ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOTA BOGOR DI MEDIA ONLINE WWW.HEIBOGOR.COM DAN WWW.BOGORPLUS.COM

Authors

  • Dian Nilamsari
  • Ike Atikah Ratnamulyani
  • Muhammad Luthfie

DOI:

https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.221

Abstract

HeiBogor dan BogorPlus adalah dua media online lokal yang sama-sama memberitakan Kota Bogor. Dalam pemberitaannya kedua media online ini memiliki prinsip yang berbeda. Media online HeiBogor memiliki prinsip jurnalisme positif sementara BogorPlus memiliki prinsip sebagai media untuk keadilan (Media for Justice). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif terhadap teks berita mengenai berita andalan di kedua media yaitu mengenai Optimalisasi Baranangsiang. Pendekatan analisis menggunakan teori framing Gerald M. Kosicki dan Zhongdang Pan untuk mengetahui latar belakang dan keterkaitan antara prinsip media dengan hasil pemberitaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberitaannya media online HeiBogor menonjolkan bahwa Optimalisasi Baranangsiang adalah perkara yang melibatkan kepentingan banyak pihak sehingga harus dilihat dari berbagai sisi untuk mendapatkan solusi terbaik. Sementara media online BogorPlus dalam pemberitaannya menonjolkan bahwa pembangunan hotel dan mall di Terminal Baranangsiang adalah sebuah pelanggaran hukum karena melanggar UU Tata Ruang.
Kata kunci : HeiBogor.com, BogorPlus.com, Framing

References

Ardianto, Elvinaro dkk.2007.Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Eriyanto. 2012. Analisis Framing (Konstruksi, Ideologi dan Politik Media).Yogyakarta : Penerbit KliS.
Bungin, M.H. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Penerbit Kencana Prenada Media Group.
Sobur, Alex. 2012. Analisis Text Media.Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Thesis dan Disertasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2017-03-21

How to Cite

Nilamsari, D., Ratnamulyani, I. A., & Luthfie, M. (2017). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KOTA BOGOR DI MEDIA ONLINE WWW.HEIBOGOR.COM DAN WWW.BOGORPLUS.COM. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(2). https://doi.org/10.30997/jk.v2i2.221
Abstract viewed = 451 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3