Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method di Tingkat Sekolah Dasar

Main Article Content

Zayeha Azzahra

Abstract

Bahasa inggris ialah mata pelajaran muatan lokal yang menjadi pelajaran wajib, bahasa inggris lebih baik dipelajadi sejak usia 7-12 tahun yang telah duduk pada bangku sekolah kelas 1-5 sekolah dasar. Dengan menerapkan, Grammar translation method merupakan metode pengajaran yang memiliki fokus kepada terjemahan dan menghafalkan bentuk-bentuk kata kerja. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kajian yang mendalam tentang bagaimana pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunkan Grammar Translation Method di sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi literatur dan pengumpulan data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan jurnal, artikel ilmiah, literatur riview dan buku-buku yang berisikan materi yang akan diuraikan. Grammar translation method memiliki bacaan dalam bahasa yang diterjemahkan langsumg dan kemudia ke dalam bahasa ibu. Tata bahasa terssbht dapat diajarkan dalam penjelasan ekstensif ke dalam bahasa ibu kemudian diterapkan pada kalimat melalui terjemahan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Article Details

How to Cite
Azzahra, Z. (2024). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method di Tingkat Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 3(5), 5805–5812. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13235
Section
Articles

References

Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 76–87. Retrieved from https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Ambarwati, N. K., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2017). Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android. Jurnal ULTIMATICS, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.31937/ti.v8i2.516

Febriyanti, R. H., Hadi, I., & Saputri, N. L. (2018). Penerapan Penggunaan Eclectic Method dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Guru SDIT dan SMPIT. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 659–667.

Hengki, H., Ratna, R., & Rasyid, A. R. (2019). Penggunaan Grammar Translation Method (GTM) dalam Menghasilkan Terjemahan Bahasa Inggris yang Akurat. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 146–153. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PPKMDU/article/viewFile/8509/4478

Hesti, Dalman, & Carla. (2019). Grammar Translation Method ( GTM ): Efektifitas Pembelajaran Aspek Membaca dan Menulis dalam BIPA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), (Dm), 1–5.

Mainandir, L. dan M. S. (2022). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive. Journal of Education Science (JES), 8(2), 293–297.

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (Gtm) Dalam Meningkatkan Writing Skill (Ws) Dan Self-Development (Sd) Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Nw Mengkuru. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 97–101. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.178

Murti, prayanggita tyara. (2018). Penerapan Program Literasi Berbasis Grammar Translation Method (Gtm) Di Kelas V Sd Negeri GEMOLONG 1 Disusun, 1(1)

Rahman, M. (2012). Grammar translation method (GTM): An effective and feasible method in Bangladeshi context grammar, (August), 1.

Rahmat, H., & Fauzi, W. H. (2022). Pengenalan pembelajaran bahasa Inggris dasar untuk anak-anak di masa pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 154–165. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4937

Riset, M., Teknologi, D. A. N., & Indonesia, R. (2022). Menteri riset dan teknologi republik indonesia, 1–26.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 9–10. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7818/3511

Sugiyono. (2018). Metode Kualitatif.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, Bambang, H. (2022). Menggali Nilai Pendidikan Indo-Harry Potter untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Internasional Pembelajaran, Pengajaran Dan Penelitian Pendidikan, 21(10), 341–361.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348