Tinjauan Tentang Metode Suggestopedia: Keefektifannya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Wafa Khilda Dalilah Universitas Djuanda
  • Laila Ashila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14186

Keywords:

Metode Sugesstopedia, Pengertian, Prinsip, Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari konsep, prinsip dan keefektifan metode ini dalam konteks kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode observasional selama presentasi kelas dan mengadopsi pendekatan kualitatif melalui tinjauan pustaka. Metode kualitatif dalam tinjauan pustaka berguna untuk merangkum hasil penelitian terdahulu untuk menggali konsep-konsep baru secara komprehensif dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sugestopedia memiliki potensi mengembangkan rasa percaya diri dan sikap positif terhadap peserta didik. Kelebihan metode suggestopedia terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan kesenangan belajar siswa melalui partisipasi dalam peran tokoh imajinatif yang mereka mainkan sendiri, gaya pengajaran yang tidak terlalu menekankan evaluasi ketat dari guru, dan materi ajar yang menarik. Dialog-dialog yang berkesinambungan dan mendalam digunakan untuk mengembangkan dunia imajinasi peserta didik, sehingga mereka dapat berimprovisasi dalam belajar. Selain itu, pendekatan ini membantu anak-anak mengembangkan pola pikir kooperatif yang kuat, saling membantu dalam memahami dan menguasai seluruh materi pembelajaran yang mereka terima. Namun Kelemahan metode suggestopedia meliputi keterbatasan dalam penerapannya hanya kelompok kecil, tidak lebih dari dua belas orang, yang dapat menggunakan strategi ini. Kebutuhan akan fasilitas dan infrastruktur yang digunakan harus memadai dan memerlukan biaya yang signifikan, serta kesamaannya dengan metode lain dalam penyajian materi yang masih mengandalkan tata bahasa struktural.

References

Alek, A. (2014). Perspektif baru pengajaran bahasa Inggris melalui direct method. Lentera Pendidikan, 17, 153–166.

Amelia, B., & Sya, M. F. (2020). Cerita Fantasi Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3 nomor 1(09), 9–12.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah standar kompetensi dan kompetensi dasar bahasa inggris SD/MI (p. 136). Jakarta: BSNP.

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480.

Fachrurroz, A., & Muhyuddin, E. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional dan Kontemporer. Bania Plublishing.

Fachturrozi, Fa., & Mahyudin, E. (2019). Pengertian metode sugestopedia. 10–38.

Hurin’in. (2021). Pengembangan metode suggestopedia dalam pembelajaran maharah kalam Tingkat Menengah. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Kependidikan Bahasa Arab, 13(1), 67–83. http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v13i1.4343

Juniza, D., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Metode Suggestopedia : Alternatif Metode. Journal on Teacher Education, 3(2), 234–249. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/3563

Lathif, S. (2023). Implementasi metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Humanika, 23(1), 27–36. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.35788

Lozanov, G. (1978). Scientology and Suggestopedia: Theory and Practice (Paper). In United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization. Paris.

Meylantif, R. A. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Suggestopedia terhadap Keterampilan Menulis Narasi Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Gurah Kediri.

Meylina, M., & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366

Nuresa, S. A., Febriani Sya, M., & Muhdiyati, I. (2023). Circ Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Alphabet Bahasa Inggris Peserta Didik Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 40–49. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404

Paulina, R., Indihadi, D., & Halimah, M. (2015). The Influence of Suggestopedia Method on Vocabulary Mastery Students’ Class III Elementary School. Jurnal Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 51–59.

Prasetya, D., & Safitri, K. (2020). Metode Suggestopedia Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8145

Ratnadi, N. N. A., & Mahardika, I. M. N. O. (2024). Efektifitas Metode Suggestopedia Dalam Meningkatkan Pemahaman English Vocabulary. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(02), 82–89. https://doi.org/10.53977/ps.v3i02.1559

Rifa’i, A. (2015). Implementasi Thariqah al-Intiqaiyyah (Metode Eklektik) Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTSN Kediri 1. Jurnal Realita, 13(2).

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfa Beta, 246–247.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Nurani, A. fatwa, & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–20.

Wassid, I., & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa (p. 61). Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Published

2024-07-22

How to Cite

Dalilah, W. K., & Ashila, L. (2024). Tinjauan Tentang Metode Suggestopedia: Keefektifannya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14186
Abstract viewed = 0 times