ANALISIS KEBUTUHAN NELAYAN TERHADAP PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI PELABUHAN RATU SUKABUMI JAWA BARAT

Main Article Content

Nur Atni Fadillah
Tuti Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengkaji  sistem perekonomian nelayan kawasan pesisir Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat termasuk sejahtera atau kurang sejahtera, serta menganalisis produk pembiayaan untuk  nelayan, dari kebutuhan sehari-hari sampai kebutuhan untuk melaut. metode deskriptif kualitatif adalah Metode dari penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah, kondisi perekonomian nelayan Pelabuhan Ratu masih tergolong kurang sejahtera. akad murabahah bil kafalah  adalah produk pembiayaan  yang sesuai untuk nelayan.

Article Details

How to Cite
Fadillah, N. A., & Kurnia, T. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN NELAYAN TERHADAP PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI PELABUHAN RATU SUKABUMI JAWA BARAT. ISBAH: urnal erbankan yariah, 4(2), 157–170. https://doi.org/10.30997/jn.v4i2.1231
Section
Articles

References

Jurnal
Amin. 2016. Pengaruh Citra Perusahaan dan Citra Pemakai terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan Syariah. Jurnal RelasiVol. 12, No 1.
Agam, Alpharesy. 2012. Analisis Pendapatan dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Nelayan Buruh di Wilayah Pesisir Kampak Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. 3 No.1, 15.
Buku
Arifin, Ansar. 2014.Mata Rantai Kemiskinan Nelayan dan Strategi Pengentasannya Kajian Ilmu Sosial dan Politik. Bandung: Orbit Media.
Rustardi. 2015. Laporan Statistik Perikanan Tangkap. Pelabuhan Ratu: Direktorat Jendral Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Skripsi
Afandi, Anif. 2016. Akad Istishna Pararel Sebagai Alat untuk Merealisasikan Misi Negara Kemaritiman Universitas Indonesia.
Ariani. 2014. Kumpulan Skripsi Sarjana,Perkembangan Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan. Universitas Jember