar.

Jumiono, A., & Rahmawati, S. I. (2020). Kriteria Sertifikasi Halal Barang Gunaan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 2(1), 10-16.

Pantiyasa, I Wayan, 2013, Metode Penelitian, Yogyakarta, Penerbit : CV. Andi Offset

Sukabumi, B. K. (2020). Kabupaten Sukabumi Dalam Angka (B. K. Sukabumi (ed.); 32020th–2201st ed.). BPS Kabupaten Sukabumi. https://doi.org/1102001.3202

Yasmin G, Madanijah S. Perilaku Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Terkait Gizi dan Keamanan Pangan di Jakarta dan Sukabumi. Jurnal Gizi dan Pangan. 2010;5(3):148–157