PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MAHKAMAH AGUNG RI

Authors

  • Ririh Jatismara Universitas Djuanda
  • Abubakar Iskandar Universitas Djuanda
  • Rusliandy Rusliandy Universitas Djuanda

Abstract

Sebagai unit penyelenggaraan kediklatan di Mahkamah Agung RI, Pusdiklat Menpim dituntut untuk dapat meningkatkan semua kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki untuk menjadi pemimpin dalam era globalisasi. Tuntutan keterbukaan publik bagi para pencari keadilan bagi pemimpin adalah tantangan yang perlu dioptimalisasikan karena seorang pemimpin yang berkompeten akan berpengaruh pada kinerja pegawai Mahkamah Agung RI. Hasil penelitian sebanyak 71 (tujuh puluh satu) koresponden dengan kuisoner, wawancara, observasi, laporan, serta dokumentasi yang telah dilakukan, dengan metode kuantitatif, bahwasanya pengaruh variabel kepemimpinan dengan dimensi sifat, tipe, orientasi dan kewenangan kebijakan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai Mahkamah Agung RI dengan rata – rata 4.079 pada kriteria sangat setuju bahwasanya pemimpin yang telah sesuai dengan indikator pernyataan, dan dapat dipresentasikan 62,3% didukung dengan pemodelan regresi Y = 11,78 + 0,705 X1 + e. 

References

Hasibuan, M. S. (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.
Komsani (2008), Pengaruh kepemimpinan Kepala Balai Diklat Keagamaan dan Etos Kerja Widyaiswara Terhadap Kinerja Widyaiswara di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Semarang, Semarang : Program Studi Manajemen Pendidikan.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 20 Tahun 2015, Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpina Tingkat IV.
Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, Prof., Dr. (20014), Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta, CV.
Uma Sekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Jakarta : Salemba.
Umar, Husein, 2010, Metode Riset Perilaku Jasa, Jakarta : Ghalia.
Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Jatismara, R., Iskandar, A., & Rusliandy, R. (2019). PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MAHKAMAH AGUNG RI. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 1(2). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/1911
Abstract viewed = 205 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>