Penggunaan Dua Model Pembelajaran Bahasa Inggris The Direct Method dan The Grammar Translation Method

Main Article Content

Wafa Khilda Dalilah
Laila Ashila

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penggunaan dan penerapan dua model pembelajaran bahasa inggris the direct method dan the grammar translation method yang dinilai efektif dan relevan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian  observasi saat presentasi di dalam kelas dan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review. Metode kualitatif dalam literature review dapat digunakan untuk merangkum hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya guna menemukan konsep baru secara menyeluruh dan lebih mendalam. Hsil penelitian yang dihasilkan the direct method dapat mengembangkan keterampilan komunikasi secara spontan dan secara lisan. Kelebihan dari metode ini menjadikan siswa merasa termotivasi untuk mengucapkan dan memahami kata-kata serta frasa-frasa dalam bahasa asing yang diajarkan oleh guru mereka, terutama ketika guru menggunakan berbagai alat peraga dan media yang menarik dan menyenangkan dan siswa mendapatkan pengalaman praktis secara langsung. Namun kekurangannya metode ini dapat menjadi tantangan bagi siswa yang tidak terbiasa dengan bahasa target. Grammar translation method untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan menghargai sastra. Kelebihan dari Grammar Translation Method adalah kemampuannya untuk memperdalam pemahaman siswa tentang tata bahasa dan struktur kalimat dari kedua bahasa, serta memperluas kosa kata mereka melalui penerjemahan. Namun, kelemahannya adalah kurangnya fokus pada kemampuan komunikatif siswa dalam bahasa target.

Article Details

How to Cite
Dalilah, W. K., & Ashila, L. (2024). Penggunaan Dua Model Pembelajaran Bahasa Inggris The Direct Method dan The Grammar Translation Method. Karimah Tauhid, 3(5), 5534–5547. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13230
Section
Articles

References

Alek, A. (2014). Perspektif baru pengajaran bahasa Inggris melalui direct method. Lentera Pendidikan, 17, 153–166.

Amaniarsih, D., & Nafisah. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Grammar Translation Method Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Smp Yabes Medan Application of the Grammar Translation Learning Method in Improving English Language Skills in Class. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1). https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jurdimas/article/download/1414/1052

Ambarwati, N. K., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2016). Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android. Jurnal ULTIMATICS, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.31937/ti.v8i2.516

Amelia, B., & Sya, M. F. (2020). Cerita Fantasi Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3 nomor 1(09), 9–12.

Amertawengrum, I. P. (2019). Direct Method sebagai Sebuah Metode Pembelajaran Bahasa. Jurnal Magistra, ISNN 0215-(95), 8–13.

Aziz, M. A. (2016). Penggunaan Metode Langsung Dalam Pembelajaran Muhadatsah. Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1–23. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen%0A

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480.

Erdila, E. (2019). The Use Of Audio Lingual Method To Improve Student. English Education IAIN.

Hulu, F., & Ambalegin, A. (2018). Efektivitas Direct Method Dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Basis, 5(2), 21. https://doi.org/10.33884/basisupb.v5i2.814

Jack C, R., & Willy A, R. (2002). Methodology In Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Kardi, S., & Nur, M. (2000). Pusat Sains Dan Matematika Sekolah. In Pengajaran Langsung (p. 7). Surabaya: University Press.

Kurnia Octaviani, S., Arumsari, & Tri Vulandari, R. (2017). Penerapan Metode Grammar Translation Untuk Mengembangkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa Smk Saraswati. Adiwidya, 1(1), 174–183.

Meylina, M., & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366

Patel, M., & J. P. M. (2008). English Language Teaching. Jaipur: Sunrise.

Rahim A, J., & W, S. (2022). Implementasi Metode Tata Bahasa Terjemahan dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu. Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 114–128. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/download/191/206

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Roaida, T. D., & Bahrudin, B. (2016). Metode Grammar Translation Untuk Mengembangkan Penerapan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa MA Fatahillah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas Jember, 82–90.

Sari, N. N. K., Maulida, Z. P. M., & Salmawati, A. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi. Karimah Tauhid, 3, 3685–3692.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfa Beta, 246–247.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348