Pengaruh Metode Tarīqah Mubāsyarah Terhadap Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa

Main Article Content

Yovie Novanda Adrian Yovie
Awaludin Abdul Gafar
Agus Mulyana

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang paling sering digunakan manusia. Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Selain itu bahasa Arab juga sering digunakan dalam forum internasioal, seperti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Maka dari itu bahasa Arab sudah menjadi kebutuhan untuk dikuasai siapa saja agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode tarīqah mubāsyarah terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas VII di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Bogor. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi fungsional menggunakan teknik regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Bogor . Data diperoleh dari hasil angket dan skala yang diberikan kepada 60 siswa kelas VI. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menghasilkan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,55  yang mengandung pengertian bahwa hubungan variable bebas metode tariqah mubasyarah (X) dan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa (Y) adalah sebesar 55% dan uji signifikansi korelasi fungsional yang dihitung dengan uji-t diketahui bahwa thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 1,441 < 1,671 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.  Artinya terdapat pengaruh antara variabel metode tarīqah mubāsyarah terhadap kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas VII di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido.

Article Details

How to Cite
Yovie, Y. N. A., Awaludin Abdul Gafar, & Agus Mulyana. (2023). Pengaruh Metode Tarīqah Mubāsyarah Terhadap Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.4977
Section
Articles

References

Al-Naqah. (1998). Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Li Al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra. In Al-Naqah, Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Li Al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra (p. 151).

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dr. H. Amka, M. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo:Nizamia Learning Center.

Dr. Nurdiansyah, M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Drs. H. Ahmad Izzan, M. (2004). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA.

gurupendidikan.com. (2019). https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-wawancara/. From gurupendidikan.com: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-wawancara/

Hady, Y. (2019). Pembelajaran Mahārat al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Al-Mahara, 64-65.

Hamiyah, N. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/. (n.d.). From https://kbbi.kemdikbud.go.id/: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

M. S., & Syarifi. (2015). Strategi Pembelajaran. Depok: PT.Rajagrafindo.

Machmudah, U. A. (2016). Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. In U. Nuha, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab (p. 263). Yogyakarta: Diva Press.

Nurrita, T. (2018, Juni). Pengembangan Media Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171.

Pattiwael, J. F. (2021). Analisis Perilaku Penggunaan Zoom Meeting dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Kegiatan Webinar. JIMEA (Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 137.

Press, O. U. (1995). Oxford Advanced Dictionary. In O. U. Press, Oxford Advanced Dictionary (p. 13). Oxford: Oxford University Press.

Santoso, A. B. (2020, Juli 28). Agung Budi Santoso. From Pentingnya Linearitas pada Regresi dan cara Jitu Mengatasinya: www.agungsantoso.com/pentingnya-linearitas-pada-regresi-dan-cara-jitu-mengatasinya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualtatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Taimiyah, S. I. (2006). Al-Iqtidha Meniti Shirathal Mustaqim. Kudus: Al-Qowam.

Thu'aimah, R. A. (1989). Ta`lim Al-`Arabiyyah Lighair an-Nathiqin Biha Manahijuhu Wa Asalibuhu. In R. A. Thu'aimah, Ta`lim Al-`Arabiyyah Lighair an-Nathiqin Biha Manahijuhu Wa Asalibuhu (p. 160). Rabath: ISESCO.

Ulin Nuha, M. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Zahra Khusnul Lathifah, K. A., Firmansyah, W., Suherman, I., Amril, L. O., Basri, H., Yektyastuti, R., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi (Vol. 3). (T. Prasetyo, Ed.) Bogor: UNIDA PRESS.

Zakky. (2020, Februari 23). Zona Referensi. From Zona Referensi Ilmu Pengetahuan Umum: http://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/.