Big Data

Main Article Content

Anjali Saputra
Muhammad Isa Firdaus
Riko Wahyudi
Lorina Mohdo
Muhammad Erlangga Gunawan
Muhammad Encep
Mulil Khaira

Abstract

 


Big Data merupakan kumpulan data yang volume datanya super besar, memiliki keragaman sumber data yang tinggi, sehingga perlu dikelola dengan metode dan perangkat bantu yang kinerjanya sesuai. Artikel ini akan diawali dengan Definisi, Konsep dan Manfaat Big Data. Selanjutnya akan dijelaskan Sejarah Big Data, Penerapan Big Data, serta tahapan untuk mengelolanya. Dibagian akhir terdapat sebuah kesimpulan mengenai Big Data.


 


Kata kunci: big data, kecepatan, volume, variasi

Article Details

How to Cite
Saputra, A., Firdaus, M. I., Wahyudi, R., Mohdo, L., Gunawan, M. E., Encep, M., & Khaira, M. (2022). Big Data. Karimah Tauhid, 1(6), 880–889. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7664
Section
Articles

References

The Gartner IT Glossary: What is Big Data? https://www.gartner.com, diakses 2 Juni 2007.

Hilbert and Lopez, 2011, The World’s Technological Capacity to Store, Communicate and Compute Information, Science.

Tim Penyusun Kominfo, 2015, Buku Saku Big Data, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Aryanto, Andre Febrian. 2020. “Implementasi Big Data Dalam E- Learning Implementation of Big Data in E-Learning.”

Efgivia, Mohammad Givi. 2020. “Pemanfaatan Big Data Dalam Penelitian Teknologi Pendidikan.” Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 5(2): 107–19.

Solihin, Olih. 2021. “Implementasi Big Data Pada Sosial Media Sebagai Strategi Komunikasi Krisis Pemerintah.” Jurnal Common 5(1): 56–66.

Vience Mutiara Rumata, “ Peluang dan Tantangan Big Data dalam Penelitian Ilmu Sosial: sebuah Kajian Literatur”, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol 20, No 1. Agustus 2016.

Haines Toba,” Big Data: Menuju Evaluasi Era Informasi Selanjutnya”, Conference paper, April 2015, (www.Researchgate.net/publication/2747126686)

Aleksandra Krajnovic, “Digital Marketing and behavioral Economics”, Conference paper, October 2016,http//www.reseachgate.net/publication/309490126.

Emyana Ruth Eritha S, “Implementasi Teknologi Big Data di Lembaga Pemerintahan Indonesia”, Jurnal Penelitian Pos dan Informatika,JPPI Vol 6 No. 2, 2016.

Sue YYadav” The Impact of Digital Technology on Consumer Purchase Behavior”, the journal of Financial Perspectives: F InTech, Vol 3- issue 3, 2015.

John F.Quigley,” Consumer Behavior in Digital Markets”, Research paper, southern Illinois University Carbondale, OpenSIUC,2015.

Veikko Halttunsen,” Consumer Behavior in Digital Era”, Academic dissertation, the Faculty of Information Technology of the UniversitJyvaskylaskyla,2016.

Ashari, Mochamad, 2015. Big Data Industry and Academic Point of View. Konferensi Big Data Indonesia.

IBM Big Data & Analytics Hub, 2013. 4v’s of Big Data. www.ibmbigdatahub.com/infographic/four-vs-big-data. Diakses tanggal 17 Februari 2016.

Aryasa, Komang. “Big Data dan Bisnis Masa Depan”. 2015 [online], available : http://komangaryasa.com/2015/10 /big-data-dan-bisnis-masa-depan/ dilihat tanggal, 1 Februari 2017.

Dumbill, E. (2012). Big Data Now Current Perspective. O’Reilly Media.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (2015). Buku Saku Big Data. Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Nyssa, Chrisvania. “Strategi Dalam Implementasi Big Data”. 2017 [online], available : https://socialmediaweek.org/jakarta/2017/01/06/strategi-dalamimplementasi-big-data/ dilihat tanggal, 2 Februari 2017.

Eaton, C., Dirk, D., Tom, D., George, L.,& Paul, Z. (n.d). Understanding Big Data. Mc. Graw Hill.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>