Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Program Kepesantrenan di Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor
Keywords:
Pembelajaran Bahasa Arab, Program Kepesantrenan, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab di dalam kelas, pada program kepesantrenan dan dampak program kepesantrenan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengikuti prosedur Miles, Huberman & Saldana (2014). Hasil Penelitian ini telah menemukan tiga poin penting. Pertama, bahwa pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Al-Ghazaly Bogor menggunakan kurikulum 2013. Kedua, Program kepesantrenan terdapat beberapa program pembelajaran bahasa arab, diantaranya kajian kitab kuning, muhadatsah dan muhadoroh. Ketiga, Dampak yang dihasilkan dari pembelajaran bahasa arab berbasis program kepesantrenan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab adalah penguasaan kosakata, pemahaman gramatika, dan peningkatan rasa percaya diri dalam berbahasa arab.
References
Astuti, R., Akla, A., & Sarbaini, A. (2020). Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(01), 17. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2075
Atsaniyah, L. N. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Cooperative Learning Melalui Kegiatan Muhadhoroh. Semnasbama, 619–628.
Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id : Jurnal Agama Dan Bahasa, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.54214/alfawaid.vol10.iss2.141
Fatkhurrohman. (2017). SISTEM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN PROBLEM BERBAHASA ARAB SECARA AKTIF. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1).
Hidayah. (2012). BI’AH LUGHOWIYAH (LINGKUNGAN BERBAHASA) DAN PEMEROLEHAN BAHASA (Tinjauan tentang Urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 35–44.
Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2014). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. 3, 189–198.
Holimi, M. (2022). Implementasi kitab jurumiyah pada santri kelas 4 madrasah diniyah sunan kalijogo jabung. Muhadasah, 4(2), 63–73.
Kemenag. (2019a). KMA nomor 183 tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Kemenag. (2019b). KMA nomor 184 tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah.
Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Nasution, S. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah. Jurnal Ihtimam, 3(2), 87–88. https://doi.org/10.36668/jih.v3i2.225
Ni’am, M. A. (2022). Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Indonesia: Menelisik Historisitas dan Perkembangannya dari Masa ke Masa. REVORMA Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(2), 13–25. https://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/issue/view/3
Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995
Susilo, M. J. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 1–6.
Syahril, M., Nurshafnita, P., & Nasution, F. (2023). Metode Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 91–96. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.2869
Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290
yunisa, melinda. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Ad-Dhuha, 03(2), 1–15. https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19985/13945
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 farhan abdul mujib farhan abdul mujib, Fachrur Razi Amir, Agus Mulyana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.