PENGARUH AKTIVITAS MEDIA TWITTER BRI SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH BRI SYARIAH

Main Article Content

Yuda Permana
Tuti Kurnia

Abstract

ABSTRAK
BRI Syariah merupakan salah satu akun twitter resmi BRI Syariah yang telah menjaring sekitar 68.208 followers dan memiliki jumlah tweet terbanyak di antara akun bank syariah lainnya sebanyak 32.538 tweets. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh pengelola media sosial twitter @BRISyariah serta bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan para nasabahnya.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online kepada 30 nasabah BRI Syariah yang menjadi followers akun @BRISyariah dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian dilakukan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert dan analisis regresi logistik.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, variabel reliability tidak dapat dilakukan analisis regresi logistik dikarenakan semua jawaban responden hanya pada satu kategori saja. Tiga variabel sisanya, yaitu responsiveness, assurance dan empathy memiliki kontribusi dalam meningkatkan kepuasan nasabah BRI Syariah. Pada variabel tersebut, variabel empathy memiliki nilai odds ratio lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya, yaitu sebesar 2,667. Empathy sendiri merupakan perhatian secara individual yang diberikan oleh akun @BRISyariah terhadap nasabah BRI Syariah yang aktif di situs jejaring sosial twitter.

Kata kunci :Media sosial,Twitter, BRI Syariah

Article Details

How to Cite
Permana, Y., & Kurnia, T. (2015). PENGARUH AKTIVITAS MEDIA TWITTER BRI SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH BRI SYARIAH. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.30997/jn.v1i1.231
Section
Articles

References

Augustine, Yvonne dan Kristaung, Robert. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Dian Rakyat: Jakarta.
BESRAL. 2010. Pengolahan dan Analisa Data-1 Menggunakan SPSS, (http://www.slideshare.net/in_ndah/modul-belajarspss1) diakses pada tanggal 05 Maret 2014.
DGtraffic. 2013. Research of Internet Users for 2013, (http://www.dgtraffic.com/articles/detail/30/11/-0001/160/research-of-internet-users-for-2013) diakses pada tanggal 03 Oktober 2013.
Gujarati, Damodar. 1997. Ekonomimetrika Dasar. Erlangga: Jakarta.
Lestariningsih. 2011. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, (http://p4mristkippgrisda.wordpress.com/2011/05/10/uji-validitas-dan-reliabilitas/) diakses pada tanggal 20 Januari 2014.
Nurgiyantoro, Burhan., Gunawan., Marzuki. 2012. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS: Yogyakarta. P. Paramita, Rahadian. 2013. Statistik Pengguna Twitter Indonesia Oktober 2013, (http://beritagar.com/p/statistik-pengguna-twitter-indonesia-oktober-2013-10207) diakses pada tanggal 20 Maret 2014
Parmanti Widjaja, Santi. 2004. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen: Studi Kasus di Restoran Rico, (http://thesis.binus.ac.id/doc/a/LHM2004-0028.pdf) diunggah pada tanggal 12 Januari 2014.
Riduwan., Rusyana, Adun., Enas. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS Versi 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Alfabeta: Bandung. Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara: Jakarta. Widarjono, Agus. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan. UNIT PENERBIT DAN PERCETAKAN: Yogyakarta.
Wikipedia. 2013. Twitter, (http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter) diakses pada tanggal 03 Oktober 2013. Younie. 2011. Chapter 4: Metode Penelitian,
(http://virtualyuni.wordpress.com/2011/03/08/chapter-4-metode-penelitian/) diakses pada tanggal 16 Januari 2014.