Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) dan Community Languange Learning (CLL) pada Siswa Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14195Keywords:
Kemampuan Berbahasa Inggris, TPR, CLLAbstract
Bahasa Inggris menjadi bagian dari kurikulum wajib di Sekolah Dasar Indonesia, sehingga siswa harus mengikuti pembelajaran untuk mencapai keterampilan berbahasa yang diinginkan. Dengan menerapkan, Total Physical Response dan community Languange Learning merupakan metode pengajaran yang memiliki fokus kepada pembelajaran bahasa kepada aspek emosional dan fisik siswa untuk memudahkan proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kajian yang mendalam tentang Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response (TPR) dan Community Languange Learning (CLL) pada Siswa Sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dari jurnal, artikel ilmiah, tinjauan literatur, dan buku yang berisi materi yang akan dianalisis. TPR merupakan metode yang menggunkan gerakan tubuh untuk mengartikan kata. Sedangkan, CLL Metode pengajaran bahasa yang melibatkan aspek psikologi memungkinkan semua siswa di kelas untuk bekerja sama dalam mengembangkan keterampilan bahasa yang sedang mereka pelajari.
References
Ekawati, A. D. (2020). Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Pengajaran Bahasa Inggris di TK. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 71. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.3585
Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619
Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Tpr (Total Physical Response) Method on Teaching English To Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(1), 9. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i1.45167
Izah, N., & Desi, N. M. (2023). Efektivitas Konsumsi Protein Hewani (Telur Dan Ikan) Sebagai Strategi Penuntasan Stunting. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 9(2), 66–70. https://doi.org/10.52943/jikebi.v9i2.1352
Jazuly, & Ahmad. (2016). Peran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(1), 33–40.
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404
Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.
Priastiyadi, D., Rusmono, D., & Hanoum, N. R. (2020). Implementasi Community Language Learning pada Program Conversation dalam meningkatkan Speaking Skills. 2, 17(03), 229–238.
Ristian, D. E. P., Cindyaisya, S., Sayyidinaa, I., Jati, C. K., Fatdilah, A. N., & Ningsih, N. A. (2023). Implementasi Metode Community Language Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik Sdn. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, 3, 579–589.
Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zayeha Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.