Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Ditinjau dari Sisi Linguistik dan Non-Linguistik di Man 4 Agam

Authors

  • Dhayana Putri Albakri a:1:{s:5:"en_US";s:38:"UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi";}
  • Wira Wahyuni Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hilmayeti Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Agam

Keywords:

Linguistik, Non Linguistik dan Problematika

Abstract

Berbagai macam permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia terus bermunculan dan harus segera ditangani, permasalahan tersebut dapat menjadi faktor yang bisa menghalangi dan memperlambat pelaksanaan proses belajar mengajar dalam bidang studi bahasa Arab. Pada penelitian ini akan di deskripsikan berbagai problematika dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 AGAM. Problematika pembelajaran itu dilihat dari dua sisi yaitu linguistik dan non-linguistik. Problematika linguistik atau kebahasaan adalah persoalan-persoalan yang berkaitan dengan bahasa tersebut. Sedangkan permasalahan non-linguistik adalah persoalan-persoalan dari luar bahasa Arab yang mempengaruhi jalannya pembelajaran bahasa Arab dan menghalangi jalannya proses belajar mengajar bahasa Arab sehingga tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

References

Cahya Edi Setyawan, & Khairul Anwar. (2020). Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Sebagai Urgensitas Mengahadapi Revolusi Industri 4.0. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.571

Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatawi, I. (2015). Problematika Pendidikan Islam Modern. El-Hikam Volume VIII Nomor 2 Juli - Desember, 8(Pendidikan Islam), 267–280.

Gani, S., & Arsyad, B. (2019). KAJIAN TEORITIS STRUKTUR INTERNAL BAHASA (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 7(1), 1. https://doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018

Hamsiati. (2018). Introduction to Arabic Morphology for Beginner Learners. Pusaka Jurnal, 6(1), 111–126.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Hasyim, A. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.5

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia. Al-Maqoyis, 1(1), 128–137. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/viewFile/182/123

Nandang Sarip Hidayat. (2012). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Oleh: Nandang Sarip Hidayat. An-Nida’, 37(1), 82–88. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315

Nur, S. (2018). Problematika Linguistik (Ilmu Al-Lughah) Dalam Penerjemahan Bahasa Arab Ke Bahasa Indonesia. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9(17), 23–54. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.52

Pembelajaran, P., & Arab, B. (2020). ديرتج مأ ةيوغللا تلاكشم تناك ءاو س ةيرثك تلاكشم هل ايسينودنا في ةيبرعلا ةغللا ميلعت و و حنلاو فرصلاو تاوصلأا ملع لثمك ةيوغللا تلاكش م و . ةيوغللا يرغ تلاكشم ةئيبو ميلعتلا قئارطو ميلعتلا لئاسو و ميلعتلا عفاود لثمك ةيوغللا يرغ تلاكشمو رخلآاو . ةيميلعتلا ةئي. 2(1), 40–58.

Ramdiani, Y. (2014). Sintaksis Bahasa Arab (Sebuah Kajian Deskriptif) [Arabic Syntax (A Descriptive Study)]. El-Hikam, Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, VII, 112–114. https://core.ac.uk/reader/229127580

Solusinya, P. D. A. N. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban), 1(November 2014).

Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., & Bengkulu, U. (2019). 11151-26018-2-Pb (1). 306–319.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal 0Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467

Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa Sebagai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i1.1145

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Albakri, D. P., Wira Wahyuni, & Hilmayeti. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Ditinjau dari Sisi Linguistik dan Non-Linguistik di Man 4 Agam. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 135–151. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/7437
Abstract viewed = 0 times