Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana

Main Article Content

Nadia Wirdha Sutisna
Anne Effane

Abstract

Tulisan ini mengkaji mengenai fungsi manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Metode dalampenelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur (bahan-bahan) yang bersumber dari berbagai macam jurnal. Penelitian studi literatur ini adalah untuk mengetahuitentang pengertian manajemen, pengertian sarana dan prasarana, pengertian manajemen sarana dan prasarana, dan fungsi mengenai manajemen sarana dan prasarana pendidikan di sekolah untukmenunjang kegiatan belajar dan mengajar. Manajemen adalah adalah proses bekerja sama antara individu dan kelompok serta sumber daya lainnya dalam mencapai tujuan organisasi adalah sebagai aktivitas majerial. Sarana adalah alat atau benda-benda yang bias bergerak untuk menunjang kegiatanPendidikan. Sedangkan Prasarana adalah alat atau benda-benda yang tidakdapat bergerak unyukmenunjang kegiatan Pendidikan. Manajemen sarana dan prasarana merupakan keseluruhan prosesperencanaan pengadaan, pendayagunaan, dan pengawasan sarana dan prasarana yang akan digunakanagar tujuan pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif serta efisien. Sarana dan prasarana pendidikan juga digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa tetang materi yang disampaikan dengan menggunakan sarana dan prasarana pendidikan yang tepat dalam program kerja mengajar menjadi lebih efektif dan efesien. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan kegiatan belajarmengajar akan menjadi lebih bermakna dan berkualitas dan menyenangkan Dengan demikian, saranapendidikan dan prasarana pendidikan ada pada fungsi masing-masing, yaitu: sarana pendidikan berfungsiuntuk memudahkan dalam penyampaian materi ajar, dalam artian segala macam peralatan yang digunakan guru dan murid untuk memudahkan penyampaian dan penerimaan materi pelajaran. Sedangkan prasarana pendidikan berfungsi untuk memudahkan penyelengaraan pendidikan dalam artisegala macam peralatan, kelengkapan, dan benda-benda yang digunakan guru serta murid untukmemudahkan penyelengaraan pendidikan

Article Details

How to Cite
Sutisna, N. W. ., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. Karimah Tauhid, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7719
Section
Articles

References

Rahayu, S. (2019, November 27). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31227/osf.io/76wb8

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Multi Budaya. Bogor :STKIP Muhammadiyah Bogor.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. Bogor : Visi

Nusantara Maju.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung : PT Refika Aditama.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004, Cet.VII

Rosnaeni. (2019). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan