SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI DALAM KONSEP SMART CITY KOTA BOGOR

Main Article Content

Abu Bakar Basri
Agung Restu Ramadhan
Ananda Alfiah
Wildan Khoirul Fikri
Muhammad Risyad Fadilah
Mulil Khaira
Muhammad Encep

Abstract

Pelayanan public dalam konsep smart city yang di terapkan di kabupaten Bogor saat ini merupakan sistem tatakelola pemerintahan yang berbasis teknologi, ini merupakan pergeseran dikarenakan era globalisasi yang terus berkembang. smart city di harapkan menjadi solusi untuk menjawab segala permaslahan yang ada di kota Bogor, seperti di amanatkan pada undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Pemerintah kotasebagai salah satu sarana penyelenggara pelayanan publik mempunyai peran yang sangat penting dalam memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kota Bogor terus tumbuh dan berbenah menyongsong era persaingan bebas menuju Masyarakat Ekonomi Asean. Aplikasi berbasis mobile dapat diakses dengan mudah menggunakan smartphone pribadi masyarakat yang dapat digunakan untuk melaporkan informasi terkait pelayanan publik, mengetahui informasi dan kebijakan pemerintah dan dapat juga di akses oleh pemerintah dan stakeholder di pemerintahan yang dapat memberikan feedback secara langsung kepada masyarakat.(Riska Chyntia Dewi & Suparno Suparno, 2022)

Article Details

How to Cite
Basri, A. B., Ramadhan, A. R., Alfiah, A., Fikri, W. K., Fadilah, M. R., Khaira, M., & Encep, M. (2023). SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI DALAM KONSEP SMART CITY KOTA BOGOR. Karimah Tauhid, 2(1), 203–212. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7740
Section
Articles

References

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 24–29. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1339

Aliyyah, R. R., Encep, M., & Humaira, M. A. (2022). PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM : SOLUSI PEMBELAJARAN MASA DARURAT CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ASSISTANCE : LEARNING SOLUTIONS FOR THE CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) EMERGENCY. 8(April), 50–55.

Anggiawan, D. D., Pandie, E. S. Y., Kom, S., Kom, M., Boru, M., Komputer, J. I., Sains, F., Teknik, D., & Cendana, U. N. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web. J-Icon, 6(2), 8–13.

Apriyani, d, A., & sunarti. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 1–7. www.bisnissurabaya.com

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Chaniago, M. B., & Hardiana, R. (2017). E-government Indonesia: Pengembangan Aplikasi E-report Pada Sistem Pelayanan Masyarakat. … Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Vol, 72–75. https://core.ac.uk/download/pdf/268074920.pdf

Encep, M., Science, C., & Djuanda, U. (2022). DESIGN OF DESKTOP-BASED LIBRARY APPLICATIONS. 3(2), 115–130. https://doi.org/10.30997/ijar.v3i2.223

Irfiani, E., & Encep, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web (Studi Kasus: Smp Amaliah Bogor). Swabumi, 5(1), 10–16. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/1757/1298

Mulyadi, R., & Darmansyah, R. (2017). Penerapan Kebijakan E-Demokrasi Dalam Konsep Smart City Terhadap. Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/FISIP Corresponding Author : RizkiMulyadi@gmail.Com, 2(2), 389–405. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

putri, mutia fadhila, maulana, indra, lestari, andini dwi, & tita, erma. (2017). B-ShareAplikasi Bank Darah Untuk Mempercepat Penyediaan Informasi Darah sebagai pendukung terciptanya Smart City. Annual Research Seminar (ARS), 2(1), 388–391. https://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars/article/view/933

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239.

Suhendar, A., & Sarifah. (2017). Healthcare Facility Area Mapping (HEFAM) Sebagai Media Informasi Letak dan Fasilitas Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, 0(0), 42–46. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/422/497

Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., & Indrayanti, I. (2017). Aplikasi Pengukuran Kualitas Pelayanan Publik Secara Online Untuk Mendukung Smart Government Kota Pekalongan (Online Public Service Quality Measurement Application To Support Smart Government Pekalongan City). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 62–72. https://doi.org/10.54911/litbang.v13i0.56

Veronica, S. E. . M. S. A. , D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Pada Salondewidi Kota Jambi). STIEMuhammadiyah Jambi, 5(1), 55–69.

Wahyu Hidayat Ibrahim, M. I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17–22.

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 24–29. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1339

Aliyyah, R. R., Encep, M., & Humaira, M. A. (2022). PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM : SOLUSI PEMBELAJARAN MASA DARURAT CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ASSISTANCE : LEARNING SOLUTIONS FOR THE CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) EMERGENCY. 8(April), 50–55.

Anggiawan, D. D., Pandie, E. S. Y., Kom, S., Kom, M., Boru, M., Komputer, J. I., Sains, F., Teknik, D., & Cendana, U. N. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web. J-Icon, 6(2), 8–13.

