Filosofi Ilmu Pengetahuan Dilihat Dari Prespektif Profesionalisme Dunia Kerja

Main Article Content

Desi Tirtawati
Ali Fulazzaky

Abstract

Ilmu pengetahuan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari filsafat. Ilmu pengetahuan mencakup tiga hal yaitu rasionalitas, menyeluruh dan mendasar. Dalam dunia kerja penerapan ilmu pengetahuan sering dikaitkan dengan istilah profesionalisme dimana saat ini profesionalisme sering dinilai berdasarkan sertifikasi kompetensi yang dimliki oleh pekerja. Sejauh mana pentingnya kompetensi dalam menilai profesionalitas seorang pekerja dapat dilihat dari sejauh mana seorang pekerja mampu untuk menerapkan tiga unsur profesionalisme yaitu knowledge, skill, integrity yang dilandasi dengan iman yang teguh, pandai untuk bersyukur dan kemauan untuk belajar secara terus menerus.  Seorang pekerja yang yang baik memiliki pemahamam maupun penguasaan terhadap ilmu pengetahuan yang luas, tidak hanya berdasarkan pada satu kompetensi keilmuan saja, dan mampu bekerja dengan profesional. Pada hakikatnya ilmu pengetahuan terus berkembang sesuai dengan zaman.  Profesionalisme tanpa didasari oleh pemahaman akan  ilmu pengetahuan sama halnya dengan sesorang bekerja tanpa tujuan, apa yang mau diperoleh dari hasil pekerjaan yang dilakukan serta apa dampak yang dapat dirasakan oleh orang lain yang menerima pekerjaan kita. Karena itu, bekerja bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban tetapi lebih pada pengamalan ilmu pengetahuan yang kita miliki untuk bisa memberikan dampak yang baik bagi orang lain yaitu masyarakat yang menerima hasil dari pekerjaan kita.

Article Details

How to Cite
Tirtawati, D. ., & Fulazzaky, A. . (2021). Filosofi Ilmu Pengetahuan Dilihat Dari Prespektif Profesionalisme Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9694
Section
Articles

References

Dananjaya, I.B.M.S.W. and Tirta, I.M.D., 2021. TANTANGAN FILOSOFIS PENDIDIKAN (MEMAHAMI ANCAMAN LINEARITAS PENDIDIKAN MODERN). Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), pp.135-143.

Fadli, M.R., 2021. Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), pp.130-161.

Jumiono, A., & Rahmawati, S. I. (2020). Kriteria Sertifikasi Halal Barang Gunaan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 2(1), 10-16.

Rofiq, M.N., 2018. Peranan filsafat ilmu bagi perkembangan ilmu pengetahuan. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), pp.161-175.

Batubara, J., 2017. Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), pp.95-107.