ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOTA BOGOR DI MEDIA ONLINE WWW.HEIBOGOR.COM DAN WWW.BOGORPLUS.COM

Main Article Content

Dian Nilamsari
Ike Atikah Ratnamulyani
Muhammad Luthfie

Abstract

HeiBogor dan BogorPlus adalah dua media online lokal yang sama-sama memberitakan Kota Bogor. Dalam pemberitaannya kedua media online ini memiliki prinsip yang berbeda. Media online HeiBogor memiliki prinsip jurnalisme positif sementara BogorPlus memiliki prinsip sebagai media untuk keadilan (Media for Justice). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif terhadap teks berita mengenai berita andalan di kedua media yaitu mengenai Optimalisasi Baranangsiang. Pendekatan analisis menggunakan teori framing Gerald M. Kosicki dan Zhongdang Pan untuk mengetahui latar belakang dan keterkaitan antara prinsip media dengan hasil pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberitaannya media online HeiBogor menonjolkan bahwa Optimalisasi Baranangsiang adalah perkara yang melibatkan kepentingan banyak pihak sehingga harus dilihat dari berbagai sisi untuk mendapatkan solusi terbaik. Sementara media online BogorPlus dalam pemberitaannya menonjolkan bahwa pembangunan hotel dan mall di Terminal Baranangsiang adalah sebuah pelanggaran hukum karena melanggar UU Tata Ruang.
Kata kunci : HeiBogor.com, BogorPlus.com, Framing

Article Details

How to Cite
Nilamsari, D., Ratnamulyani, I. A., & Luthfie, M. (2017). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOTA BOGOR DI MEDIA ONLINE WWW.HEIBOGOR.COM DAN WWW.BOGORPLUS.COM. URNAL OMUNIKATIO, 2(2). https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.221
Section
Articles

References

Ardianto, Elvinaro dkk.2007.Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Eriyanto. 2012. Analisis Framing (Konstruksi, Ideologi dan Politik Media).Yogyakarta : Penerbit KliS.
Bungin, M.H. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Sobur, Alex. 2012. Analisis Text Media.Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Thesis dan Disertasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>