Analisis Perlakuan Akuntansi atas Pendapatan dan Beban pada Perusahaan E-Commerce

Main Article Content

Saepul Anwar
Hesti Zia Amelia
Fitri Melani

Abstract

Analisis perlakuan pendapatan dan beban merupakan kerangka analisis yang dilakukan terhadap  pendapatan dan beban yang bertujuan untuk mendapatkan perhitungan laba  yang wajar, oleh karena itu perlu diperhatikan  mengenai penentuan dasar untuk dapat  menentukan pengakuan atas pendapatan dan  beban. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan data yang digunakan berupa data sekunder. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  seberapa besar pendapatan dan beban yang dikeluarkan oleh PT. Shopee Internasional Indonesia  dan seberapa banyak keuntungan atau kerugian yang diperoleh perusahaan tersebut. Pengakuan  pendapatan atas pendapatan bunga kontraktual dan pendapatan bunga pada PT Shopee  Internasional Indonesia diakui menggunakan metode cash basis dimana pendapatan diakui atau  dicatat pada saat kas benar-benar diterima atau adanya penerimaan uang. Pengakuan Beban  atas beban penyisihan dan penyusutan pada PT Shopee Internasional Indonesia diakui  menggunakan metode accrual basis dimana seluruh biaya diakui sebagai beban pada laporan  laba rugi di periode terjadinya.


Hasil penelitian menunjukan bahwa shopee merupakan  salah satu marketplace dengan jenis bisnis e commerce atau disebut C2C. Shopee menerapkan sistem  bisnis sebagai pihak ke tiga yang memfasilitasi  antara penjual dan pembeli demi kelancaran  serta keamanan transaksi. Pendapatan dan Beban pada PT Shopee Internasional Indonesia menunjukan adanya  kenaikan dan penurunan di setiap tahunnya, dimana pada tahun 2023 pendapatan lini bisnis e-commerce Shopee meningkat dua kali lipat, berdasarkan hal tersebut maka PT Shopee Internasional Indonesia mengalami  peningkatan laba pada tahun tersebut.  Sedangkan pada tahun 2019 beban yang  dikeluarkan lebih besar dari pada pendapatan  yang diperoleh, maka dari itu PT Shopee  Internasional Indonesia mengalami penurunan  laba dan mengalami kerugian pada tahun tersebut.

Article Details

How to Cite
Anwar, S., Amelia, H. Z., & Melani, F. . (2023). Analisis Perlakuan Akuntansi atas Pendapatan dan Beban pada Perusahaan E-Commerce . Karimah Tauhid, 2(2), 380–393. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.8358
Section
Articles

References

Aprilia, K. R. (2022). faktor-faktor affiliate marketing dan kepercayaan serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di era pandemi covid-19 (Studi pada konsumen Shopee di daerah Bandung) (Doctoral dissertation, Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama).

Artaman, Dewa Made Aris. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi

Pendapatan Pedagang di Pusat Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar,

(Denpasar, Thesis Tidak Diterbitkan)

Ham, F. C., Karamoy, H., & Alexander, S. (2018). Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(02).

Irawati, R. (2022). Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Online di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 7(1), 50-66.

Lumingkewas, V. A. (2013). Pengakuan Pendapatan dan Beban Atas Laporan Keuangan Pada PT. Bank Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Melin, S. (2015). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Sebagai Faktor Pendukung Pengungkapan Biaya Lingkungan Dalam Laporan Keuangan Perusahaan Pada PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Unit PMS Parindu. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, 4(1), 41-68.

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67-74.

Radhinda, P. A. (2020). Penerapan Proses Employer Branding Pada Perusahaan E-Commerce (Studi Kasus pada Shopee Indonesia). Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 1(3), 185-204.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Sihotang, I. M., & Harahap, M. (2021, October). Analisis Pengakuan Dan Pengungkapan Pendapatan Menurut Psak No. 28 Pada PT Asuransi Ramayana Tbk, Cabang Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 206-216).

Soemarso. 2013. Akuntansi Suatu Pengantar. Salemba Empat. Jakarta.

Suhendra, G., & Krisnadi, I. (2020). Kekuatan Shopee Sebagai E-Commerce Terpopuler Di Indonesia Saat Ini. Universitas Mercu Buana (29).

Sutopo, S., Istanti, E., & Firmansyah, M. R. (2021). peranan prinsip konsistensi dalam metode pengakuan pendapatan terhadap laporan laba rugi pada PT. Indo Zinc Diecasting Di Gresik. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 83-92.

Sudrajat, A., & Ant, S. (2016). Fenomena perilaku belanja online sebagai alternatif pilihan konsumsi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 4(03).

Wijaya, S., & Nirvana, A. P. (2021). Pajak Pertambahan Nilai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (Studi Kasus PT Shopee Internasional Indonesia). Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(3), 245-256.

Wulan, W. N. N. (2019). Analisis Pembelian Tidak Terencana Pada Toko Online Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Wulandari, A., & US, K. A. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 1(3), 295-301.

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Semnasteknomedia Online, 3(1), 4-1.

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43-48.