PENGARUH KEBIJAKAN PUBLIK KOPERASI TERHADAP PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR) PERUSAHAAN

Authors

  • Sadly Amir Universitas Djuanda
  • Abubakar Iskandar Universitas Djuanda
  • Ade Heryati Universitas Djuanda

Abstract

Dengan kehadiran generasi milenial dan lebih kompetitifnya setiap negara dalam memajukan ekonomi negaranya masing masing tidak boleh lagi dipandang sebelah mata, terutama dari sisi peran birokrasi pengambil kebijakan publik, pemerintah perlu didorong untuk lebih efektif dalam menghasilkan kebijakan publik yang memberi dampak positif buat seluruh lapisan strata sosial masyarakat, kebijakan publik yang betul betul bisa membangkitkan gairah enterpreunurship, bukan sebaliknya. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui dan mendalami, baik dari sisi Undang-undang dan peraturan pemerintah, maupun dari sisi lainnya, Khususnya kebijakan tanggung jawab lingkungan perusahaan (CSR). Mungkinkah dapat menjadi faktor pendukung tumbuh kembangnya Koperasi ditengah-tengah masyarakat Indonesia, dan bagaimana hubungan kebijakan tersebut dapat bertemu dalam satu kepentingan yang sama, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Untuk itu dalam penelitian ini, digunakan metodologi campuran antara kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan teknik wawancara dan quituioner dengan sampling 32 responden, dengan menerapkan teknik analisis LIKERT. Dari hasil penelitian ini, kami menarik kesimpulan sekaligus saran untuk pengembangan lebih lanjut. 

References

Abdullah, Piter, dkk. 2002. Daya Saing Daerah: Konsep dan Pengukurannya di Indonesia, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indoensia, Edisi Pertama, BPFE Yogyakarta.
Adi, Isbandi Rukminto. 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : Rajawali Press.
DR. Abubakar Iskandar,Msi., Teori Quantitative measurement in Administration research
Intisari pokok pokok pikiran Bung Hatta (Hatta, 1987, Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun, Inti idayu Press, Jakarta, Bagian I. Pidato no.1)
Kotler, Philip, Lee, dan Nancy. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing The Most Good for Your Cause. New Jersey : John Willey & Sons Inc.
Rahmatullah, 2009, Program CSR dan Pembangunan, Banten.
Rahmatullah, 2008, Evaluasi Pelaksanaan Program kemitraan Koperasi Komunitas Saguling Pada PT IndonesIa Power, Penelitian.
Rahmatullah, Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Keberlanjutan Perusahaan, Teori Ilmu Administrasi Publik.
http://nasional.kontan.co.id/v2/read/nasional/29432/Enam-Hambatan-Investasi-di-Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9893/BAB+II.ppt
http://www.kompasiana.com/ryanagatha/bung-hatta-sang-konseptor-perekonomian-bangsa-indonesia_552e273e6ea8347a0e8b4585

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Amir, S., Iskandar, A., & Heryati, A. (2019). PENGARUH KEBIJAKAN PUBLIK KOPERASI TERHADAP PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR) PERUSAHAAN. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 1(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/1903
Abstract viewed = 198 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>