Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Digital terhadap Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas X MA Miftahul Huda

Main Article Content

Zelika Afaria
Desky Halim Sudjani
Fikni Mutiara Rachma

Abstract

Media pembelajaran adalah segala teknologi atau alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pesan atau materi kepada siswa agar lebih efektif dan efisien serta mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis permainan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis permainan digital terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas X MA Miftahul Huda. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-test+treatment+post-test. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil uji regresi linier menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 8,293 > 2,228. Hasil uji koefisien determinasi adalah 0,896. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis permainan digital terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas X MA Miftahul Huda adalah 89, 6%.

Article Details

How to Cite
Afaria, Z., Desky Halim Sudjani, & Fikni Mutiara Rachma. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Permainan Digital terhadap Minat Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas X MA Miftahul Huda. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 95–104. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/6235
Section
Articles

References

Islam, A. M. S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Siswa Madrasah. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1511

Korkmaz, S. (2021). Using Kahoot to Improve Reasing Comprehension of English as a Foreign Language Learners. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 8(2), 1138–1150.

Lathifah, Z. K., Kholik, A., Firmansyah, W., Suherman, I., Amril, L. O., Adri, H. T., Bisri, H., Khotamir, R., Sya, M. F., Yektyastuti, R., Prasetyo, T., Amir, F. R., & Mutiara, F. (2022). Pedoman Penulisan & Penyusunan Skripsi 2022 (U. D. FKIP (ed.); 5th ed.).

Mawadah, A. W. Al, Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab (D. Toanto (ed.); 1st ed.). Diva Press.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press (1st ed.). IAIN Antasari Press.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. In Graha Ilmu (1st ed.). Graha Ilmu.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. In B. Subiyakto (Ed.), Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (1st ed.). Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113