Pengaruh Program Matrikulasi terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Arab
Main Article Content
Abstract
Matrikulasi merupakan program untuk memberikan materi dasar dalam pembelajaran bahasa. Program ini mengakomodasi upaya penyetaraan kemampuan siswa baru dengan kemampuan dasar yang bervariasi dalam suatu pembelajaran, tetapi program ini masih jarang diimplementasikan dalam kurikulum Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan mahasiswa baru dalam program matrikulasi bahasa Arab terhadap kemampuan berbahasa arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner. Pengumpulan sampel dilakukan melalui metode convenience sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk mengelompokan data penelitian dan selanjutnya diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukan bahwa keikutsertaan terhadap program matrikulasi bahasa Arab berkontribusi sebanyak 50,6% terhadap kemampuan berbahasa arab mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian selanjutnya diharapkan membahas desain materi dan metode yang digunakan dalam program matrikulasi bahasa Arab.
Article Details
How to Cite
Afaria, Z. (2020). Pengaruh Program Matrikulasi terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 101–111. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2803
Section
Articles
References
Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187
Ahmad, M., Akzam, I., & Yunita, Y. (2019). Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 58–77. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2853
Alfian, R., & Putra, P. M. A. (2017). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Medication Adherence Report Scale (Mars) terhadap Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2(2), 176–183.
Azis, S. A., Herdah, H., & Jufri, M. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab STAIN Parepare (Studi Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Serumpun). Jurnal Kuriositas, 1(6), 81–102.
Cahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. Information System for Education and Professionals, 1(1), 21–34.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
Hai, K. A., & Harianto, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Qira’ah Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Titian, 1(2), 128–141.
Hanafi, A. H. (2013). Lembaga Pendidikan Tinggi Islam: Harapan, Tantangan, Paradigma, Dan Peranan Bahasa Arab. Jurnal Al-Fikrah, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31958/JAF.V1I1.347
Hasan. (2017). Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima Menggunakan Media Lagu. Jurnal Ilmiah Al Qalam, 10(19), 127–147.
Helmanto, F. & Hidayat, A. (2020). Deskripsi Karakter: Pembukaan Populer dalam Cerita Pendek Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(1), 11-18
Hendra, F. (2013). Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa (Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(1), 66–86. https://doi.org/10.36722/sh.v2i1.118
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82–89. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315
Hikmawati, S. A. (2019). Desain Silabus Matrikulasi Pembelajarab Bahasa Arab Bagi yang Melanjutkan ke Jenjang PTKI/PTKIN. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1, 51–58.
Kaptiningrum, P. (2016). Efektifitas Program Matrikulasi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Mahasiswa STAIBN Tegal. Jurnal Shahih, 1(2), 149–165.
Khalilullah, M. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’ Dan Takallum). Jurnal Sosial Budaya, 8(2), 219–235. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=275520&val=7161&title=STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIF (KEMAHIRAN ISTIMAâ€TM DAN TAKALLUM)
Kosbandhono, E. (2013). Esesmen dan Evaluasi untuk Maharah Istima’. Arabia, 5(1), 1–12.
Loeis, W. (2011). Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Turats, 7(2), 62–70. https://doi.org/10.24252/diwan.v3i1.2915
Mufidah, N., Sa’adah, N., & Kholis, N. (2019). Strategi Multilanguage untuk Pembelajaran Bahasa Arab: Studi di Ma’had Mahasiswa. Jurnal Almakrifah, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129
Nalim. (2012). Memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Stain. Forum Tarbiyah, 10(2), 214–235.
Noviandini, N. C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling bagi Wajib Pajak DI Yogyakarta. Jurnal Nominal, 1(1), 15–22.
Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 217–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34
Sa’idah, R. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di ITC ( Islamic Training Center ) Pare. Realita, 14(1), 22–34.
Setiadi, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Kitabah Arabiyah Mahasiswa melalui Metode Tutor Sebaya. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1094
Setiyawan, A. (2018). Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Kebijakan Program Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 195–213. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.6803
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.
Sudiarti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Arab Gundul melalui Aktifitas Membaca Intensif Berbasis Gramatikal : Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN STS Jambi. Fenomena, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.264
Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39–46.
Ahmad, M., Akzam, I., & Yunita, Y. (2019). Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 58–77. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2853
Alfian, R., & Putra, P. M. A. (2017). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Medication Adherence Report Scale (Mars) terhadap Pasien Diabetes Mellitus. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina, 2(2), 176–183.
Azis, S. A., Herdah, H., & Jufri, M. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab STAIN Parepare (Studi Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Serumpun). Jurnal Kuriositas, 1(6), 81–102.
Cahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. Information System for Education and Professionals, 1(1), 21–34.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
Hai, K. A., & Harianto, N. (2017). Efektivitas Pembelajaran Qira’ah Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Titian, 1(2), 128–141.
Hanafi, A. H. (2013). Lembaga Pendidikan Tinggi Islam: Harapan, Tantangan, Paradigma, Dan Peranan Bahasa Arab. Jurnal Al-Fikrah, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31958/JAF.V1I1.347
Hasan. (2017). Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi Istima Menggunakan Media Lagu. Jurnal Ilmiah Al Qalam, 10(19), 127–147.
Helmanto, F. & Hidayat, A. (2020). Deskripsi Karakter: Pembukaan Populer dalam Cerita Pendek Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(1), 11-18
Hendra, F. (2013). Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa (Mata Kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(1), 66–86. https://doi.org/10.36722/sh.v2i1.118
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 82–89. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/315
Hikmawati, S. A. (2019). Desain Silabus Matrikulasi Pembelajarab Bahasa Arab Bagi yang Melanjutkan ke Jenjang PTKI/PTKIN. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1, 51–58.
Kaptiningrum, P. (2016). Efektifitas Program Matrikulasi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Mahasiswa STAIBN Tegal. Jurnal Shahih, 1(2), 149–165.
Khalilullah, M. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’ Dan Takallum). Jurnal Sosial Budaya, 8(2), 219–235. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=275520&val=7161&title=STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIF (KEMAHIRAN ISTIMAâ€TM DAN TAKALLUM)
Kosbandhono, E. (2013). Esesmen dan Evaluasi untuk Maharah Istima’. Arabia, 5(1), 1–12.
Loeis, W. (2011). Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Turats, 7(2), 62–70. https://doi.org/10.24252/diwan.v3i1.2915
Mufidah, N., Sa’adah, N., & Kholis, N. (2019). Strategi Multilanguage untuk Pembelajaran Bahasa Arab: Studi di Ma’had Mahasiswa. Jurnal Almakrifah, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129
Nalim. (2012). Memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Stain. Forum Tarbiyah, 10(2), 214–235.
Noviandini, N. C. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling bagi Wajib Pajak DI Yogyakarta. Jurnal Nominal, 1(1), 15–22.
Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 217–231. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.34
Sa’idah, R. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di ITC ( Islamic Training Center ) Pare. Realita, 14(1), 22–34.
Setiadi, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Kitabah Arabiyah Mahasiswa melalui Metode Tutor Sebaya. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1094
Setiyawan, A. (2018). Problematika Keragaman Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa Dan Kebijakan Program Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 195–213. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.6803
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.
Sudiarti, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Arab Gundul melalui Aktifitas Membaca Intensif Berbasis Gramatikal : Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN STS Jambi. Fenomena, 7(1), 29–42. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.264
Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39–46.