Pengaruh Pembelajaran Timbal Balik pada Kosakata Reseptif dan Ekspresif Siswa Kelas EFL

Main Article Content

Vania Salsa Nabila Talaar
Resti Nadia Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Pembelajaran Timbal Balik pada Kosakata Reseptif dan Ekspresif Siswa Kelas EFL. Pada jurnal ini membahas menganai evaluasi efek dari Adapted Reciprocal Teaching (ART) pada kosakata kata terbang reseptif dan ekspresif siswa kelas satu. Selama ART, interaksi kelas menghasilkan konteks naratif di mana siswa memikul tanggung jawab untuk menerapkan kata-kata terbang baru dengan cara yang bermakna secara pribadi. Siswa dalam kelompok kontrol juga menerima instruksi buku cerita interaktif, tetapi interaksi kelas dipimpin terutama oleh guru dan hanya berfokus pada arti kata terbang yang tidak dikenal. Siswa dinilai menggunakan Uji Kosakata Kata Penerbangan Reseptif (RFVT) dan Tes Kosakata Kata Penerbangan Ekspresif (EFVT). Data menunjukkan bahwa setelah intervensi instruksional, siswa dalam kelompok ART secara signifikan memperoleh lebih banyak kata target (sebagaimana diukur dengan kinerja pada RFVT dan EFVT) daripada siswa dalam kelompok kontrol. Hasil ditafsirkan dalam terang teori pembelajaran generatif, dan implikasi praktis untuk memperkenalkan kosa kata di tahun-tahun awal sekolah dibahas.

Article Details

How to Cite
Talaar, V. S. N., & Resti Nadia Putri. (2023). Pengaruh Pembelajaran Timbal Balik pada Kosakata Reseptif dan Ekspresif Siswa Kelas EFL . Karimah Tauhid, 2(4), 1170–1180. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8781
Section
Articles

References

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000

Halevi, G., Moed, H., & Bar-Ilan, J. (2017). Suitability of google scholar as a source of scientific information and as a source of data for scientific evaluation—review of the literature. Journal of Informetrics, 11(3), 823–834. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.06.005

Hamdani, B. (2020). Teaching reading through reciprocal teaching method. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 7(1), 23. https://doi.org/10.22219/celtic.v7i1.11936

Humaira & Sya. (2021). Penguatan literasi siswa melalui story telling bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa arab di sekolah menengah pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315

Jesse, A., Bramantya, B., & Sutanto, R. P. (2015). Perancangan buku cerita interaktif untuk meningkatkan minat baca anak untuk usia 4-6 tahun. Jurnal DKV Adiwarna. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/3171/2862

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and feedback-based on english learning to enhance student character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kitchenham, B., Pearl Brereton, O., Budgen, D., Turner, M., Bailey, J., & Linkman, S. (2009). Systematic literature reviews in software engineering - A systematic literature review. Information and Software Technology, 51(1), 7–15. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2008.09.009

Kuncoro, A. (2017). Korelasi penguasaan kosakata dengan keterampilan kerbicara siswa dalam bahasa inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 302–311. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547

Melita Rahardjo, M. (2019). Implementasi pendekatan saintifik sebagai pembentuk keterampilan proses sains anak usia dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Academia, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv se-gugus 2 purwasari dalam membaca pemahaman melalui model fives dan model guided reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 44–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889

Qibtiyah, M. (2020). Pengajaran bahasa arab menggunakan media gambar bergerak untuk meningkatkan penguasaan kosakata. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(01), 71–86.

Rahmayani, D. (2013). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan kominikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 3 No 1), 13–23. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2486

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the educational value of indo-harry potter to design foreign language learning methods and techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Tati Sumiati, N., Mangunsong, F., & Guritnaningsih, G. (2021). Validitas konstruk peabody picture vocabulary test-edisi keempat (ppvt-4) pada anak dengan sindrom down. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 169–194. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art9

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing english learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Wijaya, I. K. W. B., Suastra, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–11.

Zainal, A. G., Risnawaty, R., Isyaku, H., Rt. Bai, R., & Sya, M. F. (2022). The comparative effect of using original short stories and local short stories as two types of cultural sources on indonesian EFL learners’ reading comprehension. International Journal of Society, Culture and Language, 10(1), 143–152. https://doi.org/10.22034/ijscl.2021.247370

Most read articles by the same author(s)