Program Muslim Mulia Cinta Ilmu (MMCI) Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca Peserta Didik Di SDIT Insan Karima Cigombong

Authors

  • Raisya Agnesicca Universitas Djuanda
  • Mega Febriani Sya Universitas Djuanda
  • Hanrezi Dhania Hasnin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15067

Keywords:

Program Unggulan, Literasi, Reward, Pojok baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan pada penerapan program muslim mulia cinta ilmu (MMCI) dalam menumbuhkan budaya literasi membaca pada peserta didik, yang berlokasi di SDIT Insan Karima Cigombong Kab. Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini mempergunakan pendekatan studi kasus beserta metode studi ksus. pengumpulan data dilaksanakan beserta teknik dokumentasi, wawancara, juga observasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data serta Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya: Penerpan program MMCI sebagai program Literasi Membaca yang menjadi program unggulan sekolah dengan menerapkan pembiasaan membaca yang tersistemasi.  SDIT Insan karima telah menjalankan program tersebut dengan berinovasi seperti menerapkan pojok baca serta menyediakan reward dan sertifikat sebagai motivasi kepada peserta didik.

References

Abdussamad, zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Rapanna. Patta, Ed.). SV. Syakir Media Press.

Ali, N. berlian V., setiawan, I. made B., Joko, B. S., Ulumuddin, I., & Julizar, K. (2018). Evaluasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayatulloh, P., Sholihatul, ayu, Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., stiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, 1, 6–11.

Kamara, A., & Hasan, H. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Literasi Dalam Pembelajaran Di Kelas Awal Sd Negeri 12 Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 3).

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Oktaviani, T. S. L., Putra, L. V, Devi, R. T., Safitri, I., Istiqomah, A. N., & Wijayama, B. (2023). Pojok Literasi UMKM Untuk Masyarakat Desa. Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=MGviEAAAQBAJ

Pitaloka, P. P. (2018). Memupuk Minat Baca Anak. Jurnal Iqra’, 12(02).

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh Budya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, volume 2, 81–85.

Sulistyo, U. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Salim Media Indonesia.

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 31–42.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/

Wiedarti, P., & Laksono, K. (2019). Desain induk gerakan literasi sekolah (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Agnesicca, R., Mega Febriani Sya, & Hanrezi Dhania Hasnin. (2024). Program Muslim Mulia Cinta Ilmu (MMCI) Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca Peserta Didik Di SDIT Insan Karima Cigombong. Karimah Tauhid, 3(8), 9415–9426. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.15067
Abstract viewed = 0 times