ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR JENIS ANGKUTAN BARANG

Authors

  • Adinda Ayu Utami Universitas Djuanda
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.3042

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Dinas Perhubungan Kota Bogor.

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Bogor merupakan suatu organisasi yang berfungsi untuk menyelenggarakan pelayanan publik di bidang lalu lintas angkutan jalan. Salah satu program Dinas Perhubungan Kota Bogor adalah pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Bogor, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Bogor, dan (3) untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang. Teori yang digunakan dalam menganalisis kualitas pelayanan adalah teori kualitas pelayanan Parasuraman, yang mencakup 5 dimensi, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dimensi tangibles memperoleh skor 4,35 yang dikategorikan sangat baik. Dimensi reliability memperoleh skor 4,12 yang dikategorikan baik. Dimensi responsiveness memperoleh skor 4,51 yang dikategorikan sangat baik. Dimensi assurance memperoleh skor 4,30 yang dikategorikan sangat baik. Dimensi empathy memperoleh skor 4,28 yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang Dinas Perhubungan Kota Bogor secara umum memperoleh skor 4,31 yang dikategorikan sangat baik.

Author Biographies

Adinda Ayu Utami, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Denny Hernawan, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Irma Purnamasari, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Buku
Budiarto, Diani; Krisna, Eri & Seran, G. Goris. (2005). Perspektif Pemerintahan Daerah: Otonomi, Birokrasi, dan Pelayanan Publik. Bogor: Penerbit FISIP Universitas Djuanda.
Labovits, Sanford, et al. (1982). Metode Riset Sosial: Suatu Pengantar. Terjemahan Bakrie Siregar. Jakarta: Erlangga.
Rahmawati, Evi. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala Angkutan Di Dinas Perhubungan Kota Bogor. Bogor: Universitas Djuanda Bogor.
Rumidi, Sukandar. (2012). Dasar-dasar Penulisan Proposal Penelitian: Petunjuk. Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suparman. (1990). Statistik Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Jurnal
Jihan, Nurul Syah; Maksudi, Beddy Iriawan & Purnamasari, Irma. (2019). “Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kereta Api Pangrango Kelas Eksekutif Rute Bogor-Sukabumi”. Jurnal GOVERNANSI, 5(1): 79-88. http://dx. doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1708.
Nasyita, Rafa Ahdiya; Seran, G. Goris & Salbiah, Euis. (2019). “Quality Analysis of Motor Vehicle Tax Service”. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 1(2): 93-101. https://doi.org/ 10.30997/ijsr.v1i2.15.
Ridwanullah, Muhammad; Utami, Adinda Ayu; Wahyudin, Cecep; Nurpadilah, Siti; Pratama, Fajar; Rukmana, Herniati; Fadhlurrohman, Fariz Muhammad; Apriadi, Dika Tri; Hoerunisa; Lira, Iqbal; Seran, Gotfridus Goris. (2019). “Implementation of E-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 48(3): 168-178. https:// gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/10319.
Salbiah, Euis; Purnamasari, Irma; Fitriah, Maria & Agustini. (2019). “Improvement of Land Service Quality in Public Sector”. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 43(2): 33-42. https://gssrr. org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/9615.
Saputra, Muhamad Adi; Maksudi, Beddy Iriawan & Hernawan, Denny. (2016). “Analisis Kualitas Pelayanan Di PPMKP Ciawi Bogor”. Jurnal GOVERNANSI, 2(2): 65-78. http://dx. doi.org/10.30997/jgs.v2i2.211.
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1993 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Downloads

Published

2020-10-02

How to Cite

Utami, A. A., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR JENIS ANGKUTAN BARANG. Jurnal Governansi, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.3042
Abstract viewed = 527 times

Most read articles by the same author(s)

> >>