Metode SFL pada Pembelajaran IFL
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Banyak hal yang harus diperhatikan mengenai pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar karena kurangnya pemahaman bahasa inggris sebagai bahasa kedua (L2) dalam kehidupan sehari – hari. Para ahli bahasa bersama rekan – rekan melakukan analisis terhadap siswa sekolah dasar yang mengutamakan siswa dalam menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari – hari dan menggunakan bahasa induk sebagai bahasa tambahan dilingkungan sekolah. Saya bersama teman saya menerapkan orientasi penelitian ini kepada siswa kelas 4 sekolah dasar. Peneliti menjelaskan bahwa teori Linguistik Fungsional Sistem ini memberikan beberapa macam metabahasa dengan banyak makna yang membantu siswa dalam kegiatan sehari – hari atau kegiatan diluar mata pelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
REFERENSI
Abdulrahman Almurashi, W. (2016). An Introduction to Halliday’s Systemic Functional Linguistics. Journal for the Study of English Linguistics, 4(1), 70. https://doi.org/10.5296/jsel.v4i1.9423
de Oliveira, L. C., & Smith, S. L. (2019). Systemic Functional Linguistics in Teacher Education. Oxford Research Encyclopedia of Education, July 2019, 1–27. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.494
Kelik Wachyudi, F. M. (2018). Penggunaan Systemic Functional Linguistics (SFL) Sebagau Alat Analisis Teks Recount oleh Siswa Disalah Satu SMAN di Karawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 2461–3961.
Nur Ayomi, P. (2021). Positivisme dan Paradigma Struktural-Fungsional dalam Linguistik Sistemik Fungsional. Diglossia, 12(2), 109–128. https://test.journal.unipdu.ac.id/index.php/diglosia/article/view/2072
Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.
Schleppegrell, M. J. (2016). Content-based language teaching with functional grammar in the elementary school. Language Teaching, 49(1), 116–128. https://doi.org/10.1017/S0261444814000093
Sugiarto, S. (2018). Teks pelajaran siswa sekolah dasar (SD) elas iv kurikulum 2013: kajian berdasarkan linguistik fungsional sistemik. INA-Rxiv, 101–108. https://osf.io/preprints/inarxiv/b57vx/
Sutama, P. (2018). Materi Teks dalam Buku Pelajaran Bahasa Bali ’Dharma Sastra’di Sekolah Dasar Analisis Linguistik Sistemik Fungsional. Seminar Nasional Bahasa, Sastra Daerah …. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/476e1bc509cc6a5b8270c365b4f5df6d.pdf
Sya, M. F. (2015). REVIEW THE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEW MATERI DAN METODE Metode Penelitian. 2(2), 96–107.
Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19