Analisis Konsep Biaya Diferensial dan Relevansi Terhadap Penutupan Perusahaan SB

Authors

  • Siti Rahma Sawalia Nabila Universitas Djuanda
  • Bunga Putri Universitas Djuanda
  • Aulia Puspa Universitas Djuanda
  • Siti Nurfadila Universitas Djuanda
  • Saepul Anwar Universitas Djuanda
  • Saepul Adnan Universitas Djuanda
  • Abdul Wadud Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15020

Keywords:

Analisis biaya diferensial, penutupan perusahaan, selisih laba-rugi, keputusan penutupan perusahaan

Abstract

Dalam beberapa situasi perusahaan yang mendapat indikasi kerugian memerlukan analisis biaya diferensial guna terhindar dari kerugian yang lebih besar. Analisis biaya differensial dapat membantu perusahaan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi dengan perhitungan selisih laba dan rugi usaha dengan memutuskan mempertahankan atau menutup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penulis mengenai konsep analisis biaya differensial dan melakukan analisis terhadap objek penelitian yaitu kasus penutupan perusahaan SB. Metode studi pustaka digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data berupa kajian teori yang relevan dengan subjek yaitu analisis biaya differensial, yang kemudian digunakan untuk melakukan analisis relevansi teori analisis biaya differensial dengan objek penelitian. Dalam melakukan analisis objek penulis menggunakan metode deskriptif analis. Penulis menyimpulkan bahwa hasil dari pada penelitian ini ialah analisis biaya differensial mengarahkan perusahaan kepada keputusan yang paling tepat dan membantu perusahaan untuk  meminimalisir kerugian.

References

Asri, S. K., & Julisman, I. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Philips terhadap Minat Beli Konsumen pada Yogya Garnd Majalengka. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 282–287. https://doi.org/10.36418/jii.v1i3.40

Budi, M. L. (2019). Analisis Penggunaan Biaya Relevan dalam Pengambilan keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus Studi Kasus pada Perusahaan CV. Bastone Indonesia Muntilan.

Kinerjaemitmen.com. (n.d.). Laporan Keuangan Sepatu Bata Tbk. https://emiten.kontan.co.id/perusahaan/62/Sepatu-Bata-Tbk

Sari, P. Y. (2016). Pengambilan Keputusan Menggunakan Analisis Biaya Diferensial Pada Usaha Zahra Langgeng Konveksi Dan Sablon. Jurnal Akuntansi.

Titokusuma, A. (2018). Evaluasi Keputusan Penutupan Ifresh Berdasarkan Analisis Biaya Diferensial. 2.

Wibowo, A., & Purwanugraha, H. A. (2013). Analisis Biaya Relevan Untuk Pengambilan Keputusan Mempertahankan Atau Menghentikan Segmen Perusahaan Pada Cv. Podo Kumpul. E-Journal UAJY, 1–9.

ZE Andrini. (2021). ANALISIS PENDAPATAN DAN BIAYA DIFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPERPANJANG KONTRAK ATAU PINDAH (Studi Kasus Pada Kole-Kole Barber Babarsari). 8–20.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Nabila, S. R. S., Putri, B., Puspa, A., Nurfadila, S., Anwar, S., Adnan, S., & Wadud, A. (2024). Analisis Konsep Biaya Diferensial dan Relevansi Terhadap Penutupan Perusahaan SB . Karimah Tauhid, 3(10), 10986–10996. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15020

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>