STRATEGI PENGUATAN KELEMBAGAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SUKABUMI

Authors

  • Berry Sastrawan Universitas Djuanda
  • Rita Rahmawati Universitas Djuanda
  • Ratnasari Azhari Universitas Djuanda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh pengaruh penguatan kelembagaan dalam pengembangan pariwisata terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Verifikatif yaitu dengan memperoleh deskripsi tentang ciri-ciri variabel yang juga ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa penguatan kelembagaan (X1) terhadap peningkatan PAD (Y) tidak berpegaruh signifikan jika tidak melalui pengembangan pariwisata (X2). Terbukti ketika melakukan uji korelasi penguatan kelembagaan dengan peningkatan PAD tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung. Tetapi jika dilakukan uji pengaruh antara pengembangan pariwisata dengan peningkatan PAD memiliki pengaruh yang signifikan. Kemudian jika dilakukan pengujian sesama variabel independen yaitu antara penguatan kelembagaan dengan pengembangan pariwisata, memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil tersebut memiliki makna bahwa jika ingin meningkatk an PAD maka harus mengembangkan pariwisata dengan optimal, dan untuk mengoptimalkan pengembangan pariwisata, kelembagaan yang mengelola pariwisata dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi harus diperkuat kapasitasnya.

References

Badan Keuangan Daerah. 2016. Data Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2016. Sukabumi: Pemda Kabupaten Sukabumi.
Bambang S. Soedibjo. 2005. Metodologi Penelitian. Bandung : Universitas Nasional Pasim.
Bappenas. 2007. Penerapan Tata Pemerintahan yang Baik. Jakarta: Sekretariat Tim Pengembangan Kebijakan Nasional Tata Kepemerintahan yang Baik.
Boedhi. 2000. Pengembangan Organisasi: Upaya dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jakarta: FISIP UT.
Burkart, A.J. dan S. Medlik. 1981. Tourism: Past, Present dan Future. London: United Kingdom.
Cooper, Donald R., dan Pamela, S. Schindler. 2006. Metode Riset Bisnis, Volume 1. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.
Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga, 2016. Profil Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi.Sukabumi: Pemda Kabupaten Sukabumi.
Djatmiko. 2004. Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Alfabeta.
G. R., Soekadijo. 1997. Anatomi Pariwisata (Memahami Pariwisata sebagai “System Linkage”). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Gamal, Suwantoro. 2000. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Joyosuharto. 1995. Dasar-dasar Manajemen Kepariwisataan Alam Yogyakarta: Liberty.
Kementerian Lingkungan Hidup. 2015. Luas Kawasan Hutan dan Kawasan Konservasi Perairan Indonesia Menurut Provinsi Berdasarkan SK Menteri Kehutanan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Kusnendi. 2005. Analisis Jalur Konsep dan Aplikasi Program SPSS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Lanya. 1995. Buku Pedoman Kerja Pariwisata (BPKM) Mata Kuliah Dasar-dasar Pengembangan Wilayah. Denpasar: Fakultas Pertanian Unud.
Mubyarto. 1996. Pengembangan Kawasan Terpadu Sebagai Program Penanggulangan Kemiskinan. Adiyya Media. Yogyakarta.
Muljadi, A.J. dan Siti Nurhayati, 2002. Pengertian Pariwisata. Kursus Tertulis Pariwisata Tingkat Dasar. Modul I. Jakarta: Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
Oka A., Yoeti. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata, cetakan kedua. Jakarta: PT. Pradnya POka A., Yoeti. 1990. Pengantar Ilmu pariwisata. Bandung: Angkasa Press
Pratama, 2012. Pengembangan Kelembagaan. Jakarta: LP3ES
Robbins, Stephen. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi X. Jakarta: PT. Indkes Kelompok Gramedia.
Ruttan dan Hayami. 1984. Dilema Ekonomi Desa: Suatu Pendekatan Ekonomi terhadap Perubahan Kelembagaan di Asia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Sugiyono 2012, Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Spillane, J. 1994. Pariwisata Indonesia (Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan). Yogyakarta: Kanisius.

Artikel Ilmiah:
Ahmar dkk. 2012. Peranan Sektor Pariwisata dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Palopo. STAIN Kudus. Jurnal Equilibrium Vol. 2 No. 1.
Keban, Yeremias T. 1999. Dasar Pemikiran Pengembangan Kemampuan Pemda dan Kota. Jakarta : Makalah pada Lokakarya Pengembangan Kemampuan Pemda TK. II Jakarta.

Dokumen:
Undang-Undang Dasar 1945
Undang-Undang No. 32 Tahun 2004
Permendagri No. 13 Tahun 2006 tentang Klasifikasi PAD
Undang-undang No. 33 Tahun 2004 tentang Pendapatan Asli Daerah

Website:
Sahabat Rakyat. Mathias Beeh Mengatakan Pariwisata NTT Jadi Andalan. https://ntt.sahabatrakyat.com/ragam/wisata/mathias-beeh-mengatakan-pariwisata-ntt-jadi-andalan [04 April 2018]

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Sastrawan, B., Rahmawati, R., & Azhari, R. (2019). STRATEGI PENGUATAN KELEMBAGAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SUKABUMI. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 1(1). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/AJAP/article/view/1904
Abstract viewed = 494 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>