Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) dan Community Languange Learning (CLL) pada Siswa Sekolah

Authors

  • Zayeha Azzahra Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14195

Keywords:

Kemampuan Berbahasa Inggris, TPR, CLL

Abstract

Bahasa Inggris menjadi bagian dari kurikulum wajib di Sekolah Dasar Indonesia, sehingga siswa harus mengikuti pembelajaran untuk mencapai keterampilan berbahasa yang diinginkan. Dengan menerapkan, Total Physical Response dan community Languange Learning merupakan metode pengajaran yang memiliki fokus kepada pembelajaran bahasa kepada aspek emosional dan fisik siswa untuk memudahkan proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kajian yang mendalam tentang Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR)  dan Community Languange Learning (CLL) pada Siswa Sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dari jurnal, artikel ilmiah, tinjauan literatur, dan buku yang berisi materi yang akan dianalisis. TPR  merupakan metode yang menggunkan gerakan tubuh untuk mengartikan kata. Sedangkan, CLL Metode pengajaran bahasa yang melibatkan aspek psikologi memungkinkan semua siswa di kelas untuk bekerja sama dalam mengembangkan keterampilan bahasa yang sedang mereka pelajari.

References

Ekawati, A. D. (2020). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pengajaran Bahasa Inggris di TK. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 71. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.3585

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Tpr (Total Physical Response) Method on Teaching English To Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(1), 9. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i1.45167

Izah, N., & Desi, N. M. (2023). Efektivitas Konsumsi Protein Hewani (Telur Dan Ikan) Sebagai Strategi Penuntasan Stunting. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 9(2), 66–70. https://doi.org/10.52943/jikebi.v9i2.1352

Jazuly, & Ahmad. (2016). Peran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Priastiyadi, D., Rusmono, D., & Hanoum, N. R. (2020). Implementasi Community Language Learning pada Program Conversation dalam meningkatkan Speaking Skills. 2, 17(03), 229–238.

Ristian, D. E. P., Cindyaisya, S., Sayyidinaa, I., Jati, C. K., Fatdilah, A. N., & Ningsih, N. A. (2023). Implementasi Metode Community Language Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik Sdn. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 3, 579–589.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Published

2024-07-22

How to Cite

Azzahra, Z. (2024). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) dan Community Languange Learning (CLL) pada Siswa Sekolah . Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14195
Abstract viewed = 0 times