STRATEGI PELAYANAN PBB (PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN/PERKOTAAN) DALAM RANGKA PENCAPAIAN REALISASI TARGET PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Hendra Supriatna Universitas Djuanda
  • Rita Rahmawati Universitas Djuanda
  • Abubakar Iskandar Universitas Djuanda

Keywords:

management, performance, taxes, targets, accounts receivable

Abstract

Berdasarkan tunggakan PBB di Kabupaten Bogor hingga tahun 2016 menembus angka Rp 1 triliun. Badan Pengelolaan Pendapatan (Bappenda) kesulitan menagih piutang pajak tersebut, karena alamat wajib tak diketahui, kondisi diperparah dengan banyaknya obyek pajak yang telah berpindah tangan. Pihak pemerintah kabupaten Bogor  berusaha menagihnya, karena perintah dari BPK,Tingginya tunggakan PBB itu, lantaran saat penarikan PBB menjadi kewenangan Direktorat Pajak, Kementerian Keuangan, melalui Kantor Pajak Pratama, banyak wajib pajak yang piutang dan tak sempat tertagih oleh KPP. Pada saat penarikan PBB dilimpahkan ke Kabupaten Bogor, tunggakan PBB nilainya mencapai Rp 600 miliaran, namun setelah ditambahkan denda bertambah menjadi Rp 935 miliar dan sekarang mendekati angka Rp 1 triliun, Penelitian ini bertujuan untuk: Menjelaskan Manajemen SDM terhadap Target dan Realisasi PBB, Menganalisis Kinerja petugas penagih PBB Terhadap Target dan Realisasi, Menjelaskan Target dan Realisasi Pajak sesuai standar, dan Menganalisis faktor yang Mempengaruhi Pelayanan PBB Terhadap Realisasi Target Pendapatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian adalah 43 orang. Analisa dilakukan melalui narasi, uji stattistik dan persepsi masyarakat. Berdasarkan analisa pada managemen SDM di atas maka  jawaban responden terhadap  pernyataan pelaksanaan tugas diperoleh angka penafsiran 3,9, masuk dalam kategori  “baik”. Berdasarkan uraian di atas maka  jawaban responden terhadap pernyataan kesepakatan kerja dalam setiap hari/mimggu/bulan diperoleh angka penafsiran 4,5, maka masuk dalam kategori “sangat baik” Berdasarkan penjelasan di atas maka  jawaban responden terhadap  pernyataan surat pemberitahuan kepada wajib pajak apakah mengetahui tentang maksud dari pada surat pemberitahuan tersebut diperoleh angka penafsiran 3,9, masuk dalam kategori  “baik”

References

Brahmasari, Ida Ayu dan Suprayetno,Agus.2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Dalam Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Universitas 17 Agustus Surabaya, Vol.10, No.2,September 2008:124-135.

Ferina Sukmawati, 2008, Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Pertamina (Persero) UPMS III Terminal Transit Utama Balongan, Indramayu. Jurnal menejemen kewirausahaan. . Vol. 2, No. 3 : 175-194.

Huberman, .A.M, dan Miles M.B. 1992. Qualitative Data Analysis, UI Publisher, Jakarta

Muchamad Nizar R (2006). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Malang).

Muller, 1992. Mengukur Sikap Sosial. Bumi Aksara. Jakarta

Muizu, Wa Ode Zusnita. 2014. Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan. Pekbis Jurnal Vol.6, No.1. Hal: 6. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran.

Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 10 Tahun 2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan

Purnomo, F.X. Setio Edy dan Wijayanti, Ratna. 2013. Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Instruktif, Konsultatif, Partisipatif dan Delegatif terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Universitas Semarang.

Supranto, J. 2000. Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung (ID): Alfabeta

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistik. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Published

2020-10-01

How to Cite

Supriatna, H., Rahmawati, R., & Iskandar, A. (2020). STRATEGI PELAYANAN PBB (PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN/PERKOTAAN) DALAM RANGKA PENCAPAIAN REALISASI TARGET PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BOGOR. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 3(2), 97–108. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/3048
Abstract viewed = 10 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>