Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Program Kepesantrenan di Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor

Authors

  • farhan abdul mujib farhan abdul mujib a:1:{s:5:"en_US";s:20:"univeersitas Djuanda";}
  • Fachrur Razi Amir Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda
  • Agus Mulyana Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Program Kepesantrenan, Madrasah Aliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas, pada program kepesantrenan dan dampak program kepesantrenan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengikuti prosedur Miles, Huberman & Saldana (2014). Hasil Penelitian ini telah menemukan tiga poin penting. Pertama, bahwa pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor menggunakan kurikulum 2013. Kedua, Program kepesantrenan terdapat beberapa program pembelajaran bahasa arab, diantaranya kajian kitab kuning, muhadatsah dan muhadoroh. Ketiga, Dampak yang dihasilkan dari pembelajaran bahasa arab berbasis program kepesantrenan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab adalah penguasaan kosakata, pemahaman gramatika, dan peningkatan rasa percaya diri dalam berbahasa arab.

References

Astuti, R., Akla, A., & Sarbaini, A. (2020). Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(01), 17. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2075

Atsaniyah, L. N. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Cooperative Learning Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Semnasbama, 619–628.

Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol10.iss2.141

Fatkhurrohman. (2017). SISTEM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN PROBLEM BERBAHASA ARAB SECARA AKTIF. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1).

Hidayah. (2012). BI’AH LUGHOWIYAH (LINGKUNGAN BERBAHASA) DAN PEMEROLEHAN BAHASA (Tinjauan tentang Urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–44.

Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2014). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. 3, 189–198.

Holimi, M. (2022). Implementasi kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madrasah diniyah sunan kalijogo jabung. Muhadasah, 4(2), 63–73.

Kemenag. (2019a). KMA nomor 183 tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Kemenag. (2019b). KMA nomor 184 tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.

Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899

Nasution, S. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah. Jurnal Ihtimam, 3(2), 87–88. https://doi.org/10.36668/jih.v3i2.225

Ni’am, M. A. (2022). Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Indonesia: Menelisik Historisitas dan Perkembangannya dari Masa ke Masa. REVORMA Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(2), 13–25. https://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/issue/view/3

Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Susilo, M. J. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1–6.

http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/278%0Ahttp://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/download/278/174

Syahril, M., Nurshafnita, P., & Nasution, F. (2023). Metode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 91–96. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.2869

Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290

yunisa, melinda. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Ad-Dhuha, 03(2), 1–15. https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19985/13945

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

farhan abdul mujib, farhan abdul mujib, Razi Amir, F. ., & Agus Mulyana. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Program Kepesantrenan di Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 125–134. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/10442
Abstract viewed = 0 times