Apriyani, d, A., & sunarti. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 1–7. www.bisnissurabaya.com

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Chaniago, M. B., & Hardiana, R. (2017). E-government Indonesia: Pengembangan Aplikasi E-report Pada Sistem Pelayanan Masyarakat. … Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Vol, 72–75. https://core.ac.uk/download/pdf/268074920.pdf

Encep, M., Science, C., & Djuanda, U. (2022). DESIGN OF DESKTOP-BASED LIBRARY APPLICATIONS. 3(2), 115–130. https://doi.org/10.30997/ijar.v3i2.223

Irfiani, E., & Encep, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web (Studi Kasus: Smp Amaliah Bogor). Swabumi, 5(1), 10–16. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/1757/1298

Mulyadi, R., & Darmansyah, R. (2017). Penerapan Kebijakan E-Demokrasi Dalam Konsep Smart City Terhadap. Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/FISIP Corresponding Author : RizkiMulyadi@gmail.Com, 2(2), 389–405. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

putri, mutia fadhila, maulana, indra, lestari, andini dwi, & tita, erma. (2017). B-ShareAplikasi Bank Darah Untuk Mempercepat Penyediaan Informasi Darah sebagai pendukung terciptanya Smart City. Annual Research Seminar (ARS), 2(1), 388–391. https://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars/article/view/933

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239.

Suhendar, A., & Sarifah. (2017). Healthcare Facility Area Mapping (HEFAM) Sebagai Media Informasi Letak dan Fasilitas Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, 0(0), 42–46. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/422/497

Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., & Indrayanti, I. (2017). Aplikasi Pengukuran Kualitas Pelayanan Publik Secara Online Untuk Mendukung Smart Government Kota Pekalongan (Online Public Service Quality Measurement Application To Support Smart Government Pekalongan City). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 62–72. https://doi.org/10.54911/litbang.v13i0.56

Veronica, S. E. . M. S. A. , D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Pada Salondewidi Kota Jambi). STIEMuhammadiyah Jambi, 5(1), 55–69.

Wahyu Hidayat Ibrahim, M. I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17–22.

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Alawiah, E. T. (2017). Rancangan Aplikasi Smart City Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Kulitas Layanan Publik Studi Kasus Pemkot Bogor. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 3(1), 24–29. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1339

Aliyyah, R. R., Encep, M., & Humaira, M. A. (2022). PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM : SOLUSI PEMBELAJARAN MASA DARURAT CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ASSISTANCE : LEARNING SOLUTIONS FOR THE CORONA VIRUS DISEASE ( COVID-19 ) EMERGENCY. 8(April), 50–55.

Anggiawan, D. D., Pandie, E. S. Y., Kom, S., Kom, M., Boru, M., Komputer, J. I., Sains, F., Teknik, D., & Cendana, U. N. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Web. J-Icon, 6(2), 8–13.

Apriyani, d, A., & sunarti. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 1–7. www.bisnissurabaya.com

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Chaniago, M. B., & Hardiana, R. (2017). E-government Indonesia: Pengembangan Aplikasi E-report Pada Sistem Pelayanan Masyarakat. … Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Vol, 72–75. https://core.ac.uk/download/pdf/268074920.pdf

Encep, M., Science, C., & Djuanda, U. (2022). DESIGN OF DESKTOP-BASED LIBRARY APPLICATIONS. 3(2), 115–130. https://doi.org/10.30997/ijar.v3i2.223

Irfiani, E., & Encep, M. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web (Studi Kasus: Smp Amaliah Bogor). Swabumi, 5(1), 10–16. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/1757/1298

Mulyadi, R., & Darmansyah, R. (2017). Penerapan Kebijakan E-Demokrasi Dalam Konsep Smart City Terhadap. Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/FISIP Corresponding Author : RizkiMulyadi@gmail.Com, 2(2), 389–405. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

putri, mutia fadhila, maulana, indra, lestari, andini dwi, & tita, erma. (2017). B-ShareAplikasi Bank Darah Untuk Mempercepat Penyediaan Informasi Darah sebagai pendukung terciptanya Smart City. Annual Research Seminar (ARS), 2(1), 388–391. https://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/ars/article/view/933

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Sinurat, E. S. M., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239.

Suhendar, A., & Sarifah. (2017). Healthcare Facility Area Mapping (HEFAM) Sebagai Media Informasi Letak dan Fasilitas Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, 0(0), 42–46. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/view/422/497

Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., & Indrayanti, I. (2017). Aplikasi Pengukuran Kualitas Pelayanan Publik Secara Online Untuk Mendukung Smart Government Kota Pekalongan (Online Public Service Quality Measurement Application To Support Smart Government Pekalongan City). Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13, 62–72. https://doi.org/10.54911/litbang.v13i0.56

Veronica, S. E. . M. S. A. , D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan(Studi Pada Salondewidi Kota Jambi). STIEMuhammadiyah Jambi, 5(1), 55–69.

Wahyu Hidayat Ibrahim, M. I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17–22.

Wanto, A. H. (2018). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jpsi.v2n1.p39-43

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>